Pendidikan Kewirausahaan sebagai Mediator terhadap Variabel Penentu Intensi Berwirausaha

Main Article Content

Christine Taneshia
Ida Puspitowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh efikasi diri, motivasi berwirausaha, dukungan keluarga terhadap intensi berwirausaha mahasiswa di Jakarta Barat dengan pendidikan kewirausaha sebagai variabel mediasi. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif Universitas Swasta di Jakarta Barat dengan total sebanyak 230 responden dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner online menggunakan Google Form. Analisis data dilakukan menggunakan teknik PLS-SEM dengan perangkat lunak SmartPLS versi 4.0. Dalam penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut, efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendidikan kewirausahaan, namun efikasi diri berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap intensi berwirausaha. Motivasi berwirausaha dan dukungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendidikan kewirusahaan dan intensi berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha.  Pendidikan kewirausahaan tidak mampu memediasi pengaruh efikasi diri terhadap intensi berwirausaha, demikian pula pengaruh dukungan keluarga terhadap intensi berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan memediasi secara parsial pengaruh motivasi berwirusaha terhadap intensi berwirausaha.


This study aims to examine the influence of self-efficacy, entrepreneurial motivation, and family support on the entrepreneurial intention of students in West Jakarta, with entrepreneurship education as a mediating variable. The sampling technique used is non-probability sampling with purposive sampling. The population comprises students from private universities in West Jakarta, with a total of 230 respondents. Data collection was conducted through an online questionnaire using Google Forms. Data analysis was performed using the PLS-SEM technique with SmartPLS version 4.0 software. The results of this study are as follows: self-efficacy has a positive and significant effect on entrepreneurship education, but self-efficacy has a positive yet insignificant effect on entrepreneurial intention. Entrepreneurial motivation and family support have a positive and significant effect on entrepreneurship education and entrepreneurial intention. Entrepreneurship education has a positive and significant effect on entrepreneurial intention. However, entrepreneurship education does not mediate the effect of self-efficacy on entrepreneurial intention, nor does it mediate the effect of family support on entrepreneurial intention. Entrepreneurial education partially mediate the effect of entrepreneurial motivation on entrepreneurial intentions.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Christine Taneshia, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Ida Puspitowati, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Andayanti, W., & Harie, S. (2020). Entrepreneurial motivation impact toward entrepreneurship interest of college student. Intelektium, 1(2), 107–114. https://doi.org/10.37010/int.v1i2.187

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2024, 6 Mei). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,82 persen dan rata-rata upah buruh sebesar 3,04 juta rupiah per bulan. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2024/05/06/2372/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-4-82-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-3-04-juta-rupiah-per-bulan.html

Duong, C. D., & Vu, N.X. (2024), "Entrepreneurial education and intention: fear of failure, self-efficacy and gender", Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol. 31 No. 4, pp. 629-654. https://doi.org/10.1108/JSBED-02-2023-0057

Hair, J. F., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & Black, W. C. (2019). Multivariate Data Analysis. 8th Edition. Cengage Learning.

Indahsari, L., & Puspitowati, I. (2021). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap intensi wirausaha mahasiswa Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(1), 267-276. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11320

Liadi, F. N., & Budiono, H. (2019). Pengaruh dukungan pendidikan, sikap dan efikasi diri terhadap intensi kewirausahaan pada mahasiswa semester satu. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 1(3), 447-455. https://doi.org/10.24912/jmk.v1i3.5355

Nugroho, N. E., Suryanto, S., & Irianto, J. (2023). Analysis of the Effect of Entrepreneurship Education, Family Environment and Entrepreneurial Self-Efficacy on Entrepreneurial Intention. RSF Conference Series: Business, Management and Social Sciences, 3(3), 377–390. https://doi.org/10.31098/bmss.v3i3.701

Nurdiana, N., Rahmatullah, R., Hasan, M., Nurjannah, N., & Fitriani, F. (2022). Pengetahuan Wirausaha, Motivasi Berwirausaha, Kondisi Sosial Ekonomi Dan Lingkungan Keluarga, Pengaruhnya Terhadap Minat Berwirausaha Ibu Rumah Tangga. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 10(2).

Oktaviana, V. D., & Umami, N. (2018). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kreativitas Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pogalan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 80-88. https://dx.doi.org/10.17977/UM014v11i22018p080

Periera, A., Mashabi, N. A., & Muhariati, M. (2017). Pengaruh dukungan orangtua terhadap minat anak dalam berwirausaha (pada siswa SMK Strada Koja, Jakarta Utara). JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 70-76. https://doi.org/10.21009/JKKP

Pujiastuti, R., & Cahyo, H. (2020). Pendidikan kewirausahaan sebagai pemediasi pengaruh self efficacy terhadap entrepreneur intention mahasiswa program Studi Manajemen Unwiku Purwokerto. Majalah Imiah Manajemen dan Bisnis, 17(1), 86-99.

Putri, A. A., & Subiyantoro, H. (2024). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, dan Dukungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha (Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Semester VIII Universitas Bhinneka PGRI Angakatan 2020). Jurnal Economina, 3(8), 874-887. https://doi.org/10.55681/economina.v3i8.1458

Putry, N. A. C., Wardani, D. K., & Jati, D. P. (2020). Pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha melalui motivasi sebagai variabel intervening. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 6(1), 14-24. https://doi.org/10.29303/jseh.v6i1.71

Saoula, O., Shamim, A., Ahmad, M.J., & Abid, M.F. (2023), "Do entrepreneurial self-efficacy, entrepreneurial motivation, and family support enhance entrepreneurial intention? The mediating role of entrepreneurial education", Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, Vol. 17 No. 1, pp. 20-45. https://doi.org/10.1108/APJIE-06-2022-0055

Setiabudi, K. J. (2019). Pengaruh Dukungan Keluarga dan Kepribadian Wirausaha Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen Terakreditasi “A” pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Surabaya. Agora, 7(1), 1–6.

Setiawan, G. T., & Lestari, E. D. (2021). The effect of entrepreneurship education to student’s entrepreneurial intention with self-efficacy as mediating variable. DoReMa (Development of Research Management), 16(2), 158-178.

Setyaki, E., & Sugiyanto, S. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(4), 277-294. https://doi.org/10.58192/profit.v2i4.1388

Soelaiman, L., Keni Keni, & Puspitowati, I. (2024). Empowering entrepreneurial intentions: educational support and self-efficacy in MBKM context. Jurnal Manajemen, 28(1), 23–44. https://doi.org/10.24912/jm.v28i1.1760

Tan, T. D., & Wijaya, A. (2024). Factors influencing entrepreneurial intentions mediated by entrepreneurship education in S1 management students of Tarumanagara University. International Journal of Application on Economics and Business, 2(3), 39-49. https://doi.org/10.24912/ijaeb.v2i3.39-49

Uma, S. R., & Anasrulloh, M. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Economina, 2(9), 2346-2360. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.815

Widyawati, N., Widiarti, A., & Fahmi, R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. JIPIS, 31(2), 107-123.

Yang, S., Li, M., Yue, L., Yu, L., & Li, W. (2023). From farmers’ entrepreneurial motivation to Performance—The chain mediating effect of entrepreneurial learning and entrepreneurial ability. Sustainability, 15(1), 726. https://doi.org/10.3390/su15010726