Peran Brand Image sebagai Mediator: Pengaruh Influencer dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z di Tiktok Shop

Main Article Content

Eriska Siva Yuandira
M. Tony Nawawi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh positif dari variabel influencer dan social media marketing terhadap keputusan pembelian generasi Z melalui brand image sebagai mediasi pada aplikasi TikTok Shop. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode non- probability dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner melalui Google Form terhadap 250 responden dengan kriteria generasi Z penggguna fitur TikTok Shop. Analisis hipotesis penelitian dilakukan menggunakan PLS-SEM dengan bantuan perangkat Smart-PLS 4. Hasil yang diperoleh menunjukan seluruh hipotesis penelitian diterima.


This research aims to identify the positive influence of influencer variables and social media marketing on generation Z purchasing decisions through brand image as mediation in the TikTok Shop application. The research data collection used a non-probability method with purposive sampling technique. Data was collected through distributing questionnaires through Google Form to 250 respondents with the criteria of generation Z users of the TikTok Shop feature. The analysis of the research hypothesis was carried out using PLS-SEM with the help of Smart-PLS 4. The results obtained show that all research hypotheses are accepted.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Eriska Siva Yuandira, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

M. Tony Nawawi, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Bulan, S., & Rohmadani, Z. V. (2022). Hubungan konformitas teman sebaya dengan intensi penggunaan media sosial Tiktok pada remaja di Yogyakarta. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 59–65. http://dx.doi.org/10.51454/decode.v2i2.42

Garaika, & Darmanah. (2019). Metodologi Penelitian. CV. Hira Tech.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2021). A primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), 3rd edition. Sage.

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European business review, 31(1), 2-24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Hamid M. R. Ab., Sami W., & Sidek Mohamad. M. H. (2017). Discriminant Validity Assessment: Use of criterion versus HTMT Criterion. Journal of Physics:

Malhotra, N. K., Nunan, D., & Birks, D. F. (2020). Marketing Research: An Applied Approach. Harlow: Pearson Education Limited.

Qiana, D. A., & Lego, Y. (2021). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian masker Sensi di Tangerang. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(3), 649-660. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i3.13137

Rosmayanti, M. (2023). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian konsumen Mixue. Journal on Education, 5(3), 8126-8137.

Nawawi, M. T. (2016). Factors of consumer behavior that affect purchasing decisions on Blackberry smartphone. The Winners, 17(1), 59-66. http://dx.doi.org/10.21512/tw.v17i1.1810

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business.

Shadrina, R. N., & Yoestini, Y. (2022). Analisis pengaruh content marketing, influencer, dan media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi pada pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). Diponegoro Journal of Management, 11(2).

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta, CV: Bandung.