Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Inovasi terhadap Kinerja UMKM di Jakarta Barat

Main Article Content

Clement Yehezkiel Sugiantoputro
Oey Hannes Widjaja

Abstract

UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian nasional. Pertumbuhan UMKM di Indonesia juga mengalami peningkatkan dari tahun ke tahunnya. Akan tetapi, dalam menjalankan UMKM, terdapat sejumlah kesulitan atau tantangan serta hambatan. Penerapan orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan inovasi dapat meningkatkan kinerja usaha dan bertahan di pasar. Oleh karena itu, penting bagi para pemilik dan/atau pengelola UMKM untuk dapat menerapkan hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan inovasi terhadap kinerja UMKM. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 60 sampel dan dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Kuesioner digunakan dalam penelitian ini sebagai instrument penelitian dalam mendapatkan informasi dari responden Data diolah dengan menggunakan outer model analysis dan inner model analysis pada software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja UMKM. Sementara itu, inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM.
 

MSMEs have an important role in the national economy. The growth of MSMEs in Indonesia has also increased from year to year. However, in running MSMEs, there are several difficulties or challenges and obstacles. The application of entrepreneurial orientation, market orientation and innovation can improve business performance and survive in the market. Therefore, it is important for MSME owners and/or managers to be able to implement this. This research aims to determine the influence of entrepreneurial orientation, market orientation and innovation on the performance of MSMEs. The samples used were 60 samples and were selected using the purposive sampling method. The questionnaire was used in this research as a research instrument in obtaining information from respondents. Data was processed using outer model analysis and inner model analysis on SmartPLS 4 software. The results of the research showed that entrepreneurial orientation and market orientation had a positive and insignificant effect on the performance of MSMEs. Meanwhile, innovation has a positive and significant effect on the performance of MSMEs.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Clement Yehezkiel Sugiantoputro, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Oey Hannes Widjaja, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Ahmatang & Sari, N. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Usaha Dimediasi Keunggulan Bersaing pada UMKM di Pulau Sebatik. Inovasi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen, 18(3), 492-500. https://doi.org/10.30872/jinv.v18i3.11581

Anastasya, A. (2023). Data UMKM, Jumlah dan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia. Ukmindonesia.id. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/data-umkm-jumlah-dan-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-indonesia

Anderson, J. & Hidayah, N. (2023). Pengaruh Kreativitas Produk, Inovasi Produk, dan Kualitas Produk terhadap Kinerja UKM. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(1), 185–194. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i1.22566

Arifuddin, M. (2018). Pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja perusahaan dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi. Seminar Nasional dan the 5th Call for Syariah Paper.

Balaka, M. Y. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Dita & Soelaiman, L. (2021). Pengaruh Pengambilan Resiko, Inovasi, Proaktif, Competitive Aggessiveness dan Otonomi terhadap Kinerja Usaha Konveksi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(1), 186-195. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11304

Elvina, E. (2020). Pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja UMKM. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(1), 46–55. https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/jsh/article/view/794/522

Febrian, L. D., & Kristianti, E. (2020). Identifikasi faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi perkembangan UMKM. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 3(1), 23–35.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Hamel, C. & Wijaya, A. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Usaha UKM di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(4), 863–872. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9865

Intan, G. (2022, March 28). Jokowi Targetkan 30 Juta UMKM Go Digital pada 2024. VOA Indonesia; VOA Indonesia | Berita AS, Dunia, Indonesia, Diaspora Indonesia di AS. https://www.voaindonesia.com/a/jokowi-targetkan-30-juta-umkm-go-digital-pada-2024/6504633.html

KADIN Indonesia. (2024, April 18). UMKM Indonesia. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/

Liekyhung, L. & Soelaiman, L. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha UMKM DKI Jakarta yang Dimediasi oleh Kompetensi Kewirausahaan. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(3), 731-738. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19767

Lorensa, E. & Hidayah, N. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar dan Media Sosial terhadap Kinerja UMKM Fashion. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(3), 739-748. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19768

Prodjo, W. A. (2022, December 17). Tahun 2024, Pemerintah Targetkan Kontribusi Ekspor Produk UMKM Tembus 17 Persen. Kompas.com. https://umkm.kompas.com/read/2022/12/17/090000283/tahun-2024-pemerintah-targetkan-kontribusi-ekspor-produk-umkm-tembus-17-persen

Saori, S., Anugerah, D. M., Ayu, A. A., Ibrohim, I., & Mugni, K. A. (2021). Analisis kinerja pemasaran pada industri makanan. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2271–2276.

Sefanya, S., & Ie, M. (2024). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja UMKM dengan Dimediasi Keunggulan Kompetitif. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 6(2), 494-507. https://doi.org/10.24912/jmk.v6i2.29853

Sisi, S. (2019). Studi kinerja UMKM ditinjau dari orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi: kasus pada Lokbin Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat. Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.21009/JDMB.02.2.4

Sondra, T. C. & Widjaja, O. H. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi terhadap Kinerja Usaha UKM Bidang Konveksi di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(2), 500-508. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11897

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Surya, R. A. S., Afifah, U., Khoiriyah, M., & Oktari, V. (2022). Impact of entrepreneurship orientation, innovation, market orientation and total quality management on SME performance. International Journal of Organizational Behavior and Policy, 1(1), 37-50. https://doi.org/10.9744/ijobp.1.1.37-50

Usman, I., Maupa, H., Idrus, M., Haerani, S., & Nurjanna, N. (2020). Moderation effect of competence of knowledge and innovation: case of Bali. Business Process Management Journal, 26(6), 1307–1327. https://doi.org/10.1108/BPMJ-06-2019-0236

Utama, L. & Hartono, M. V. A. (2018). Pengaruh Sumber Daya Pemilik Waralaba terhadap Kinerja Penerima Waralaba dengan Orientasi Kewirausahaan sebagai Mediasi. Dalam Conference On Management and Behavioral Studies, 97-107.

Wahyuni, N. M. & Sara, I. M. (2020), The effect of entrepreneurial orientation variables on business performance in the SME industry context. Journal of Workplace Learning, 32(1), 35–62. https://doi.org/10.1108/JWL-03-2019-0033

Wicaksono, M. W. & Isa, M. (2023). Pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan dengan variabel inovasi sebagai mediasi terhadap kinerja usaha susu segar. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 357–374. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/4673/3059

Yaskun, M., Sudarmiatin, Hermawan, A., & Rahayu, W. P. (2023). The effect of market orientation, entrepreneurial orientation, innovation and competitive advantage on business performance of Indonesian MSMEs. International Journal of Professional Business Review, 8(4), 01–21 https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i4.1563