Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Inovasi, dan Media Sosial terhadap Keberhasilan Usaha

Main Article Content

Syahla Umniyyah
Sarwo Edy Handoyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan kewirausahaan, inovasi, dan media sosial terhadap keberhasilan usaha pada kedai kopi di Jakarta. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode convenience sampling. Sampel dalam penelitian ini merupakan pemilik kedai kopi di Jakarta dengan total sebanyak 103 responden. Data dianalisis menggunakan metode SEM dengan aplikasi SmartPLS 4.1. Hasil penelitian ini menemukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha, inovasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha dan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha.


 


This study aims to analyze the influence of entrepreneurial knowledge, innovation, and social media on business success in coffee shops in Jakarta. The sample selection technique in this study uses non-probability sampling techniques with convenience sampling methods. The sample in this study was coffee shop owners in Jakarta with a total of 103 respondents. The data was analyzed using the SEM method with the SmartPLS 4.1 application. The results of this study found a positive and significant influence of entrepreneurial knowledge on business success, innovation has a negative and significant effect on business success and social media has a positive and significant effect on business success.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Syahla Umniyyah, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Sarwo Edy Handoyo, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Alkachvi, M. D. (2019). Pengaruh kreativitas dan inovasi produk terhadap keberhasilan usaha (survey pada pengusaha Sentra Sangkar Burung Sukahaji Bandung. Disertasi Universitas Komputer Indonesia.

Arifudin, O., Juhadi, J., Tanjung, R., & Hendar, H. (2020). Pendampingan peningkatan inovasi produk makanan khas Subang Jawa Barat. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(6), 1094-1106. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i6.2813

Chairifa, F. (2017). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan keterampilan berwirausaha terhadap keberhasilan usaha pada kuliner Pajak Usu Karona Padang Bulan Medan. Disertasi Universitas Sumatera Utara.

Dailey, P. R. (2009). Social media: Finding its way into your business strategy and culture. Burlington: Linkage.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. CV Indoprint.

Gebauer, H., & Saul, C. J. (2014). Business model innovation in the water sector in developing countries. Science of the Total Environment, 488, 512-520.

Gunawan, D., & Monika, R. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Dan Efikasi Diri Terhadap Keberhasilan Wirausaha Dengan Inovasi Sebagai Variabel Mediasi Pada Pelaku UMKM. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 5(2), 179-187.

Kurniawan, A., & Ridlo, M. R. (2017). Perilaku konsumtif remaja penikmat warung kopi. Dilema, 32(1), 9-22.

Lai, A., & Widjaja, O. H. (2023). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, kreativitas, dan inovasi terhadap keberhasilan UMKM kedai kopi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(3), 576-584. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i3.25336

Machmud, S., & Sidharta, I. (2014). Business models for SMEs in Bandung: Swot analysis.

Malhotra, N. K. (2015). Essentials of marketing research: A hands-on orientation. Essex: Pearson.

Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen cafe kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), 134-146.

Moelrine, A. F., & Syarif, R. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Karakteristik Kewirausahaan dan Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan UMKM Desa Bojong Kulur. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 127-137.

Mohammadian, M., & Mohammadreza, M. (2012). Identify the success factors of social media (marketing perspective). International Business and Management, 4(2), 58-66.

Muzaki. (2016). Pengaruh karakteristik, minat, dan motivasi wirausaha terhadap keberhasilan usaha pada UMKM. Skripsi Universitas Kediri.

Ririn Handayani, S. M. (2020). Metodologi Penelitian Sosial .

Samuel, B. S., & Sarprasatha, J. (2016), “Entrepreneurship in Social-Media Services in Oman – A Socio-Economic Scanning of the Sultanate”. Asian Social Science, Vol. 12 No. 4, p. 138.

Schaltegger, S., & Wagner, M. (2011). Sustainable entrepreneurship and sustainability innovation: categories and interactions. Business strategy and the environment, 20(4), 222-237.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons.

Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 131-143.

Setiawan, H., Erdogan, B., & Ogunlana, S. O. (2017). Innovativeness: A Key Factor to Support Contractors’ Business Success. Procedia Engineering, 171, 379–386.

Soelaiman, L., & Utami, A. R. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi media sosial Instagram dan dampaknya terhadap kinerja UMKM. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 124-133. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i1.11104

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung.

Suryana. (2013). Kewirausahaan, Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Edisi Empat. Jakarta: Salemba Empat.

Ukpere, C. L., Slabbert, A. D., & Ukpere, W. I. (2014). Rising trend in social media usage by women entrepreneurs across the globe to unlock their potentials for business success.

Veron, V., & Victor, V. (2022). Analisis Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Kemandirian Pribadi Terhadap Keberhasilan Usaha Pedagang Kuliner DiAsia Mega Mas Medan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 12(1), 49-57.

Wijaya, W. R., & Handoyo, S. E. (2023). Pengaruh media sosial, kreativitas, motivasi terhadap keberhasilan usaha UMKM Kuliner Jakarta Utara. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(3), 797-804. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i3.25449