Orientasi Kewirausahaan, Manajemen Pengetahuan terhadap Kinerja Inovasi Produk Dimediasi oleh Inovasi Terbuka

Main Article Content

Grace Patricia
Rodhiah Rodhiah

Abstract

UMKM memainkan peran kunci dalam perekonomian di Indonesia dengan menjadi tulang punggung dalam menciptakan lapangan kerja, menyumbang pendapatan, serta memperkuat daya saing di Indonesia. Jakarta Barat merupakan salah satu kawasan pusat bisnis dan ekonomi yang memiliki potensi besar pertumbuhan UMKM, khususnya di sektor kuliner. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan menganalisa pengaruh manajemen pengetahuan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja inovasi produk pada UMKM kuliner di Jakarta Barat, penelitian ini menguji dan menganalisa pengaruh manajemen pengetahuan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja inovasi produk dengan dimediasi oleh inovasi terbuka pada UMKM kuliner Jakarta Barat. Pada penelitian ini menggunakan metode deksriptif kuantitatif, pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode cross sectional, teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability dengan jenis purposive sampling. Kriteria sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM Kuliner yang berlokasi di Jakarta Barat. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 129 UMKM kuliner, Penelitian ini menggunakan PLS-SEM untuk mengolah data. Hasil hipotesis dari penelitian ini adalah Manajemen pengetahuan dan Orientasi Kewirausahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja inovasi produk pada UMKM di Jakarta Barat. Hasil mediasi dalam penelitian ini adalah Inovasi terbuka memediasi pengaruh signifikan antara manajemen pengetahuan dan kinerja inovasi produk pada UMKM di Jakarta Barat dan inovasi terbuka memediasi pengaruh signifikan antara orientasi kewirausahaan dan kinerja inovasi produk pada UMKM di Jakarta Barat. Inovasi Terbuka memediasi secara parsial Orientasi Kewirausahaan dan Kinerja Inovasi Produk.
 
UMKM play a key role in the Indonesian economy by creating jobs, contributing income, and strengthening competitiveness in Indonesia. West Jakarta is one of the central business and economic areas that has great potential for UMKM growth, especially in the culinary sector. Therefore, this research aims to determine the influence of knowledge management and entrepreneurial orientation on product innovation performance in culinary UMKM in West Jakarta. This research examines and analyzes the influence of knowledge management and entrepreneurial orientation on product innovation performance mediated by open innovation in West Jakarta culinary UMKM. This research used a quantitative descriptive method, data collection used a cross sectional method, the sampling technique used a non-probability technique with purposive sampling. The sample criteria set in this research are Culinary UMKM owners located in West Jakarta. The number of samples was 129 culinary UMKM. This research used PLS-SEM as an analytical tool to process data. The hypothesis result is that knowledge management and entrepreneurial orientation have a significant influence on product innovation performance in UMKM in West Jakarta. The mediation results in this research are that open innovation mediates a significant influence between Knowledge Management and Product Innovation Performance on
UMKM in West Jakarta and open innovation mediates a significant influence between Entrepreneurial Orientation and Product Innovation Performance on UMKM in West Jakarta. Open Innovation partially mediates Entrepreneurial Orientation and Product Innovation Performance.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Grace Patricia, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Rodhiah Rodhiah, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Asemokha, A., Musona, J., Torkkeli, L., & Saarenketo, S. (2019). Business Model Innovation and Entrepreneurial Orientation Relationships in SMEs: Implications for International Performance. Journal of International Entrepreneurship, 17(3), 425–453. https://doi.org/10.1007/s10843-019-00254-3

Audretsch, B. D. & Belitski, M. (2023). The Limits to Open Innovation and Its Impact on Innovation Performance. Technovation, 119, 102519. https://doi.org/10.1016/j.technovation.2022.102519

Babbie, E. R. (2007). The Basics of Social Research, 4th edition. Thompson Higher Education.

Barney, J. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management, 17(1), 99–120. https://doi.org/10.1177/014920639101700108

Hair, J. F., Howard, M. C., & Nitzl, C. (2022). Assessing measurement model quality in PLS-SEM using confirmatory composite analysis. Journal of Business Research, 109, 101–110. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.11.069

Octavia, A., Indrawijaya, S., Sriayudha, Y., Heriberta, Hasbullah, H., & Asrini. (2020). Impact on e-commerce adoption on entrepreneurial orientation and market orientation in business performance of smes. Asian Economic and Financial Review, 10(5), 516–525. https://doi.org/10.18488/journal.aefr.2020.105.516.525

Patricia, L. (2017). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and. London: The Guilford Press.

Rodhiah, R. & Hidayah, N. (2022). The Effect of Knowledge Sharing Partners, Leadership Support on the Success of Knowledge Management and Organizational Innovation Performance. Economit Journal: Scientific Journal of Accountancy, Management and Finance, 2(3), 205–217. https://doi.org/10.33258/economit.v2i3.741

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Tidd, J., & Bessant, J. R. (2018). Managing innovation: integrating technological, market and organizational change. John Wiley & Sons.

Zhang, Y., Wang, S., Akram, T., & Hong, Y. (2023). Knowledge co-creation with multiple stakeholders: the case of SMEs in China. Journal of Business and Industrial Marketing, 38(10), 2170–2182. https://doi.org/10.1108/JBIM-01-2022-0005