Peran Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan dan Kenyamanan dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada Aplikasi M-Tix

Main Article Content

Nichollas Hermawan
Richard Andrew

Abstract

Aplikasi digital berbasis android terus mengalami perkembangan pesat, seiring dengan meningkatnya adaptasi teknologi.  Salah satu aplikasi yang menjadi sorotan dalam layanan pembelian tiket di Indonesia adalah M-Tix, yang dikelola oleh PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk. Di tengah persaingan industri digital yang semakin ketat, kepercayaan, kemudahan penggunaan, dan kenyamanan menjadi faktor penting dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.  Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan dan kenyamanan terhadap loyalitas pelanggan aplikasi M-Tix. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif, melibatkan 100 responden yang datanya dikumpulkan melalui kuesioner online.  Data dianalisis menggunakan teknik PLS-SEM (Partial Least Square–Structural Equation Modeling) dengan bantuan software Smart PLS 4.0.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (2) kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan (3) kenyamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini menegaskan bahwa kepercayaan, kemudahan penggunaan, dan kenyamanan merupakan faktor krusial dalam mempertahankan loyalitas pelanggan aplikasi M-Tix. Oleh karena itu, PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk diharapkan dapat meningkatkan aspek tersebut dalam pengembangan aplikasi M-Tix supaya mampu meningkatkan loyalitas pelanggan.


Android-based digital applications continue to experience rapid development, along with the increasing adaptation of technology. One of the applications that is in the spotlight in ticket purchasing services in Indonesia is M-Tix, which is managed by PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk. In the midst of increasingly tight digital industry competition, trust, ease of use, and convenience are important factors in increasing customer loyalty. This study aims to test the effect of trust, ease of use, and convenience on customer loyalty in the M-Tix. The study was conducted using a quantitative descriptive method, involving 100 respondents whose data were collected through an online questionnaire. Data were analyzed using the PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Modeling) technique with the help of Smart PLS 4.0 software. This study showed that (1) trust has a positive and significant effect on customer loyalty, (2) ease of use has a positive and significant effect on customer loyalty, and (3) convenience has a positive and significant effect on customer loyalty. This confirms that trust, ease of use, and convenience are crucial factors in maintaining customer loyalty in the M-Tix. Therefore, PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk is expected to improve these aspects in the development of the M-Tix to increase customer loyalty.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Nichollas Hermawan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Richard Andrew, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Abduh, M., Alawiyah, T., Apriansyah, G., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Survey design: cross sectional dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(1), 31–39. https://doi.org/10.22437/jiituj.v5i1.12886

Astuti, P. D., Nursyamsi, J., Haryono, & Utomo, J. (2022). Analisis pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, 2(1), 68–77. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i1.199

Bastian, J., & Widodo, S. (2022). Pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan pada Station Sato Petshop Cibinong Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 29-35. https://doi.org/10.32493/jmw.v2i1.19518

Fadhilah, N., & Quranisari, S. H. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi M-tix dan Tix id dalam pembelian tiket bioskop di kalangan mahasiswa. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 153–162. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.178

Johan, N. J., Chandra, J. K., & Bahar, J. (2023). Pengaruh kenyamanan dan brand trust terhadap loyalitas pelanggan pada aplikasi Gojek di Kota Palembang. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(11), 730–737. https://doi.org/10.5281/zenodo.10410971

Kartanegara, H. W., & Keni, K. (2022). The effect of customer engagement, perceived value and customer satisfaction towards customer loyalty in the Indonesian low-cost airlines industry. Dalam Proceedings of the 3rd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities, 43–50. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220404.008

Pasaribu, F., Sari, W. P., Bulan, T. R. N., & Astuty, W. (2022). The effect of e-commerce service quality on customer satisfaction, trust and loyalty. International Journal of Data and Network Science, 6(4), 1077–1084. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.8.001

Pratiwi, R. P., Ekanova, A. P., & Nagari, O. P. (2022). Pengaruh promosi dan kemudahan penggunaan terhadap loyalitas pelanggan pada layanan Shopeefood di Jakarta. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 18–28. https://doi.org/10.56127/jekma.v1i2.130

Rahma, A. W., & Ekowati, S. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas konsumen dalam berbelanja pada e-commerce Shopee. Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.61567/jmmib.v3i1.92

Rizma, A., Putri, R., & Indriyanti, A. D. (2023). Evaluasi usability user interface dan user experience pada aplikasi M.Tix dengan metode Usability Testing (UT) dan System Usability Scale (SUS). Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence Universitas Negeri Surabaya, 04(02), 21–32.

Samara, A., & Susanti, M. (2023). Pengaruh kemudahan penggunaan, pengalaman pengguna dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada penggunaan aplikasi dompet digital (e-wallet) di kalangan mahasiswa Universitas Buddhi Dharma. Jura: Jurnal Riset Akuntansi, 1(2), 249–260. https://doi.org/10.54066/jura-itb.v1i2.700

Sari, I. N. F., & Ruslim, T. S. (2024). Peran trust dalam memediasi E-WOM terhadap purchase intention. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 6(2), 363–370. https://doi.org/10.24912/jmk.v6i2.29839

Saribu, A. L. N. D., Dimas, Sabrina, H., Syahrial, H., & Husman, H. C. P. (2024). Pengaruh kepuasan, kepercayaan dan kemudahan penggunaan terhadap loyalitas pelanggan pada marketplace Shopee di Kecamatan Medan Helvetia. Multidisciplinary Indonesian Center Journal, 1(1), 99–111. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i1.13

Setiawan, A. B., Djoko, E., & Sardanto, R. (2024). Pengaruh customer relationship management dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas di Cafe Pelangi. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 8(2), 333–340. https://doi.org/10.35870/jtik.v8i2.1747

Wijaya, D., Supeni, R. E., & Rozzaid, Y. (2022). Citra merek, kepercayaan, dan komitmen terhadap loyalitas pelanggan aplikasi transportasi online. Budgeting: Journal of Business, Management and Accounting, 3(2), 72–82. https://doi.org/10.31539/budgeting.v3i2.3867

Yani, M. I., & Sugiyanto. (2022). Pengaruh kualitas layanan, kepercayaan, citra merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Edwin Jeans Indonesia pada e-commerce Shopee. Sinomika Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 443–472. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.285