Dampak Inovasi, Kesadaran Merek, dan Kualitas Produk terhadap Penjualan OPPO di Jabodetabek

Isi Artikel Utama

Natasya Veronica
Arifin Djakasaputra

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan 1) pengaruh inovasi produk terhadap kinerja penjualan smartphone Oppo di Wilayah Jabodetabek 2) pengaruh kesadaran merek terhadap kinerja penjualan smartphone Oppo di Wilayah Jabodetabek 3) pengaruh kualitas produk terhadap kinerja penjualan smartphone Oppo di Wilayah Jabodetabek. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Google Form online dengan total 150 responden. Pengolahan data penelitian ini menggunakan SmartPLS 4.1.0.0. Sampel dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone Oppo di Wilayah Jabodetabek. Hasil dari penelitian ini adalah 1) inovasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan smartphone Oppo di Wilayah Jabodetabek 2) kesadaran merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan smartphone Oppo di Wilayah Jabodetabek 3) kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan smartphone Oppo di Wilayah Jabodetabek sehingga ketiga variabel tersebut dapat memperkuat kesadaran kewirausahaan dan pola pikir kewirausahaan toko penjual Oppo.

The purpose of this study is to determine 1) the influence of product innovation on the sales performance of OPPO smartphones in the Jabodetabek area, 2) the influence of brand awareness on the sales performance of OPPO smartphones in the Jabodetabek area, and 3) the influence of product quality on the sales performance of OPPO smartphones in the Jabodetabek area. The sampling technique used in this study is non-probability sampling with purposive sampling technique. Data were collected using an online Google Form questionnaire with a total of 150 respondents. Data processing in this study utilized SmartPLS 4.1.0.0. The sample in this study consists of OPPO smartphone users in the Jabodetabek area. The results of this study show that 1) product innovation has a positive and significant influence on the sales performance of OPPO smartphones in the Jabodetabek area, 2) brand awareness has a positive and significant influence on the sales performance of OPPO smartphones in the Jabodetabek area, and 3) product quality has a positive and significant influence on the sales performance of OPPO smartphones in the Jabodetabek area. Thus, these three variables can strengthen entrepreneurial awareness and the entrepreneurial mindset of OPPO retailers.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Natasya Veronica, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Arifin Djakasaputra, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Referensi

Aghitsni, W., & Busyra, N. (2022). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor di kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi, 6(3), 38-51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271

Anderson, J., & Hidayah, N. (2023). Pengaruh kreativitas produk, inovasi produk, dan kualitas produk terhadap kinerja UKM. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(1), 185–194. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i1.22566

Ariani, L., Utami, P. R. H., & Violinda, Q. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja usaha pada nasabah KUR BRI Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, 3(1), 82–93. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v3i1.369

Databoks. (2024). 10 negara yang kecanduan ponsel, Indonesia juara satu. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/28717c17f789012/10-negara-yang-kecanduan-ponsel-indonesia-juara-satu, diakses pada tanggal 28 September 2024.

Dwi Vidiastutik, C., & Kartono, K. (2024). The Effect of Competitive Strategy and Product Quality on Business Performance Study On: Unilever Indonesia Tbk. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 5(03), 461–469. https://doi.org/10.59141/jiss.v5i03.1046

Ghieska Maharani, & Gitanissya Azzahra. (2023). Systematic Literature Review: Kebijakan Digital Marketing dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1), 25-35. https://doi.org/10.62017/jimea.v1i1.84

Hadi, N. (2023). Shaping Smartphone Purchase Decisions with Brand Image Analysis, Product Quality, and Compelling Prices. Kinerja: Jurnal Manajemen Organisasi Dan Industri, 2(2), 115–125. https://doi.org/10.37481/jmoi.v2i2.107

Juliani, V., & Ie, M. (2024). Pengaruh orientasi kewirausahaan dan kompetensi kewirausahaan terhadap kinerja usaha dengan dimediasi kesiapan sumber daya manusia. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 259–273. https://doi.org/10.24912/jmieb.v8i1.29775

Kalra, A., Itani, O. S., & Rostami, A. (2023), "Can salespeople use social media to enhance brand awareness and sales performance? The role of manager empowerment and creativity", Journal of Business & Industrial Marketing, Vol. 38 No. 8, pp. 1738-1753. https://doi.org/10.1108/JBIM-01-2022-0056

Kofi Mante, G. D., Abdul Kohar, U. H., & Martey, E. M. (2023). Brand awareness and firm performance: The mediating role of brand love. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 12(4). https://doi.org/10.6007/ijarems/v12-i4/19899

Kompas. (2024). IDC: 5 besar vendor smartphone di Indonesia 2023, Samsung teratas. https://tekno.kompas.com/read/2024/02/23/11000087/idc--5-besar-vendor-smartphone-di-indonesia-2023-samsung-teratas, diakses pada tanggal 27 September 2024.

Lorensa, E., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh inovasi produk, orientasi pasar dan media sosial terhadap kinerja UMKM fashion. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(3), 739–748. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19768

Muhammad Bahtiar Andika Putra, & Wuryaningsih Dwi Lestari. (2023). Pengaruh Kesadaran Merek Loyalitas Merek Dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Smartphone Iphone Di Surakarta. Jurnal Ekuilnomi, 5(1), 165. https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v5i1.842

Munawar, M. M., Hurriyati, R., Disman, D., & Gaffar, V. (2023). Improving business performance through entrepreneurial orientation, product innovation, and co-creation value. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 6(3), 618–625. https://doi.org/10.53894/ijirss.v6i3.1694

Puspita Sari, A., Haryono, T., & Suryandari, T. (2022). The role of Product Innovation, product quality, and market orientation on MSME business performance with competitive advantages as a mediation variable. International Journal of Education and Social Science Research, 05(06), 177–199. https://doi.org/10.37500/ijessr.2022.5614

Puspitowati, I., Firdausy, C. M., & Handoyo, S. E. (2024). Kinerja usaha UMK melalui dukungan keluarga, akses finansial dan inovasi produk. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 129–140. https://doi.org/10.24912/jmieb.v8i1.29509

Subyanca, V., & Handoyo, S. E. (2022). Faktor-faktor penentu keunggulan daya saing UMKM makanan dan minuman di Jakarta Barat. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 6(5), 509–514. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i5.20303