Peran Motivasi Berwirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Kreativitas Berwirausaha terhadap Keberhasilan Usaha Mahasiswa Universitas Tarumanagara

Main Article Content

Ferry Gunawan
Kartika Nuringsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran motivasi berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan kreativitas berwirausaha terhadap keberhasilan membangun usaha pada mahasiswa Universitas Tarumanagara. Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, ketiga faktor tersebut menjadi elemen penting dalam menentukan kesuksesan membangun usaha, terutama di kalangan mahasiswa yang sedang membangun karier di dunia usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa Universitas Tarumanagara. Analisis data dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh langsung variabel independen, yaitu motivasi berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan kreativitas berwirausaha, terhadap variabel dependen, yaitu keberhasilan usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1. Motivasi Berwirausaha berdampak negatif dan tidak signifikan terhadap Keberhasilan Usaha pada mahasiswa Universitas Tarumangara. 2.Pengetahuan Kewirausahaan berdampak positif dan signifikan terhadap Keberhasilan Usaha pada mahasiswa Universitas Tarumangara. 3. Kreativitas Berwirausaha dapat memberikan dampak positif dan signifikan terhadap Keberhasilan Usaha pada mahasiswa Universitas Tarumangara. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis bagi mahasiswa dan akademisi dalam mengembangkan potensi wirausaha serta memberikan wawasan bagi universitas dalam merancang program kewirausahaan yang lebih efektif.


This study aims to analyze the role of entrepreneurial motivation, entrepreneurial knowledge, and entrepreneurial creativity on the success of building a business among Tarumanagara University students. In an era of increasingly tight business competition, these three factors are important elements in determining the success of building a business, especially among students who are building a career in the business world. This study uses a quantitative approach with a survey method. Data were collected through questionnaires distributed to Tarumanagara University students. Data analysis was conducted to evaluate the direct influence of independent variables, namely entrepreneurial motivation, entrepreneurial knowledge, and entrepreneurial creativity, on the dependent variable, namely business success. The results of the study indicate that. 1. Entrepreneurial Motivation has a negative and insignificant impact on Business Success among Tarumangara University students. 2. Entrepreneurial Knowledge has a positive and significant impact on Business Success among Tarumangara University students. 3. Entrepreneurial Creativity can have a positive and significant impact on Business Success among Tarumangara University students. This study is expected to provide practical contributions for students and academics in developing entrepreneurial potential and provide insight for universities in designing more effective entrepreneurship programs for students.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ferry Gunawan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Kartika Nuringsih, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Ardiyanti, D., & Mora, Z. (2019). Pengaruh Minat usaha dan motivasi usaha terhadap keberhasilan usaha wirausaha muda di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 168-178. https://doi.org/10.33059/jseb.v10i2.1413

Cemosa, C., & Soelaiman, L. (2020). Pengaruh kreativitas, proaktif dan otonomi terhadap kinerja usaha makanan dan minuman. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(4), 889-896. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9868

Chang, Y. Y., & Chen, M. H. (2020). Creative entrepreneurs’ creativity, opportunity recognition, and career success: Is resource availability a double-edged sword?. European Management Journal, 38(5), 750-762. https://doi.org/10.1016/j.emj.2020.03.004

Chen, M. H., Chang, Y. Y., & Pan, J. Y. (2018). Typology of creative entrepreneurs and entrepreneurial success. Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy, 12(5), 632-656.

Ephrem, A. N., Nguezet, P. M. D., Charmant, I. K., Murimbika, M., Awotide, B. A., Tahirou, A., Lydie, M. M., & Manyong, V. (2021). Entrepreneurial motivation, psychological capital, and business success of young entrepreneurs in the drc. Sustainability, 13(8), 4087. https://doi.org/10.3390/su13084087

Gemina, D., & Pitaloka, A. W. (2020). Keberhasilan usaha berbasis sikap kewirausahaan dan pengetahuan kewirausahaan pada usaha mikro kecil menengah makanan minuman Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Jurnal Visionida, 6(1), 20-32.

Lechuga-Nevárez, M. D. R. (2024). Motivation in entrepreneurship: a guarantee of entrepreneurial success. Arab Economic and Business Journal, 16(1), 8.

Munawar, S., Yousaf, H. Q., Ahmed, M., & Rehman, S. (2023). The influence of online entrepreneurial education on entrepreneurial success: An empirical study in Pakistan. The International Journal of Management Education, 21(1), 100752.

Nagel, P. J. F., & Suhartatik, A. (2022). Pengaruh motivasi, kompetensi kewirausahaan dan kreativitas terhadap keberhasilan usaha umkm makanan minuman di surabaya. In Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi (Vol. 2, No. 1, pp. 1024-1024).

Srimulyani, V. A., & Hermanto, Y. B. (2021). Impact of entrepreneurial self-efficacy and entrepreneurial motivation on micro and small business success for food and beverage sector in east Java, Indonesia. Economies, 10(1), 10.

Staniewski, M. W. (2016). The contribution of business experience and knowledge to successful entrepreneurship. Journal of Business Research, 69(11), 5147-5152.

Wijaya, A., & Nuringsih, K. (2024) Pengetahuan kewirausahaan, motivasi kewirausahaan, dan kreativitas dapat memengaruhi minat berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 6(2), 284-291. https://doi.org/10.24912/jmk.v6i2.29831