Pendidikan Kewirausahaan, Kreativitas, dan Niat Berwirausaha Mahasiswa Psikologi

Main Article Content

Andre Yaputra
Nur Hidayah

Abstract

Negara Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA). Kekayaan dalam bidang SDM dan SDA haruslah dikelola dengan baik sehingga mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan bangsa kedepannya. Data statistik yang didapatkan masih terdapat 4,82% masyarakat Indonesia yang masih merupakan pengangguran terbuka. Cara alternatif yang bisa diterapkan guna menuntaskan permasalahan berikut adalah dengan cara memberdayakan SDM yang ada melalui program kewirausahaan. Berangkat dari penyataan tersebut terdapat beragam aspek yang disinyalir mampu meningkatkan niat berwirausaha pada generasi muda, salah dua nya adalah Pendidikan kewirausahaan dan kreativitas yang diasah sejak masih belajar di sekolah ataupun perguruan tinggi. Penelitian ini ditujukan untuk melihat apakah terdapat pengaruh variabel Pendidikan kewirausahaan dan kreativitas terhadap niat berwirausaha mahasiswa psikologi Universitas Tarumanagara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan penggunaan metode purposive sampling sehingga seluruh populasi memiliki kesempatan yang sama dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Sampel dalam penelitian berjumlah 95 mahasiswa jurusan psikologi Universitas Tarumanagara. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha, namun untuk kreativitas dinyatakan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap niat berwirausaha. Kesimpulan penelitian ini adalah perlu dilanjutkannya pendidikan kewirausahaan dan konsistensi perguruan tinggi untuk terus menciptakan lingkungan yang mendukung munculnya ide kreatif dari setiap mahasiswa sehingga kepercayaan diri mahasiswa bisa terus meningkat dan niat berwirausaha akan tumbuh dengan perlahan.

Indonesia is a country that is very rich in Human Resources (HR) and Natural Resources (SDA). Wealth in the fields of human resources and natural resources must be managed properly so that it can have a positive impact on the future development of the nation. The statistics obtained show that there are still 4.82% of Indonesian people who are still open unemployed. The alternative way that can be applied to solve the following problems is by empowering existing human resources through entrepreneurship programs. Departing from this statement, there are various aspects that are allegedly able to increase entrepreneurial intentions in the younger generation, one of which is entrepreneurship education and creativity honed since they are still studying at school or college. This study aims to see whether there is an effect of entrepreneurship education variables and creativity on entrepreneurial intentions of psychology students at Tarumanagara University. This study uses descriptive quantitative methods and the use of purposive sampling method so that the entire population has the same opportunity to be selected as a sample in this study. The sample in the study amounted to 95 students majoring in psychology Tarumanagara University. The results of this study state that there is a positive and significant influence between entrepreneurship education on entrepreneurial intention, but for creativity is stated to have a positive but insignificant effect on entrepreneurial intention. The conclusion of this study is the need to continue entrepreneurship education and consistency from universities to continue to create an environment that supports the emergence of creative ideas from each student so that the confidence of students can continue to increase and entrepreneurial intentions will grow slowly.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Andre Yaputra, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Nur Hidayah, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Aurellia, K., & Puspitowati, I. (2023). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, kreativitas, dan efikasi diri kewirausahaan terhadap niat berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(3), 677-686. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i3.25407

Badan Pusat Statistik. (28 Februari 2024). Statistik Ide 2024. Diakses pada 6 Agustus 2024, dari https://www.bps.go.id/ide/publication/2024/02/28/c1bacde03256343b2bf769b0/statistik-ide-2024.html

Bellò, B., Mattana, V., & Loi, M. (2018). The power of peers: a new look at the impact of creativity, social context and self-efficacy on entrepreneurial intentions. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 24(1), 214-233. https://doi.org/10.1108/IJEBR-07-2016-0205

Bignetti, B., Santos, A. C., Hansen, P. B., & Henriqson, E. (2021). The influence of entrepreneurial passion and creativity on entrepreneurial intentions. RAM. Revista de Administração Mackenzie, 22(2), 210082.

Biraglia, A., & Kadile, V. (2017). The Role of Entrepreneurial Passion and Creativity in Developing Entrepreneurial Intentions: Insights from American Homebrewers. Journal of Small Business Management, 55(1), 170–188. https://doi.org/10.1111/jsbm.12242

Daniel, D., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan dan motivasi berwirausaha terhadap niat berwirausaha mahasiswa. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(4), 944-952. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i4.13436

Darmawan, D. (2019). Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Serta Pengaruhnya Terhadap Niat berwirausaha. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 1(1), 16-21.

Djohan, H. A. (2021). Niat berwirausaha Ditinjau Dari Efikasi Diri Dan Kreativitas. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(01), 12-21.

Ghozali I. dan Latan H. 2015. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Ed. Ke-2. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gulzar, F., & Fayaz, A. (2021). Youth entrepreneurial intentions: an integrated model of individual and contextual factors. International Journal of Organizational Analysis.

Hägg, G., Politis, D., & Alsos, G. A. (2022). Does gender balance in entrepreneurship education make a difference to prospective start-up behaviour? Education + Training.

Hair, J.F., Astrachan, C.B., Moisescu, O.I., Radomir, L., Sarstedt, M., Vaithilingam, S. And Ringle, C.M. (2021). Executing and interpreting applications of PLS SEM: Updates for family business researchers. Journal of Family Business Strategy, 12(3), p.100392.

Hair, J.F., Risher, J.J., Sarstedt, M., & Ringle, C.M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European business review, 31(1), pp. 2-24.

Halizah, S. N., Darmawan, D., & Mardikaningsih, R. (2023). Pengaruh Lokus Kendali Internal, Kemandirian, Perilaku Produktif, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Sosial Terhadap Niat berwirausaha. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 4(1), 9-19.

Fernando, & Hidayah, N. (2023). Pengaruh efikasi diri, kreativitas, dan gairah berwirausaha terhadap niat berwirausaha pada mahasiswa. Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 81-89. https://doi.org/10.24912/jseb. v1i1.24626

Karyaningsih, R. P. D., & Wibowo, A. (2017). Hubungan Kreativitas, Efikasi Diri dan Niat berwirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 162-175.

Nguyen, T.T., & Do, D.N. (2023), Teaching for creativity and entrepreneurial intentions: an empirical study. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, Vol. 15 No. 4, pp. 766-785. https://doi.org/10.1108/JEEE-05-2021-0185

Nuringsih, K., & Adinagoro, K. (2023). Pengaruh edukasi kewirausahaan, preferensi risiko dan kreativitas terhadap niat berwirausaha. Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 123-133. https://doi.org/10.24912/jseb.v1i1.24938

Pancasari, D., & Pradikto, S. (2024). Pengaruh Pola Pikir Berkembang, Lingkungan Teman Sebaya, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Wiranegara. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 492-500.

Sari, A. I. C., Karlina, E., & Rasam, F. (2021). Peran Pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha dalam menumbuhkan sikap mental kewirausahaan peserta didik. Research and Development Journal of Education, 7(2), 403-412.

Saoula, O., Shamim, A., Ahmad, M. J., & Abid, M. F. (2022). Do entrepreneurial self-efficacy, entrepreneurial motivation, and family support enhance entrepreneurial intention? The mediating role of entrepreneurial education. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 17(1), 20-45.

Seligman, M. (2012). Flourish. Random House Australia.

Soelaiman, L., Keni, K., & Puspitowati, I. (2024). Empowering entrepreneurial intentions: educational support and self-efficacy in MBKM context. Jurnal Manajemen, 28(1), 23–44. https://doi.org/10.24912/jm.v28i1.1760