Pengaruh Kerjasama Tim dan Pelatihan terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja pada Karyawan

Main Article Content

Oliver Budi Wangge
Ronnie R. Masman

Abstract

Kinerja adalah faktor yang mengukur hasil kerja dari seorang karyawan dengan harapan atau ekspektasi yang diberikan perusahaan. Kinerja sendiri dapat dipengaruhi berbagai faktor salah satunya adalah kepuasan kerja. Karyawan dengan tingkat kepuasan kerja yang tinggi cenderung dapat menunjukan kinerja yang baik pada organisasi tempat mereka bekerja. Kepuasan kerja itu sendiri dapat dipengaruhi oleh kerjasama tim dan pelatihan. Pembentukan kerjasama tim yang baik serta mendukung karyawan akan meningkatkan kepuasan kerja yang akan berdampak pada meningkatnya kinerja. Pemberian pelatihan yang sesuai dapat mendukung pekerjaan karyawan dapat membuat karyawan merasakan kepuasan yang pada akhirnya membuat karyawan memaksimalkan kinerjanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kerjasama tim dan pelatihan terhadap kinerja melalui kepuasan kerja. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 48 responden. Metode pengambilan sampel adalah  non-probability sampling dengan jenis total sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kerjasama tim dan pelatihan berpengaruh terhadap kepuasan kerja sementara kerjasama tim dan pelatihan tidak berpengaruh terhadap kinerja dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja pada karyawan PT Boom Juara Emas.
 

Performance is a factor that measures the work results of an employee with the hopes or expectations given by the company. Performance itself can be influenced by various factors, one of which is job satisfaction. Employees with a high level of job satisfaction tend to show good performance in the organization where they work. Job satisfaction itself can be influenced by teamwork and training. Forming good teamwork and supporting employees will increase job satisfaction which will have an impact on increasing performance. Providing appropriate training can support employee work and can make employees feel satisfaction which ultimately makes employees maximize their performance. The purpose of this research is to determine the effect of teamwork and training on performance through job satisfaction. Researchers distributed questionnaires to 48 respondents. The sampling method is non-probability sampling with total sampling type. The data analysis method in this research is the quantitative method and Structural Equation Modeling (SEM) with the Partial Least Squares (PLS) approach. The results of this research state that teamwork and training have an effect on job satisfaction while teamwork and training have no effect on performance and job satisfaction has an effect on the performance of PT Boom Juara Emas employees.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Oliver Budi Wangge, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Ronnie R. Masman, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Bagozzi, R. P. & Yi, Y. (1988). On the Evaluation of Structural Equation Models. Journal of the Academy of Marketing Sciences, 16(1), 74-98. https://doi.org/10.1177/009207038801600107

Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling. Dalam Modern Methods for Business Research, 295-336 New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Gibson. (2003). Struktur Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Henseler, J. 2009. "On The Convergence of The Partial Least Squares Path Modeling Algorithm."

Kaswan. (2017). Psikologi Industri dan Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Lawasi, E. S. (2017). Pengaruh Komunikasi, Motivasi dan Kerjasama Tim terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan.

Malhotra, N. K. (2009). Riset Pemasaran . PT Indeks.

Mangkunegara, A. A. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompentensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Newstrom & Davis. 2007. Organizational Behavior: Human Behavior at Work. McGraw Hill.

Nicoleta Meslec, J. D. (2020). The role of teamwork on team performance, in extreme military environments: an empirical study. Team Performance Management, 325-339.

Poernomo, E. (2006). Pengaruh Kreativitas dan Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Manajer pada PT Jesslyn Cakes Indonesia Cabang Surabaya. Jurnal Ilmu-ilmu Ekonomi, 102-108.

Priansa, D. J. (2014). Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Ronnie Resdianto Masman, Y. Y. (2019). Job Performance and Government Banks: Evidence from Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change.

Setyo Riyanto, E. N. (2021). Effect of Work Motivation and Job Satisfaction on Employee Performance: Mediating Role of Employee Engagement. Problems And Perspective In Management.

Stephen Frenkel, X. G. (2019). How perceptions of training impact employee performance. Personnel Review, 163-183.

Syukur, A., & J. B. Ilyas. 2018. "Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Tiga Raksa Satria Tbk Makassar." Jurnal Mirai Management.