Membangun Wirausaha Masa Depan: Pemahaman terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha

Main Article Content

Vanessa Vanessa
Frangky Slamet

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dari pengaruh pendidikan kewirausahaan digital dan budaya kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa universitas di Jakarta dengan pola pikir kewirausahaan sebagai mediator. Pada penelitian ini dibutuhkan sebanyak 150 responden mahasiswa/i universitas di jakarta sebagai populasi, teknik pengambilan data yang digunakan adalah non-probability sampling menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Data analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik Partial Least Square (SmartPLS). Hasil dari penelitian adalah pendidikan kewirausahaan digital memiliki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan terhadap intensi berwirausaha, pendidikan kewirausahaan digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pola pikir kewirausahaan, budaya kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel intensi berwirausaha, kemudian pola pikir kewirausahaan dan pendidikan kewirausahaan digital, pola pikir kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel intensi berwirausaha dan pola pikir kewirausahaan memengaruhi secara positif dan signifikan dalam memediasi variabel pendidikan kewirausahaan dan budaya kewirausahaan dengan intensi kewirausahaan pada mahasiswa universitas di Jakarta.
 

The purpose of this study was to examine the effect of digital entrepreneurship education and entrepreneurial culture on entrepreneurial intention of university students in Jakarta with an entrepreneurial mindset as mediation. In this study, 150 respondents of university students in Jakarta were needed as a population, the data collection technique used was non-probability sampling using a questionnaire distributed online. The data analysis used in this research is using Partial Least Square (SmartPLS) technique. The results of the study are digital entrepreneurship education has a positive but insignificant effect on entrepreneurial intention, digital entrepreneurship education has a positive and significant effect on mindset, entrepreneurial culture has a positive and significant effect on entrepreneurial intention variables, after that entrepreneurial mindset and digital entrepreneurship education, entrepreneurial mindset has a positive and significant effect on entrepreneurial intention variables and entrepreneurial mindset affects positively and significantly in mediating entrepreneurship education variables and entrepreneurial culture with entrepreneurial intentions in university students in Jakarta.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Vanessa Vanessa, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Frangky Slamet, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179-211. http://dx.doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Ajzen, I. (2001). Nature and Operation of Attitudes. Annual Review of Psychology, 52, 27-58. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.52.1.27

Akuegwu, B. A., & Nwi-ue, F. D. (2016). Developing Entrepreneurship Culture among University Students in South-South, Nigeria. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(2), 315-324. https://doi.org/10.5901/MJSS.2016.V7N2S1P315

Aryan Eka Prastya Nugraha. (2017). Budaya Kewirausahaan Dan Implikasinya Pada Pertumbuhan Ekonomi Daerah.

Bauman, A., & Lucy, C. (2021). Enhancing entrepreneurial education: Developing competencies for success. The International Journal of Management Education, 19(1). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2019.03.005

Bogatyreva, K., Edelman, L. F., Manolova, T. S., & Osiyevskyy, O. (2019). When do entrepreneurial intentions lead to actions? The role of national culture. Journal of Business Research, 96(9), 309-321. http://dx.doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.11.034

Gibb, A. (2002). In pursuit of a new ‘enterprise’and ‘entrepreneurship’paradigm for learning: creative destruction, new values, new ways of doing things and new combinations of knowledge. International journal of management reviews, 4(3), 233–269.

Halimah, S. (2022). Analisis Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Sosial terhadap Intensi Berwirausaha melalui Sikap Berwirausaha sebagai Variabel Intervening. Jurnal Studi Manajemen Bisnis (JSMB), 2(2), 36-53.

Haynie, J. M., Shepherd, D., Mosakowski, E., & Earley, P. C. (2010). A Situated Metacognitive Model of the Entrepreneurial Mindset. Journal of Business Venturing, 25(2), 217-229.

Kardila & Puspitowati, I. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Pola Pikir Kewirausahaan, Kreativitas terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(4), 1026-1034. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i4.20566

Kooskora, M. (2020). The Role of an Entrepreneurial Mindset in Digital Transformation-Case Study of the Estonian Business School. Digital Entrepreneurship. https://doi.org/10.1007/978-3-030-53914-6_8

Krisantana, I. (2017). Pengaruh Budaya Berwirausaha Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Surabaya. Vol. 6 No. 2 (2018): Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya.

Lawati, E. H., Abdul, U. H., & Suleiman, E. S. (2022). Entrepreneurial culture in educational institutions: A scoping review. Cogent Business & Management, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1997237

Li Wei. (2006). Entrepreneurial Intention Among Intrenational Students: Testing A Model of Entrepreneurial Intention. Journal University of Illinois At Urbana-Champaign, 217 721-9969.

Lv, Y., Chen, Y., Sha, Y., Wang, J., An, L., Chen, T., Huang, X., Huang, Y., & Huang, L. (2021). How Entrepreneurship Education at Universities Influences Entrepreneurial Intention: Mediating Effect Based on Entrepreneurial Competence. Front. Psychol.

Soelaiman, L., Puspitowati, I., & Selamat, F. (2022). Peran Model Panutan terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa melalui Penerapan Teori Perilaku Terencana. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 320-329. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.20387

Meredith, W. (1993). Measurement invariance, factor analysis and factorial invariance. Psychometrika, 58, 525-543. https://doi.org/10.1007/BF02294825

Mukhtar, S., Wardana, L. W., Wibowo, B. S., & Narmaditya. (2021). Does entrepreneurship education and culture promote students’ entrepreneurial intention? The mediating role of entrepreneurial mindset. Cogent Educ, 8(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.1918849

Purwaningsih, N., & Megaster, T. (2019). Pengaruh Pola Pikir Kewirausahaan Dan Adversity Quotient Terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Tangerang). http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2144

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta: Yogyakarta.

Suroto, B. (2019). Pengaruh Budaya, Karakteristik Dan Motivasi Terhadap Intensi Berwirausaha Serta Dampaknya Pada Startup Usaha Mahasiswa di Kota Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 5(2), 136-140.

Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Suparno, & Sebayang, K. D. (2023). Bagaimana Pendidikan Kewirausahaan Digital Mendorong Niat Berwirausaha? Peran Media Sosial dan Intuisi Kewirausahaan. Ilmu Sosial & Humaniora. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100681

Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Saptono, A., Effendi, M. S., Mukhtar, S., & Shaflai, M. H. (2023). Does Digital Entrepreneurship Education Matter for Students’ Digital Entrepreneurial Intentions? The Mediating Role of Entrepreneurial Alertness. congent education, 10. https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2221164

Young, R., Wahlberg, L., Davis, E., & Abhari, K. (2020). Towards a Theory of Digital Entrepreneurship Mindset: The Role of Digital Learning Aptitude and Digital Literacy. Americas Conference on information system.