Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Inovasi dan Modal Usaha terhadap Keberlanjutan Usaha

Main Article Content

Misshell Chai
Sarwo Edy Handoyo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pemanfaatan media sosial, inovasi dan modalk usaha terhadap keberlanjutan usaha UMKM di Jakarta Barat. Metode penentuan sampel menggunakan metode non probability sampling
dengan jenis purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang di bagikan kepada 100 responden. Analsis data menggunakan analisis SEM PLS. Hasil analisis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media sosial, inovasi dan modalk usaha terhadap keberlanjutan usaha UMKM di Jakarta Barat.
 

The aim of this research is to determine and analyze the influence of the use of social media, innovation and business capital on the sustainability of MSME businesses in West Jakarta. The sample determination method uses a non-probability sampling method with purposive sampling type. The data collection method used a questionnaire which was distributed to 100 respondents. Data analysis used SEM PLS analysis. The results of the analysis conclude that there is an influence of the use of social media, innovation and business capital on the sustainability of MSME businesses in West Jakarta.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Misshell Chai, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Sarwo Edy Handoyo, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2018). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha ”Emping Jagung” di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1286-1295.

Arshad, A. S., Rasli, A., Arshad, A. A., & Zain, Z. M. (2014). The Impact of Entrepreneurial Orientation on Business Performance: A Study of Technology-based SMEs in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(3), 46-53. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.006

Azzahra, C. I., Suyanto, S., & Darmayanti, E. F. (2021) Pengaruh Kreativitas, Modal Usaha, Diversifikasi Produk dan Kebijakan Pemerintah terhadap Keberlanjutan Bisnis UMKM (Studi pada UMKM Bidang Perdagangan di Kelurahan Iringmulyo Kota Metro). Jurnal Akuntansi, 2(1), 104-112.

Bado, Basri, Muhammad Hasan, Andika Isma (2023) Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial dan Kreativitas Terhadap Modal Sosial Untuk Keberlanjutan Usaha Umkm Milenial. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7 (2): 15582-15603

Chatterjee, Sheshadri , Ranjan Chaudhuri, Georgia Sakka, Balakrishna Grandhi, Antonino Galati, Evangelia Siachou dan Demetris Vrontis (2021) Adoption of Social Media Marketing for Sustainable Business Growth of SMEs in Emerging Economies: The Moderating Role of Leadership Support. Sustainability, 1 (3): 1-16

Drucker, P. F. (2012). Inovasi dan Kewiraswastaan. Jakarta: Erlangga

Haryo Santoso dan Yengky Imam Susanto (2014) Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Di Klaster Industri Mebel Kabupaten Blora. Journal of Industrial Engineering Management. Volume : Vol 9, No.1: 1-10

Irfan, Fahmi Muhammad, Suharto dan Hanif (2023) Pengaruh Modal Usaha dan Product Innovation Terhadap Eksistensi UMKM dengan Digital Marketing Sebagai Variabel Moderating dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. 9 (01): 1-20

Jumingan. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Lai, A. & Widjaja, O. H. (2023) Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Kreativitas, dan Inovasi terhadap Keberhasilan UMKM Kedai Kopi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(3), 576-584. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i3.25336

Lumpkin, G. T., & Dess, G. G. (1996). Clarifying the entrepreneurial orientation construct and linking it to performance. Academy of Management Review, 21(1), 135-172.

Luthen, M. D. & Soelaiman, L. (2022). Factors Affecting the Use of Social-Media TikTok to Improve SME Performance. Dalam International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities, 212-217. https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.220404.033

Mention, Anne-Laure, Barlatier, Pierre-Jean, & Josserand, Emmanuel, (2019). Using social media to leverage and develop dynamic capabilities for innovation. Technological Forecasting and Social Change. 144(C): 242-250.

Pamungkas. (2017). Pengaruh Modal, Kualitas Sumber Daya Manusia (Sdm) Dan Promosi Terhadap Pemberdayaan UMKM (Studi Kasus Pada Pemilik Usaha di Sekitar Pasar Babadan, Ungaran). Jurnal Manajemen Bisnis. 6 (12): 45-65.

Pasolo, Muhammad Ridhwansyah, Yaya Sondjaya, Muslim Muslim, Fitriawati (2023) Factors that influence business sustainability: evidence from MSMEs in Papua Province, Indonesia. Journal of Management & Business. 6 (1): 326 - 336

Permana, Erwin Putera (2018) Pengaruh Media Sosial sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran.

Purbohastuti, Arum Wahyuni (2017) Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika. 12 (2): 212-231

Rahayu, P. R. & Hidayah, N. (2023) Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk, dan Persaingan Usaha terhadap Perkembangan Usaha UMKM. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(2), 448-456. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i2.23415

Ratnasari, D. (2020). Pengaruh Literasi KeuanganTerhadap Keberlanjutan Usaha UMKM Di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen. 4 (1), 13–24

Rusyida, Wilda Yulia (2023) Kemampuan Manajerial, Literasi Keuangan, dan Mitigasi Risiko Terhadap Keberlangsungan Usaha UMKM. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan. 1 (1):1-19

Sukirno, Sadono. (2016). Makro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta : Rajawali Pers

Supranto, J. (2011). Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan untuk menaikkan pangsa pasar. Jakarta: Rineka Cipta

Widayanti, R., Damayanti, R., & Marwanti, F. (2017). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Keberlangsungan Usaha (Business Sustainability) Pada UMKM Desa Jatisari. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(2), 153.

Widodo. (2013). Model Peningkatan Kinerja UKM Berbasis Orientasi Entrepreneurs. Jurnal Dinamika Manajemen Vol 4 No 2.1-15.

Yang, J. T. (2008). Individual attitudes and organisational knowledge sharing. Tourism Management. 29(2): 345-353.