Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Perusahaan Mahasiswa Universitas Tarumanagara Dimoderasi oleh Semangat Kerja
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan dan semangat kerja terhadap kinerja bisnis mahasiswa Universitas Tarumanagara. Dengan meningkatnya jumlah wirausaha di Indonesia, penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bisnis mahasiswa. Metode survei dengan kuisioner digunakan untuk mengumpulkan data dari mahasiswa S1 Manajemen yang memiliki bisnis. Hasil diharapkan memberikan wawasan bagi pengembangan program kewirausahaan di universitas dan meningkatkan daya saing mahasiswa. Penelitian ini juga berkontribusi pada pemahaman tentang bagaimana orientasi kewirausahaan dan semangat kerja dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis di kalangan generasi muda. Sampel dipilih sebanyak 281 mahasiswa manajemen bisnis dengan penjurusan kewirausahaan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Smart PLS 4. Hasil penelitian menunjukan orientasi kewirausahaan dan semangat kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan mahasiswa manajemen bisnis dengan konsentrasi kewirausahaan Tarumanagara.
This study aims to analyze the influence of entrepreneurial orientation and passion for work on firm performance of Tarumanagara University students. With the increasing number of entrepreneurs in Indonesia, it is important to understand the factors that influence student business growth. A survey method with questionnaires was used to collect data from undergraduate management students who own businesses. The results are expected to provide insights for the development of entrepreneurship programs at universities and improve student competitiveness. This research also contributes to the understanding of how entrepreneurial orientation and passion for workk can influence business success among the younger generation. A sample of 281 business management students with entrepreneurship majors was selected. Data processing in this study used Smart PLS 4. The results showed that entrepreneurial orientation and passion of work have a positive and significant influence on the firm performance of business management students with Tarumanagara entrepreneurship concentration.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.,/p>
Referensi
Alain, F., Gailly, B., & Lassas-Clerc, N. (2006). Effect and counter-effect of entrepreneurship education and social context on students’ intentions. Estudios de Economía Aplicada, 24(2), 509–524.
Chakravarthy, B. S. (1986). Measuring strategic performance. Strategic Management Journal, 7(5), 437-458. https://doi.org/10.1002/smj.4250070505
Covin, J. G., & Slevin, D. P. (1991). A conceptual model of entrepreneurship as firm behavior. Entrepreneurship Theory and Practice, 16(1), 7-26. https://doi.org/10.1177/104225879101600102
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2010). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.
Lumpkin, G. T., & Dess, G. G. (2001). Linking two dimensions of entrepreneurial orientation to firm performance: The moderating role of environment and industry life cycle. Journal of Business Venturing. Retrieved November 11, 2024, from
Merdekawaty, A. (2018). Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Samawa Sumbawa Besar. OSF. https://doi.org/10.31227/osf.io/kejft
Miller, D. (2011). Miller (1983) revisited: A reflection on EO research and some suggestions for the future. Entrepreneurship Theory and Practice. Retrieved November 7, 2024, from
Mwita, I. J. (2000). Performance management model. International Journal of Public Sector Management, 13(1), 19–37. https://doi.org/10.1108/09513550010334461
Pohan, J. S. (2017). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Silviasih, S., Slamet, F., & Iskandar, D. (2016). Pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha pada pemilik UKM sektor manufaktur garmen di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 16(1), 13-24.
Soelaiman, L. (2024). Pengaruh kolaborasi, kecerdasan budaya, dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UKM Kota Sibolga. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(2), 388-397. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11885
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Vallerand, R. J., Blanchard, C., Mageau, G. A., Koestner, R., Ratelle, C., Léonard, M., Gagné, M., & Marsolais, J. (2003). Les passions de l’âme: On obsessive and harmonious passion. Journal of Personality and Social Psychology, 85(4), 756–767. https://doi.org/10.1037/0022-3514.85.4.756