Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Gen-Z di Jakarta Barat
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari motivasi, lingkungan keluarga, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat gen-z. Dalam penelitian ini mengambil sampel sebanyak 149 responden. Metode yang digunakan dalam penelitiann ini non-probability sampling dengan teknik purposive sampling yang didapatkan dari menyebar kuesioner dalam bentuk online form kemudian data di olah menggunakan SmartPLS 4.1.0.8. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa motivasi, lingkungan keluarga, dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha gen-z.
This study aims to examine the influence of motivation, family environment, and entrepreneurial knowledge on the entrepreneurial interest of Gen Z. The study collected a sample of 149 respondents. The research employed a non-probability sampling method with purposive sampling techniques, gathering data through an online questionnaire. The collected data were then processed using SmartPLS 4.1.0.8. The results of this study indicate that motivation, family environment, and entrepreneurial knowledge have a positive and significant effect on the entrepreneurial interest of Gen-Z.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.,/p>
Referensi
Agusmiati, D., & Wahyudin, A. (2018). Pengaruh lingkungan keluarga, pengetahuan kewirausahaan, kepribadian, dan motivasi terhadap minat berwirausaha dengan self-efficacy sebagai variabel moderating. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 878-893. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28317
Aisyah, S., Rahmani, N., & Hasibuan, S. (2023). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motivasi, lingkungan keluarga dan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Muslim. Journal on Education, 5(4), 11740-11757. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2131
Arifin, Y. A., & Qodariah. (2023). The influence of entrepreneurship knowledge, motivation and family environment on entrepreneurship interest. International Journal of Social Service and Research, 3(3), 818-825. https://doi.org/10.46799/ijssr.v3i3.293
Cahyono, E. B., & Umam, M. K. (2017). Pengaruh motivasi berwirausaha dan kemampuan berpikir kreatif terhadap minat berwirausaha siswa teknik pemesinan. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 4(3), 277–284.
Donova, A., & Widjaja, O. H., (2023). Pengaruh kepemimpinan dan pengetahuan kewirausahaan terhadap business performance. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(4), 829-837. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i4.26923
Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh sikap mandiri, motivasi, pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (Studi kasus pada mahasiswa FEB UKSW konsentrasi kewirausahaan), 2(3), 291–314.
Jefry, & Soelaiman, L. (2023). Faktor yang memengaruhi minat berwirausaha generasi Z di Jakarta. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(4), 971-978. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i4.26966
Malhotra, N. K. (2020). Marketing research: An applied orientation (7th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.
Nugrahaningsih, H., & Muslim, R. (2016). Pengaruh kepribadian, pengetahuan dan motivasi terhadap minat berwirausaha dengan perencanaan strategis sebagai variabel moderating pada mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 3(2), 1–20.
Prihantoro, W. G., & Hadi, S. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha dan lingkungan keluarga terhadap mental kewirausahaan. Keluarga Terhadap Sikap Mental, 13027.
Rahman, Z. N., Murwaningsih, T., & Ninghardjanti, P. (n.d.). Pengaruh literasi keuangan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa PAP FKIP UNS. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 8(1), 41.
Sakitri, G. (2021). Selamat datang Gen Z, sang penggerak inovasi! Forum Manajemen Prasetiya Mulya, 35.
Siregar, Z. A., & Marwan. (2020). The influence of family environment, entrepreneurship knowledge and entrepreneurship motivation on students’ entrepreneurship interest of Islamic Education Management Program of Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Advances in Economics, Business and Management Research, 124.
Supriyatno, B. (n.d.). Pengaruh kepercayaan diri dan motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Ngawi, XVII(1).
Sulistiani, W., & Mustami’ah. (2018). Efektivitas modul pembelajaran tematik kelautan dan kemaritiman untuk menumbuhkan minat kebaharian pada anak usia dini di taman kanak-kanak. Prosiding Seminar ASEAN Psychology.
Suryana. (2016). Kewirausahaan: Kiat dan proses menuju sukses (Edisi empat). Jakarta: Salemba Empat.
Wulandari, L. A. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga, motivasi berwirausaha dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember angkatan 2016 dan 2017.