Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Merek pada Produk Pakaian Olahraga di Jakarta

Main Article Content

Dwi Sekar Sari
Galuh Mira Saktiana

Abstract

Loyalitas merek dianggap sebagai elemen penting dalam mempertahankan keberlanjutan bisnis. Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas merek seperti pengalaman merek, persepsi kualitas dan kepercayaan merek merupakan salah satu aspek penting dalam strategi bisnis. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh pengalaman merek, persepsi kualitas dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Jakarta yang mengetahui merek pakaian olahraga Under Armour. Metode pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring dengan total responden yang terkumpul sebanyak 260 responden. Alat analisis data menggunakan SmartPLS 3.0 dengan metode PLS-SEM (Partial Square – Structural Equation Modelling). Hasil analisis menunjukkan bahwa: Pengalaman merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Pengalaman merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kualitas. Pengalaman merek memiliki pengaruh positif terhadap kepercayaan merek. Persepsi kualitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Kepercayaan merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Persepsi kualitas dapat memediasi pengaruh pengalaman merek terhadap loyalitas merek. Kepercayaan merek dapat memediasi pengaruh pengalaman merek terhadap loyalitas merek. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa variabel pengalaman merek, persepsi kualitas dan kepercayaan merek dapat berpengaruh untuk meningkatkan loyalitas merek.

Brand loyalty is considered an important element in maintaining business sustainability. Understanding the factors that influence brand loyalty such as brand experience, perceived quality and brand trust is an important aspect of business strategy. This research was conducted to examine the influence of brand experience, perceived quality and brand trust on brand loyalty. The population in this study are Jakarta residents who know the Under Armor sportswear brand. The sampling method used nonprobability sampling with a purposive sampling technique using a questionnaire distributed online with a total of 260 respondents collected. The data analysis tool uses SmartPLS 3.0 with the PLS-SEM (Partial Square - Structural Equation Modeling) method. The analysis results show that: Brand experience has a positive and significant influence on brand loyalty. Brand experience has a positive and significant influence on perceived quality. Brand experience has a positive influence on brand trust. Perceived quality has a positive and significant influence on brand loyalty. Brand trust has a positive and significant influence on brand loyalty. Perceived quality can mediate the influence of brand experience on brand loyalty. Brand trust can mediate the influence of brand experience on brand loyalty. From these results it can be concluded that the variables of brand experience, perceived quality and brand trust can have an effect on increasing brand loyalty.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Dwi Sekar Sari, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Galuh Mira Saktiana, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Akoglu, H. E., & Özbek, O. (2022). The effect of brand experiences on brand loyalty through perceived quality and brand trust: a study on sports consumers. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 34(10), 2130-2148. https://doi.org/10.1108/APJML-05-2021-0333

Budihardja, L., & Sitinjak, T. (2022). Pengaruh identitas merek, citra merek, dan kepercayaan merek terhadap loyalitas pada konsumen sepatu Nike di Jakarta. Jurnal Manajemen, 11(2), 1-8. https://doi.org/10.46806/jm.v11i2.870

Christian, I. D., Hayat, M., & Pakpahan, A. (2023). Pengaruh Brand Experiences terhadap Brand Loyalty yang Dimediasi oleh Perceived Quality dan Brand Trust pada Konsumen Produk Olahraga. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4607-4620. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4079

Eslami, S. (2020). The effect of brand experience on brand equity and brand loyalty through the mediating role of brand awareness, brand image and perceived quality. Archives of Pharmacy Practice, 11(1), 98-104.

Garson (2016). Partial Least Squares: Regression & Structural Equation Models. New York: Statistical Publishing Associates.

Hair, J., Hult, G., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2014). A Primier On Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). America: Sage Publication, Inc.

Hensel, A. (2020). ‘Left out in the cold’: Why Under Armour’s app strategy failed. Modern Retail. Terdapat di: https://www.modernretail.co/retailers/left-out-in-the-cold-why-under-armours-app-strategy-failed/ , diakses pada 22 September 2023.

Janitra, R., & Tjokrosaputro, M. (2022). Pengaruh brand experience, brand personality, dan brand satisfication terhadap brand loyalty produk sepatu Compass pada Generasi Z di Jakarta. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(2), 472-480. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18254

Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research. Amerika Serikat: Pearson UK.

Mauliddinia, A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Pengalaman Merek Dalam Proses Membangun Merek Sepatu Lokal. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 2(4), 177-190. https://doi.org/10.30640/digital.v2i4.1777

Mordor Intelligence. Sports Apparel Market Size & Share Analysis - Growth Trends & Forecasts (2024 - 2029). Terdapat di: https://www.mordorintelligence.com/industry-reports/global-sports-apparel-market-industry , diakses pada 22 September 2023.

Pratama, Y. A., & Tunjungsari, H. K. (2022). Pengaruh pengalaman merek pada loyalitas merek produk merchandise klub sepak bola Bali United dengan mediasi kepuasan dan ketidakpastian. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(1), 224-234. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i1.18436

Rahmat, W. M., & Kurniawati, K. (2022). The Influence of Brand Experience on Brand Loyalty through Perceived Quality, Brand Trust and Customer Satisfaction as Mediation. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), 215-231. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2550

Sari, D. P., & Annisa, I. T. (2023). Pengalaman dan kepercayaan merek dalam membangun loyalitas pada perlengkapan luar ruangan Eiger dengan kecintaan merek sebagai mediasi. Journal of Applied Business and Economic, 9(3), 268-280. http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v9i3.15010

Son, D. H., Al Birruni, Z. A., & Arafah, W. (2023). Pengaruh Pengalaman Merek pada Loyalitas Merek melalui Persepsi Kualitas dan Kepercayaan Merek terhadap Produk Sepatu Olahraga Sepatu Nike. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17784-17787. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9183

Wetzels, M., Odekerken-Schröder, G., & Oppen, C. V. (2009). Using PLS path modeling for assessing hierarchical construct models: guidelines and empirical illustration. MIS quarterly, 33(1), 177-196. https://doi.org/10.2307/20650284

Winnie, W., & Keni, K. (2020). Prediksi brand experience dan perceived quality terhadap brand loyalty: brand trust sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(2), 501-509. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i2.7944

Yolanda, V., & Keni, K. (2022). Customer brand engagement dan brand experience untuk memprediksi brand loyalty skincare lokal: variabel brand trust sebagai variabel mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 380-393. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.19506