Peran Citra Merek sebagai Mediator: Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian AMDK Nestle Pure Life

Isi Artikel Utama

Adriawan Surya
M. Tony Nawawi

Abstrak

Di dunia bisnis yang semakin kompetitif, peluang dan tantangan pasti akan terus dihadapi sehingga pengembangan produk dari sisi pemasarannya juga harus tetap dilakukan secara berkesinambungan. Seperti produk air minum dalam kemasan yang terus bertambah populer dan dibeli oleh konsumen karena formatnya dan proses pengemasannya, teknologi filtrasinya juga semakin canggih dan baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan yang di medisi citra merek produk air minum dalam kemasan Nestle Pure Life di Jakarta. Sampel penelitian ini sebanayak 223 responden yang dikumpulkan melalui metode kuantitatif. Pengambilan sampel ini menggunakan non-probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk memiiki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, Harga memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian yang dimediasi pada variabel citra merek, Kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yang dimediasi pada citra merek. penelitian ini diharapkan dapat memberikn pengetahuan kepada pelaku bisnis untuk meningkatkan pertimbangan penetapan harga, meninggkatkan kualitas produk, dan meningkatkan strategi pemasaran.


In an increasingly competitive business world, opportunities and challenges will certainly continue to be faced so that product development from the marketing side must also be carried out continuously. As bottled drinking water products continue to grow in popularity and are purchased by consumers because of their format and packaging process, the filtration technology is also getting more sophisticated and new. The purpose of this study was to analyze the effect of price, and product quality on purchasing decisions for bottled drinking water mediated by the brand image of Nestle Pure Life bottled drinking water products in Jakarta. The sample of this study was 223 respondents collected through quantitative methods. This sampling uses non-probability sampling using purposive sampling method. The results of this study indicate that price has a positive and significant influence on purchasing decisions, product quality has a positive influence on purchasing decisions, brand image has a positive and significant influence on purchasing decisions, price has a positive and significant influence on brand image, product quality has a positive and significant influence on brand image, price has a positive influence on purchasing decisions mediated in brand image variables, product quality has a positive and significant influence on purchasing decisions mediated in brand image. this research is expected to provide knowledge to business people to improve pricing considerations, improve product quality, and improve marketing strategies.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Adriawan Surya, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

M. Tony Nawawi, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Referensi

Andriani, W., Abdurrahman, Sari, P. R. K. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian air mineral dalam kemasan Merek Dharma. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.37673/jmb.v2i1.268

Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap minat beli jasa Go-Jek. Widyakala, 3, 49-56. http://dx.doi.org/10.36262/widyakala.v3i0.24

Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), 17-32. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173

Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & strategy).

Hair, J, F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121.

Haris, D., & Welsa, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh, 11(1).

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Prinsip-prinsip Marketing. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara

Monica, D., & Arianto, N. (2024). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen pada Anto Sablon. Journal of Economic Academic, 1(02), 286- 299.

Mulyana, M. (2019). Strategi Penetapan Harga.

Nawawi, M. T., & Delvin, D. (2022). Pengaruh citra merek, kesadaran merek dan loyalitas merek terhadap niat beli Produk X di Jakarta. Prosiding Serina, 2(1), 405-414. https://doi.org/10.24912/pserina.v2i1.18557

Oscar, Y., & Keni, K. (2019). Pengaruh brand image, persepi harga, dan service quality terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 20-28. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3300

Prabowo, R. E., Indriyaningrum, K., & Setyani, A. D. (2020). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olah Raga Merek Adidas (Studi Di Kota Semarang). Solusi, 18(4).

Sadewa, P. A., Wahono, B., & Novianto, A. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk, Dan Gratis Ongkirterhadap Keputusan Pembelian Produk Macaronicuk Studi Kasus Reseller Macaronicuk Provinsi Jawa Timur. Jurnal Riset Manajemen, 12.

Sander, D. A., Chan, A., & Muhyi, H. A. (2021). Keterkaitan Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tinjauan Sistematis Literature Review. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal Of Marketing Science), 20(3), 241–257. https://doi.org/10.14710/Jspi.V20i3.241-257

Sanjaya, S. (2015). Pengaruh promosi dan merek terhadap keputusan pembelian pada pt. Sinar sosro medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16(2).

Septyadi, M. A. K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature review keputusan pembelian dan minat beli konsumen pada smartphone: harga dan promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301-313.

Sugiyono, (2019). Metode penelitian kuantitatif, kuantitatif R & D. cetakan ke 1 Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, Fandi, & Diana, A. (2016). Pemasaran : esensi & aplikasi. Yogyakarta: Andi offset.

Widjaja, Y. R., & Rahmat, F. D. J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Kampoeng Sawah Kabupaten Bandung. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, 9(1), 73– 97.

Wijaya, A., Wulandari, J., & Nugeraha, P. (2020). Kajian Tentang Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan dalam Perspektif Theory of Planned Behavior. Jurnal Sosial Humaniora, 11(2), 141-151.

Winoto, G. P., & Najib, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Studi Kasus pada Mahasiswa Institut Pertanian Bogor). Jurnal Manajemen dan Organisasi, 9(1), 49- 62.

Yanti, Yulianti (2018). Manajemen Pemasaran. Inti Presindo Pustaka.