Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, dan Lingkungan Keluarga terhadap Niat Berwirausaha

Main Article Content

Juliansyah Putra
Nur Hidayah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan lingkungan keluarga terhadap niat berwirausaha mahasiswa Universitas Tarumanagara. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SmartPLS versi 3.0. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 mahasiswa Universitas Tarumanagara yang mengambil mata kuliah konsentrasi kewirausahaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha, motivasi berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha, dan lingkungan keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap niat berwirausaha mahasiswa Universitas Tarumanagara. Penelitian ini memberikan saran teoritis bagi penelitian selanjutnya disarankan memperluas kerangka variabel untuk memasukkan elemen tambahan, termasuk variabel yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Disarankan juga untuk mengeksplorasi variabel yang jarang dipelajari untuk memberikan kontribusi inovatif pada bidang penelitian. Selain itu, penulis juga merekomendasikan agar penelitian fokus pada populasi yang belum diteliti, lalu gunakan juga teknik pemodelan struktural untuk menyelidiki hubungan antara pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan lingkungan keluarga, termasuk pengaruh langsung dan tidak langsung. Selain itu, disarankan bagi perguruan tinggi untuk secara rutin menyelenggarakan lokakarya yang fokus pada pengembangan ilmu kewirausahaan mahasiswa, dengan lokakarya ini dapat mencakup sesi praktik, studi kasus, dan wawasan dari praktisi bisnis. Dengan diadakannyaprogram pengembangan motivasi wirausaha, motivasi wirausaha ini meliputi narasumber inspiratif, diskusi kelompok, dan kegiatan lain untuk merangsang motivasi berwirausaha pada mahasiswa melaksanakan program pengembangan.
 

The aim of this research is to determine the influence of entrepreneurial knowledge, entrepreneurial motivation, and family environment on entrepreneurial intentions among Tarumanagara University students. Data processing in this research uses SmartPLS version 3.0. Sampling in this research used purposive sampling technique. With a total research sample of 100 Tarumanagara University students taking entrepreneurship concentration courses. This research show that entrepreneurial knowledge has a positive and significant effect on entrepreneurial intentions, entrepreneurial motivation has a positive and significant effect on entrepreneurial intentions, and the family environment has a significant positive effect on entrepreneurial intentions of Tarumanagara University students. This research suggests further research to expand the variable framework to include additional elements, including variables not included in this study, examine populations that have not been studied, and then also use structural modeling techniques to investigate the relationship between entrepreneurial knowledge, entrepreneurial motivation, and family environment, including direct and indirect influences. In addition, it is recommended for universities to regularly hold workshops that focus on developing students' entrepreneurial knowledge, these workshops can include practical sessions, case studies and insights from business practitioners. By holding an entrepreneurial motivation development program, this entrepreneurial motivation includes inspirational speakers, group discussions, and other activities to stimulate entrepreneurial motivation in students carrying out the development program.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Juliansyah Putra, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Nur Hidayah, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Arshad, M., Farooq, O., & Afzal, S. (2018). The Role of Entrepreneurship Education in Developing a Passion for Business. Global Business and Organizational Excellence, 38(1), 15-21. https://doi.org/10.1002/joe.21896

Barba-Sánchez, V. & Atienza-Sahuquillo, C. (2017). Entrepreneurial Motivation and Self-Employment: Evidence from Expectancy Theory. International Entrepreneurship and Management Journal, 13(4), 1097-1115. https://doi.org/10.1007/s11365-017-0441-z

Hutagalung, B., Dalimunthe, D., Pambudi, R., Hutagalung, A. Q., & Muda, I. (2017). The Effect of Enterpreneurship Education and Family Environment towards Students' Entrepreneurial Motivation. International Journal of Economic Research, 14(20), 331-348.

Jefry, & Soelaiman, L. (2023). Faktor yang Memengaruhi Minat Berwirausaha Generasi Z di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaa, 5(4), 971-978.

Livandy, G. & Nuringsih, K. (2022). Peran Passion Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga dalam Menumbuhkan Intensi Kewirausahaan. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 330-339. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.20612

Malebana, M. J. (2021). The effect of knowledge of entrepreneurial support on entrepreneurial intention. Academy of Entrepreneurship Journal, 27(3), 1–14.

Mardia et al. (2021). Kewirausahaan. Makasar: Yayasan Kita Menulis.

Olivia, M. & Nuringsih, K. (2022). Peran Pengetahuan Kewirausahaan dan Media Sosial dalam Pengembangan Kreativitas Berwirausaha. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(1), 203-212. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i1.13360

Merline, M. & Widjaja, O. H. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Orientasi Kewirausahaan, dan Inovasi terhadap Keberhasilan UKM Alumni dan Mahasiswa Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(2) 435-443. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18243

Sekaran, Uma dan Roger Bougie, (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 2, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12610.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.