Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Motivasi Kewirausahaan terhadap Keberhasilan Usaha Mahasiswa Kewirausahaan di Universitas Tarumanagara
Main Article Content
Abstract
Perkembangan bisnis yang sedang berkembang membuat adanya persaingan bisnis agar bisa bersaing di pasaran. Untuk membangun suatu usaha, para pelaku usaha juga memerlukan adanya pengetahuan dan motivasi dalam menjalankan kewirausahaan sehingga bisa mencapai keberhasilan usaha yang diinginkan. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan dari aktivitas ekonomi di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan motivasi kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha mahasiswa kewirausahaan angkatan 2021 dan 2022 di Universitas Tarumanagara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa kewirausahaan angkatan 2021 dan 2022 di Universitas Tarumanagara yang sudah mengambil mata kuliah kewirausahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dengan 100 responden merupakan mahasiswa kewirausahaan angkatan 2021 dan 2022 yang sudah terkumpul melalui kuisioner yang dibagikan. Penelitian ini menggunakan metode structurual equation modelling (SEM) untuk menganalisis data serta menggunakan aplikasi SmartPLS 4.00 untuk mengolah data. Hasil dari analisis data dan olah data yang didapatkan dalam penelitian ini adalah pengetahuan kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan usaha mahasiswa kewirausahaan serta motivasi kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan usaha mahasiswa kewirausahaan dan untuk pengetahuan kewirausahaan dan motivasi kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan usaha mahasiswa kewirausahaan.
The development of the growing business has created business competition to compete in the market. To build a business, business actors also need knowledge and motivation in running entrepreneurship so that they can achieve the desired business success. In recent years, the development of economic activity in Indonesia has increased significantly compared to the previous year. This study aims to determine the effect of entrepreneurial knowledge and entrepreneurial motivation on the success of entrepreneurial students in the 2021 and 2022 intakes at Tarumanagara University. The sample used in this study was entrepreneurship students in the 2021 and 2022 intakes at Tarumanagara University who had taken entrepreneurship courses. The sampling technique used in this study was non-probability sampling with a sample selection technique using purposive sampling with 100 respondents who were entrepreneurship students in the 2021 and 2022 intakes who had been collected through distributed questionnaires. This study uses the structural equation modeling (SEM) method to analyze data and uses the SmartPLS 4.00 application to process data. The results of data analysis and data processing obtained in this study are that entrepreneurial knowledge has an influence on the success of entrepreneurial students' businesses and entrepreneurial motivation has an influence on the success of entrepreneurial students' businesses and entrepreneurial knowledge and entrepreneurial motivation have an influence on the success of entrepreneurial students' businesses.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.,/p>
References
Aini, Q., & Oktafani, F. (2020). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 17(2), 151-159. https://doi.org/10.31849/jieb.v17i2.3845
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Pilar, 14(1), 15-31.
Fatmasari, A. I., Dwiyanti, D., & Patricia, A. G. (2023). Pengaruh kreativitas, inovasi, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha pada UMKM. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 10(4), 1233-44.
Jefferey, J., & Handoyo, S. E. (2020). Pengaruh karakteristik kewirausahaan, motivasi, dan kepemimpinan transformasional terhadap keberhasilan usaha UKM makanan. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(4), 952-960. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9877
Laia, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha pada mahasiswa program studi manajemen STIE Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, Vol 5, Nomor 2.
Merline, M., & Widjaja, O. H. (2022). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, orientasi kewirausahaan, dan inovasi terhadap keberhasilan UKM alumni dan mahasiswa Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(2), 435-443. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18243
Muhtarom, A., Suprapto, H., & Agustin, M. J. (2021). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri, Sikap Mandiri, Kreativitas, dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha di masa kebiasaan baru pada anggota Pelita Akademi Lamongan. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penalaran), 6(1), 15-26.
Ndruru, N. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Motivasi Bisnis terhadap Keberhasilan Usaha pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 6(1), 54-65.
Nurhasanah, N., Perkasa, D. H., Magito, M., Fathihani, F., Abdullah, M. F., & Kamil, I. (2023). Keinginan Berwirausaha Mahasiswa pada Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, dan Kreativitas Berwirausaha. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), 27-44.
Sanjaya, S., & Handoyo, S. E. (2024). Pengaruh efikasi diri, pengetahuan kewirausahaan, motivasi kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 6, 472-477. https://doi.org/10.24912/jmk.v6i2.29851
Shanty, A. N., & Subroto, W. T. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Journal of Management and Bussiness, 5(2), 1634-1645.
Srimulyani, V. A., & Hermanto, Y. B. (2021). Impact of entrepreneurial self-efficacy and entrepreneurial motivation on micro and small business success for food and beverage sector in east Java, Indonesia. Economies, 10(1), 10.
Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1-12.
Syahroni, M. I. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. eJurnal AI Musthafa, 2(3), 43-56.
Wardani, N. T., & Dewi, R. M. (2021). Pengaruh Motivasi, Kreativitas, Inovasi, dan Modal Usaha terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1), 93.