Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, dan Lingkungan Sosial terhadap Intensi Berwirausaha

Main Article Content

Rachel Monica Winata
Sarwo Edy Handoyo

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan memiliki tujuan untuk menganalis pengaruh pendidikan kewirausahaan, efikasi diri, dan lingkungan terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa Universitas Tarumanagara. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik non probability sampling degan metode convinience sampling. Penelitian ini mengkhususkan sampel pada mahasiswa yang sedang menempuh gelar sarjana pada Universitas Tarumanagara yang berjumlah 120 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha, efikasi diri memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha, lingkungan sosial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha,” serta lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Universitas Tarumanagara.

This research aims to analyze the influence of entrepreneurship education, self-efficacy, and the environment on entrepreneurial intentions among Tarumanagara University students. The sample selection technique employed in this study is non-probability sampling using the convenience sampling method. The study specifically targets undergraduate students at Tarumanagara University, with a total of 120 respondents. The research results indicate that entrepreneurship education has a positive and significant influence on the entrepreneurial intentions. Self-efficacy also has a positive and significant influence on the entrepreneurial intentions. Social environment have positive and significant influences on the entrepreneurial intentions. Family environment have negative and insignificant influences on the entrepreneurial intentions of Tarumanagara University students

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Rachel Monica Winata, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Sarwo Edy Handoyo, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Agusra, D. (2021). Pengaruh pengetahuan, motivasi dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Manajemen. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 2(1), 68-76. https://doi.org/10.37385/msej.v2i1.171

Ahmad, N. F. (2019). Pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Disertasi Universitas Negeri Makassar.

Ardiyani, N. P. P., & Kusuma, A. A. A. (2016). Pengaruh sikap, pendidikan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Disertasi Universitas Udayana.

Blegur, A., & Handoyo, S. E. (2020). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, efikasi diri dan locus of control terhadap intensi berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(1), 51-61. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i1.7424

Darmanto, S. (2013). Pengaruh Perceived Desirability, Perceived Feasibility, Propensity to Act terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 85-59.

Le, T. T., Nguyen, T. H., Ha, S. T., Nguyen, Q. K., Tran, N. M., & Duong, C. D. (2023). The Effect of Entrepreneurial Education On Entrepreneurial Intention Among Master Students: Prior Self-Employment Experience As A Moderator. Central European Management Journal.

Mingkid, R. A. F. (2023). Pengaruh Undang-Undang Cipta Kerja (Omnibuslaw) terhadap Sistem Permodalan dan Izin Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Lex Privatum, 11(2).

Nabi, G., Walmsley, A., Liñán, F., Akhtar, I., & Neame, C. (2018). Does Entrepreneurship Education In The First Year of Higher Education Develop Entrepreneurial Intentions? The Role of Learning and Inspiration. Studies in Higher Education, 43(3), 452-467.

Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309-3321.

Saragih, F., Munawar, A., Simanungkalit, E. F. B., & Sihotang, J. A. T. (2022). Lingkungan dan Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 9(2), 73-83.

Syaifudin, A., & Sagoro, E. M. (2017). Pengaruh Kepribadian, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 5(8).

Wijaya, W., & Handoyo, S. E. (2022). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, empati dan dukungan sosial terhadap intensi berwirausaha sosial mahasiswa. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(2), 546-555. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18263