Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Melalui Employee Engagement pada Pegawai Retail di Jakarta

Main Article Content

Marchela Yovanka Radista
Edalmen Edalmen

Abstract

Kinerja yang dihasilkan karyawan dalam melaksanakan kewajibannya di lingkungan kerja menjadi salah satu faktor penting yang menentukan pencapaian tujuan perusahaan. Dalam hal ini, kompetensi yang dimiliki karyawan didukung dengan keterlibatan yang dibina karyawan dalam bekerja yang berfungsi sebagai sarana dalam menghasilkan kinerja yang optimal sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai secara profesional, efektif, dan efisien. Adapun tujuan dalam penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja yang dihasilkan melalui employee engagement yang dibina pegawai retail di DKI Jakarta. Sampel yang diambil sebagai subjek penelitian adalah sejumlah 55 orang pegawai yang tersebar di sektor perusahaan retail di DKI Jakarta dengan menggunakan teknik simple random sampling dan pengisian kuesioner untuk menjawab pernyataan yang berkaitan dengan objek penelitian yang dilakukan yaitu kompetensi sebagai variabel independen, kinerja karyawan sebagai variabel dependen, serta employee engagement sebagai variabel mediasi/intervening. Hasil dari kuesioner yang ada kemudian diolah dengan teknik analisis Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan SmartPLS v.4.0.9.8. Hasil dari penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa kompetensi karyawan tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan kompetensi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap employee engagement. Hasil yang serupa juga terjadi pada pengaruh antara employee engagement terhadap kinerja karyawan secara positif dan signifikan yang berdampak pada peran full mediasi oleh employee engagement. Saran yang dapat diberikan adalah peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel independen lain dan berfokus pada penelitian dalam satu jenis perusahaan yang sama.
 

The performance exhibited by employees in fulfilling their responsibilities within the work environment is a crucial factor in determining the achievement of company goals. In this context, employee competencies are reinforced by the engagement they cultivate in their work, serving as a means to generate optimal performance. This, in turn, enables the professional, effective, and efficient realization of company objectives. The objective of this research is to ascertain the impact of employee competence on the performance generated through the engagement fostered by retail employees in DKI Jakarta. The research subjects, comprising 55 retail employees from various sectors in DKI Jakarta, were selected using simple random sampling techniques. They participated by completing questionnaires that addressed statements relevant to the research objectives. The collected questionnaire data were subsequently analyzed using the Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) technique with SmartPLS version 4.0.9.8. The findings of the research demonstrate that employee competence does not has a significant effect on employee performance. Additionally, the influence of employee competence on employee engagement is positive and significant. Similar positive and significant effects were observed in the impact of employee engagement on employee performance, indicating a full mediating role played by employee engagement in the relationship between employee competence and the performance achieved by retail employees in Jakarta.
The recommendation for future researchers is to concentrate on studying inside the same type of company and addings more independent factors.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Marchela Yovanka Radista, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Edalmen Edalmen, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Abram, C. T., Tatimu, V., & Rumawas, W. (2022). Pengaruh Penempatan dan Keterlibatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Rakyat Indonesia Unit Siau. Productivity, 3(3), 240–245.

Ardianto, E. N., Sukwika, T., & Suesilowati, S. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Employee Engagement terhadap Kinerja Karyawan Humas Fraksi PKS DPR RI. Journal of Applied Management Research, 1(2), 119–127. https://doi.org/10.36441/jamr.v1i2.354

Budiprasetia, A. & Johanes Lo, S. (2021). Mediation Acts from Employee Engagement which Affects the Employee Competencies and Innovative Work Behaviour on Employee Performance at PT. Tetra Pak Indonesia. Dinasti International Journal of Management Science, 2(4), 680–688. https://doi.org/10.31933/dijms.v2i4.818

Fetriah, D., & Hermingsih, A. (2023). The effect of perceived organizational support, work motivation, and competence on employee performance mediated by employee engagement. Dinasti International Journal of Management Science, 5(1), 22–33. https://doi.org/10.31933/dijms.v5i1.2023

Fransisca, M. & Adiputra, I. G. (2019). Pengaruh Pengalaman Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan di PT. Naga Samudera. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 1(4), 900–908. https://doi.org/10.24912/jmk.v1i4.6588

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Herawaty, M. T., & Cahyadi, C. (2020). Pengaruh penilaian kinerja dan kompetensi terhadap employee engagement PT. Smart Solution Bekasi. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–58. https://doi.org/10.32938/jie.v2i2.559

Herlambang, S. P., Sinaga, S., & Sihombing, N. S. (2018). Analisis pengaruh kompetensi, kompensasi dan beban kerja terhadap kinerja pegawai dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening pada PT. Pln (Persero) Uip Sumbagut. Jurnal Prointegrita, 6(1), 182–202.

Hersey, P., & Banchard, K. H. (1993). Management of organizational behavior : utilizing human resources (K. E. Dackow (ed.); Escondido,). Prentice-Hall International Editions.

John, A., Wagner, J., & Hollenbeck, R. (1995). Management and organizational behavior.

Khasanah, N. L. (2019). Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan dengan employee engagement sebagai variabel pemediasi studi di BPRS Yogyakarta. 3(1), 10–27.

Luturmas, Y., Wirjawan, T. W., & Arta, D. N. C. (2022). Pengaruh kompetensi dan reward terhadap employee engagement melalui perceived organizational di Raffana Kids Store. 1, 1–14.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2010). Human resource management. Cengage Learning.

Munparidi, A. J. S. (2020). Pengaruh keterlibatan karyawan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 36–46.

Nugroho, S. E., & Ratnawati, I. (2021). Pengaruh keterlibatan karyawan terhadap kinerja karyawan dengan voice behaviour sebagai variabel intervening (studi pada PT Pelabuhan Indonesia III Persero Regional Jawa Tengah). Diponegoro Journal of Management, 10(3), 1–13.

Sumanti, I. C., Rumawas, W., & Mukuan, D. D. . (2018). Pengaruh penempatan kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Fifgroup Cab. Manado. Administrasi Bisnis, 6(1), 1–7.

Tafsir, M., Kamase, J., Sukmawati, S., & Arfah, A. (2022). Pengaruh kepemimpinan transformasional, iklim organisasi, perilaku inovatif dan employee engagement terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja sebagai intervening variable di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Bantaeng.

Tyas, A. A. W. P. (2020). Effect of organizational culture, employee competency on self efficacy and employee engagement in human resources development agency (BPSDM) Ministry of Law and Human Rights Republic of Indonesia. Kresna Social Science and Humanities Research, 1(October), 1–12. https://doi.org/10.30874/ksshr.11

Umar, S. M., Firman, A., & Oktaviani, A. R. (2022). Pengaruh kompetensi, kepemimpinan, dan motivasi kerja kepala sekolah terhadap kinerja guru pada TK Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Jurnal the Manusagre, 2(1), 194–203.

Wahono, T., Aryati, I., & Hartono, S. (2019). Pengaruh kedisiplinan, pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01), 168–175. https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.475

Wicaksono S, H. (2019). Pengaruh kompetensi, pelatihan, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Kharisma Gunamakmur. Agora, 7(2).

Wijaya, N. & Ie, M. (2021). Pengaruh Dukungan Organisasi yang Dirasakan terhadap Kinerja pada McDonald di Jakarta Barat: Kepuasan Kerja dan Keterlibatan Kerja sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(1), 196–203. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11305

Yanti, R., Fikri, K., & Nofirda, F. A. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan dan kompetensi terhadap kinerja karyawan di PT. Felousa Trimedika Indonesia (studi kasus pada PT. Felousa Trimedika Indonesia). Economics, Accounting and Business Journal, 2(2), 377–386.