Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Tiktok Shop (Studi Kasus pada Gen Z di Karawang)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji adanya pengaruh dari Persepsi Kemudahan dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan TikTokShop pada Gen Z di Karawang. Menggunakan teknik Cross Sectional design dan menggunakan metode survei dengan instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel yang diambil yaitu 200 responden dengan kriteria yaitu rentang usia 1995 - 2010 dan mempunyai platform TikTok dan juga berdomisili di Karawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi kemudahan dapat berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, Kualitas layanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian, Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Persepsi Kemudahan berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kepercayaan, Kualitas layanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kepercayaan, Kepercayaan dapat memediasi secara signifikan dan positif Persepi Kemudahan dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian.
This study aims to examine the influence of Perceived Ease of Use and Service Quality on Purchase Decisions through Trust in TikTokShop among Generation Z in Karawang. The study employs a cross-sectional design and utilizes a survey method with a questionnaire as the instrument. The sampling technique used is non-probability sampling with a purposive sampling method. The sample consists of 200 respondents who meet the criteria of being born between 1995 and 2010, being TikTok platform users, and residing in Karawang. The results indicate that Perceived Ease of Use has a significant and positive effect on Purchase Decisions, Service Quality has a significant and positive effect on Purchase Decisions, Trust significantly influences Purchase Decisions, Perceived Ease of Use has a significant and positive effect on Trust, Service Quality has a significant and positive effect on Trust, and Trust significantly mediates the relationship between Perceived Ease of Use and Service Quality on Purchase Decisions.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.,/p>
Referensi
Agustina, S., Lestari, E., & Susanti, R. A. D. (2022). Pengaruh persepsi kemudahan, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian online melalui e-commerce (studi empiris pengguna Shopee pada mahasiswa UNITRI). Disertasi Universitas Tribhuwana Tunggadewi.
Boediono, M., Christian, S., & Immanuel, D. M. (2018). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen Sealantwax. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 3(1), 90-99. https://doi.org/10.37715/jp.v3i1.668
Budiono, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, promosi, lokasi, kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen di rumah makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan dimasa pandemi COVID-19. Segmen Jurnal Manajemen dan Bisnis, 17(2), 223-247. https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i2.6868
Darwin, S. (2014). Analisis pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan dan kepercayaan pelanggan sebagai variabel intervening pada asuransi jiwa Manulife Indonesia-Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-12.
Faradila, R. S. N., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Toko Online berrybenka. com di Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 239-250.
Frimayasa, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Tokopedia. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 941-945.
Hadi, T., & Pradiani, T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Wom Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Restoran Mie Ayam Ny Wong, Jakarta. Bursa: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 61-69
Hasdani, H., Nasir, M., & Burhanuddin, B. (2021). Persepsi Kemudahan Penggunaan Aplikasi Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Users Di Kabupaten Bungo. Jurnal Manajemen Sains, 1(3), 187-196.
Mambu, T. R., Tampi, J. R., & Mukuan, D. D. (2021). Kepercayaan Konsumen, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi E-Commerce Shopee di Kota Tondano. Productivity, 2(1), 79-84.
Maramis, I. S., Mananeke, L., & Loindong, S. S. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Mediasi Oleh Kepercayaan Pelanggan Apotek Mercke’Lkolongan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 39-48.
Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716-727.
Maulana, T. M., & Nasir, N. (2021). Pengaruh Kualitas Informasi Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Dimediasi Oleh Kepercayaan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi E-Commerce di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(2), 368-384.
Nawawi, M. T. (2016). Factors of consumer behavior that affect purchasing decisions on Blackberry smartphone. Journal The Winners, 17(1), 59-66. https://doi.org/10.21512/tw.v17i1.1810
Nawawi, M. T., Purwanto, P., Darryl, & Dinata, J. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas dengan kepuasan konsumen sebagai mediasi pada PT X di Tangerang. Dalam Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1030-1036.
Nawawi, M. T., Purwanto, P., Darryl, D., & Dinata, J. (2024). Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen online di Tokopedia pada mahasiswa FEB Untar Jakarta. Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 77-84. https://doi.org/10.24912/jseb.v2i1.30995
Nurlinda, R. A., & Utami, P. (2014). Analisis Persepsi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Berbelanja Online Melalui Instagram. Jurnal Ekonomi, 10(2), 121-130.
Pratama, Y. E., Sudarwati, S., & Istiqomah, I. (2019). Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee Di Surakarta Ditinjau Dari Kualitas Layanan, Online Customer Review Dan Kepercayaan. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(02).
Rahmawati, C., Fitriani, D., Haira, F., & Panorama, M. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan, Dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank Muamalat Kantor Cabang Palembang). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1073-1088.
Setyarko, Y. (2016). Analisis persepsi harga, promosi, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian produk secara online. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 5(2), 128-147.
Suldrajat, N. D. A., Chairulnnisa, G., Assyifa, S. N., Wullandari, N., & Rimadias, S. (2024). Strelam to Shop: Pelrilakul Bellanja Geln Z Pada Social Commelrcel dan Apa Yang Paling Melmikat Melrelka. Julrnal Manajelmeln dan Pelmasaran Digital, 2(3), 257-272.
Sumadi, S., Tho’in, M., Efendi, T. F., & Permatasari, D. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah, Kepuasan Konsumen, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Naughti Hijab Store). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 1117-1127.
Wardhana, O. H. P. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Nilai, Pengaruh Sosial, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(2).
Welsa, H., Ningrum, N. K., & Saputri, S. (2024). Pengaruh Tampilan Website dan Kemudahan Pengguna terhadap Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 91-99.
Yuliawan, E. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualias Layanan Terhadap Keputusan Pembelian. Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 12(1), 34-49.
Zis, S. F., Elffelndi, N., & Roelm, El. R. (2021). Pelrulbahan pelrilakul komulnikasi gelnelrasi milelnial dan gelnelrasi z di elra digital. Satwika: Kajian Ilmul Buldaya Dan Pelrulbahan Sosial, 5(1), 69-87.