Motivasi sebagai Mediator antara Pengetahuan Kewirausahaan dan Edukasi Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa

Main Article Content

Gerda Annisa Senduk
Arifin Djakasaputra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Edukasi Kewirausahaan, dan Motivasi terhadap Intensi Berwirausaha pada mahasiswa Universitas Tarumanagara. Kemudian menguji pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Edukasi Kewirausahaan terhadap Motivasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sekitar 160 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Tarumanagara yang berjurusan Manajemen konsentrasi kewirausahaan. Data diperoleh melalui kuesioner online yang disebarkan melalui media sosial dengan teknik non-probability sampling dan metode purposive sampling. Kemudian data yang dikumpulkan akan diolah menggunakan PLS-SEM dibantu dengan software SmartPLS versi 3. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa a). Pengetahuan Kewirausahaan tidak memiliki pengaruh terhadap Intensi Berwirausaha, b). Edukasi Kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap Intensi Berwirausaha, c). Pengetahuan Kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap Motivasi, d). Edukasi Kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap Motivasi, e). Motivasi memiliki pengaruh terhadap Intensi Berwirausaha, f). Pengetahuan Kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap Intensi Berwirausaha melalui Motivasi, g). Edukasi Kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap Intensi Berwirausaha melalui Motivasi.


This research aims to examine the influence of Entrepreneurship Knowledge, Entrepreneurship Education, and Motivation on Entrepreneurial Intentions among Tarumanagara University students. Then test the influence of Entrepreneurship Knowledge and Entrepreneurship Education on Motivation. The sample used in this research was around 160 respondents who were Tarumanagara University students majoring in Management with a concentration in entrepreneurship. Data was obtained through an online questionnaire distributed via social media using non-probability sampling techniques and purposive sampling methods. Then the data collected will be processed using PLS-SEM assisted by SmartPLS version 3 software. The results obtained in this research show that a). Entrepreneurship Knowledge has no influence on Entrepreneurial Intentions, b). Entrepreneurship Education has an influence on Entrepreneurial Intentions, c). Entrepreneurship Knowledge has an influence on Motivation, d). Entrepreneurship Education has an influence on Motivation, e). Motivation has an influence on Entrepreneurial Intentions, f). Entrepreneurship Knowledge has an influence on Entrepreneurial Intentions through Motivation, g). Entrepreneurship Education has an influence on Entrepreneurial Intentions through Motivation.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Gerda Annisa Senduk, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Arifin Djakasaputra, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Adinagoro, K. M., & Nuringsih, K. (2023). Pengaruh edukasi kewirausahaan, preferensi risiko dan kreativitas terhadap intensi berwirausaha. Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 123-133. https://doi.org/10.24912/jseb.v1i1.24938

Aga, M. K. (2023). The mediating role of perceived behavioral control in the relationship between entrepreneurship education and entrepreneurial intentions of university students in Ethiopia. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 12, 1-18. https://doi.org/10.1186/s13731-023-00297-w

Aisyah, S., Rahmani, N. A., & Hasibuan, S. (2023). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motivasi, lingkungan keluarga dan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Muslim. Journal on Education, 5(4), 11740-11757. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2131

Anwar, I., Saleem, I., & Islam, K. B. (2020). Entrepreneurial intention among female university students: examining the moderating role of entrepreneurial education. Journal for International Business and Entrepreneurship Development.

Athaya, A. N., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pengaruh efikasi diri, pengetahuan kewirausahaan dan motivasi berprestasi terhadap minat berwirausaha sebagai mediasi pada siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Driyorejo. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(3).

Bukirom, Indradi, H., & Permana, A. (2014). Pengaruh Pendidikan Berwirausaha dan Motivasi Berwirausaha terhadap Pembentukan Jiwa Berwirausaha Mahasiswa. Media Ekonomi dan Manajemen.

Eijdenberg, E. L., & Thompson, N. A. (2020). Jump for joy: happiness as the route to increased living standards of entrepreneurs in Zambia. 27(2).

Fernanda, R., & Ibrahim, R. (2022). Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha yang di mediasi oleh motivasi dan sikap pada mahasiswa s1 manajemen fakultas ekonomi dan bisnis universitas syiah kuala angkatan 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen , 218-240.

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the result of PLS-SEM. European Business Review.

Hasniati, & Syahruddin. (2022). Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Ecosystem.

Hassan, A., Islam, K. B., & Hussain, S. A. (2021). Individual entrepreneurial orientation, entrepreneurship education and entrepreneurial intention: The mediating role of entrepreneurial motivations. Industry and Higher Education.

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sinkovics, R. R. (2009). The use of partial least squares path modeling in international marketing. 20.

Indrayani, I., & Subowo. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Self-Efficacy. Economic Education Analysis Journal.

Indriyani, N. D., & Suryantara, M. L. (2021). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Kreativitas Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Yos Soedarso Tahun 2019-2020. Yos Soedarso Economics Journal.

Iwu, C. G., Opute, P. A., Nchu, R., Eresia-Eke, C., Tengeh, R. K., Jaiyeoba, O., & Aliyu, O. A. (2021). Entrepreneurship education, curriculum and lecturer-competency as antecedents of student entrepreneurial intention. 19(1), 1-13.

Kurnia, D., Kusnendi, & Furqon, C. (2018). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap minat wirausaha. Jurnal Pendidikan Ekonomi U M Metro.

Laia, R. (2022). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha pada mahasiswa program studi manajemen STIE Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan.

Mahendra, A. M., Djatmika, E. T., & Hermawan, A. (2017). The effect of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention Mediated by Motivation and Attitude among Management Students, State University of Malang, Indonesia. International Education Studies, 61-69.

Maheswari, G., Kha, K. L., & Arokiasamy, A. R. (2022). Factors affecting students’ entrepreneurial intentions: a systematic review (2005–2022) for future directions in theory and practice. Management Review Quarterly, 1-68.

Muzakki, Y., Winarno, A., & Siswanto, E. (2022). The influence of knowledge of entrepreneurship, self-efficacy towards interests entrepreneurship through motivation entrepreneurship to santri at pondok pesantren bahrul maghfiroh malang. International Journal of Economy, Education and Entrepreneuship.

Nengseh, R. R., & Kurniawan, R. Y. (2021). Efikasi diri sebagai mediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Noviantoro, G., & Rahmawati, D. (2018). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi.

Paliwal, M., Rajak, B. K., Vimal, K., & Singh, S. (2022). Assessing the role of creativity and motivation to measure entrepreneurial education and entrepreneurial intention. International Journal of Educational Management.

Purwanto, F. X. (2016). Pengaruh efikasi diri, pengetahuan kewirausahaan, dan motivasi berwirausaha terhadap minat mahasiswa berwirausaha. Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhan, 104-217.

Ratnamiasih, I., Nusantara, B. D., & Dewi, Z. M. (2024). Personality Traits and Entrepreneurship Education as Determinants of Entrepreneurial Intentions. Review of Integrative Business and Economics Research.

Santosa, I. (2014). Masalah dan tantangan pengembangan kewirausahaan pada kalangan mahasiswa di indonesia. 3(3).

Soelaiman, L., Keni K., & Puspitowati, I. (2024). Empowering entrepreneurial intentions: educational support and self-efficacy in MBKM context. Jurnal Manajemen, 28(1), 23-44. https://doi.org/10.24912/jm.v28i1.1760

Srianggareni, N. M., Heryanda, K. K., & Telagawathi, N. L. (2020). Pengaruh moderasi self efficacy pada hubungan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha di universitas pendidikan ganesha. Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Suhartini, C. (2020). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa (Survey Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi.

Suratno, Kohar, F., Rosmiati, & Kurniawan, A. (2020). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, media sosial, dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha siswa/i pada smk negeri 1 kota sungai penuh. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(5).

Suryaningsih, T., & Agustin, T. M. (2020). Pengaruh Kepribadian Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi.

Widyaastuti, K., Khairinal, & Syuhad, S. (2022). Pengaruh keterampilan berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan dan sikap mandiri terhadap motivasi berwirausaha siswa smkn 2 jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial.

Yang, J. (2015). A Study of the Effect of Entrepreneurial Education on Entrepreneurial Motivation: Focused on Mediating Effect of Entrepreneurship. The Korea Academia-Industrial cooperation Society.

Zarnadze, G., Dika, I., Cera, G., & Riberio, H. N. (2022). Personality Traits and Business Environment for Entrepreneurial Motivation. Administrative Sciences.