Faktor-Faktor yang Memengaruhi Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas Swasta di Jakarta

Main Article Content

Selvy Julia
Frangky Selamat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh efikasi diri, motivasi, dan dukungan keluarga terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa universitas swasta di Jakarta serta menguji peran pendidikan kewirausahaan sebagai variabel mediasi pada pengaruh efikasi diri, motivasi, dan dukungan keluarga terhadap intensi berwirausaha. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data dari 208 responden yang merupakan mahasiswa aktif dari universitas swasta di Jakarta. Dalam penelitian ini, pemilihan sampel dilakukan melalui non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan metode PLS-SEM menggunakan software SmartPLS versi 4.0. Hasil dari penelitian ini adalah efikasi diri memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha, motivasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha, dukungan keluarga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha, pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha, efikasi diri memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pendidikan kewirausahaan, motivasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pendidikan kewirausahaan, dukungan keluarga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pendidikan kewirausahaan, pendidikan kewirausahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam memediasi hubungan efikasi diri dengan intensi berwirausaha, pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh yang signifikan dalam memediasi motivasi dengan intensi berwirausaha, serta pendidikan kewirausahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam memediasi hubungan dukungan keluarga dengan intensi berwirausaha.

This research aims to test and determine the influence of self-efficacy, motivation and family support on entrepreneurial intentions among private university students in Jakarta and to test entrepreneurship education as a mediator between self-efficacy, motivation and family support and entrepreneurial intentions. The research method used was a quantitative approach by collecting data from 208 respondents who were active students from private universities in Jakarta. In this research, sample selection was carried out through non-probability sampling using purposive sampling techniques. Data analysis was carried out using the PLS-SEM method using SmartPLS version 4.0 software. The results of this research are that self-efficacy has a positive and significant influence on entrepreneurial intentions, motivation has a positive and significant influence on entrepreneurial intentions, family support has a positive and significant influence on entrepreneurial intentions, entrepreneurship education has a positive and significant influence on entrepreneurial intentions, self-efficacy has a positive and significant influence towards entrepreneurship education, motivation has a positive and significant influence on entrepreneurship education, family support has a positive and significant influence on entrepreneurship education, entrepreneurship education does not have a significant influence in mediating the relationship between self-efficacy and entrepreneurial intention, entrepreneurship education has a significant influence in mediating motivation with intention entrepreneurship, and entrepreneurship education do not have a significant influence in mediating the relationship between family support and entrepreneurial intentions.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Selvy Julia, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Frangky Selamat, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179-211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Asmuruf, T. A., & Soelaiman, L. (2022). Entrepreneurship intentions among vocational school students in Sorong Regency - West Papua. Dalam Proceedings of the 3rd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities, 1301-1306. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220404.208

Cui, J., & Bell, R. (2022). Behavioural entrepreneurial mindset: how entrepreneurial education activity impacts entrepreneurial intention and behaviour. International Journal of Management Education, 20(2), 100639. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100639

DetikEdu. (2023). Biang Keladi Lulusan Perguruan Tinggi Masih Banyak yang Nganggur. Diakses September 20, 2023, dari DetikJabar: https://bit.ly/48KyLAK

Duong, C. D., dan Vu, N. X. (2023). Entrepreneurial Education and Intention: Fear of Failure, Self-Efficacy and Gender. Journal of Small Business and Enterprise Development, 1462-6004. https://doi.org/10.1108/JSBED-02-2023-0057

Hamid, R. S., dan Anwar, S. M. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian: Konsep Dasar dan Aplikasi Program Smart PLS 3.2.8. Dalam Riset Bisnis. Jakarta: PT Inkubator Penulis Indonesia.

Harahap, M. A. K., et al. (2023). Analyse the Role of Family in Entrepreneurship Education: Effective Support and Assistance. Journal on Education, 5(4), 14563- 14570.

Hassan, A., et al. (2020). Entrepreneurial Intention of Indian University Students: The Role of Opportunity Recognition and Entrepreneurship Education. Education and Training, 62(7/8), 843-861. https://doi.org/10.1108/ET-02-2020-0033

Martínez-Gregorio, S., L. Badenes-Ribera, L., dan Oliver, A. (2021). Effect of Entrepreneurship Education on Entrepreneurship Intention and Related Outcomes In Educational Contexts: A Meta-Analysis. International Journal of Management Education, 19(3), 100545. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100545

Metty, P. F., & Slamet, F. (2023). Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa universitas swasta di Jakarta Barat: efikasi diri dan motivasi sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(3), 697-707. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i3.25410

Paliwal, M., et al. (2022). Assessing the Role of Creativity and Motivation to Measure Entrepreneurial Education and Entrepreneurial Intention. International Journal of Educational Management, 36(5), 854-874. https://doi.org/10.1108/IJEM-05-2021-0178

Pham, H. H., dan Le, T. L. (2023). Entrepreneurial Education and Entrepreneurial Intention Among Higher Education Students in Vietnam: Do Entrepreneurial Self-Efficacy and Family Support Matter? Higher Education, Skills and Work-Based Learning, 13(2), 403-422. https://doi.org/10.1108/HESWBL-10-2022-0213

Saoula, O., et al. (2023). Do Entrepreneurial Self-Efficacy, Entrepreneurial Motivation, and Family Support Enhance Entrepreneurial Intention? The Mediating Role of Entrepreneurial Education. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 17(1), 20-45. https://doi.org/10.1108/APJIE-06-2022-0055

Saptowalyono, C. A. (2022). Suntikkan Optimisme, Presiden Jokowi: Selalu Ada Peluang di Setiap Kesulitan. Diakses October 18, 2023, dari Kompas.id: https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2022/08/23/suntikkan-optimisme-presiden-jokowi-selalu-ada-peluang-di-setiap-kesulitan

Shen, T., Settles, A. M., dan Osorio, A. E. (2017). Does Family Support Matter? The Influence of Support Factors on Entrepreneurial Attitudes and Intentions of College Students. Academy of Entrepreneurship Journal, 23(1), 24-43. http://dx.doi.org/10.5465/AMBPP.2017.10901abstract

Soelaiman, L., Puspitowati, I., & Selamat, F. (2022). Peran model panutan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa melalui penerapan teori perilaku terencana. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 320-329. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.20387

Trading Economics. (2023). Indonesia Unemployment Rate. https://tradingeconomics.com/indonesia/unemployment-rate