Dukungan Pemerintah sebagai Moderasi Pengaruh Transformasi Bisnis Digital dan Karakter Kewirausahaan terhadap Resiliensi UMKM

Main Article Content

Evelyn Sabella Talahi
Mei Ie

Abstract

Resiliensi merupakan kemampuan individu untuk mempertahankan usahanya ditenngah perubahan yang tidak terduga. Pada saat ini para pelaku UMKM harus memikirkan bagaimana cara untuk mempertahankan usahanya. Terlebih dengan situasi pasca pandemi Covid-19 yang terjadi pada awal tahun 2020 yang membuat perekonomian nasional turun. Tujuannya dilakukan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh transformasi bisnis digital, karakter kewirausahaan terhadap resiliensi UMKM di Jakarta barat dengan dimoderasi dukungan pemerintah. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan pendekatan non probability sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 50 responden. Data diolah dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software smartPLS versi 4.0. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan karakter kewirausahaan terhadap resiliensi UMKM di Jakarta Barat dam terdapat pengaruh dukungan pemerintah terhadap resiliensi UMKM di Jakarta Barat. Transformasi bisnis digital berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap resiliensi UMKM. Dukungan pemerintah tidak memoderasi pengaruh transformasi bisnis digital terhadap resiliensi UMKM serta dukungan pemerintah tidak memoderasi pengaruh karakter kewirausahaan terhadap resiliensi UMKM.
 

Resilience is an individual's ability to maintain their business amidst unexpected changes. At this time, MSME players must think about how to maintain their business. Especially with the national situation after the Covid-19 pandemic that occurred at the beginning of 2020 which caused the economy to decline. The aim of this research is to empirically test the influence of digital business transformation and entrepreneurial character on the resilience of MSMEs in West Jakarta moderated by government support. The sampling method in this research uses a purposive sampling method with a nonprobability sampling approach. The number of samples in this study was 50 respondents. Data was processed using the Partial Least Square (PLS) method using smartPLS software version 4.0. The results of this research show that there is a positive and significant influence of entrepreneurial character on the resilience of MSMEs in West Jakarta and that there is an influence of government support on the resilience of MSMEs in West Jakarta. Digital business transformation has a positive and insignificant effect on the resilience of MSMEs. Government support does not moderate the influence of digital business transformation on the resilience of MSMEs and government support does not moderate the influence of entrepreneurial character on the resilience of MSMEs.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Evelyn Sabella Talahi, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Mei Ie, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Apriliani, M. F. & Widiyanto. (2018). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Tenaga Kerja terhadap Keberhasilan UMKM Batik. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 761-776.

Arofahtiani, R. & Cahyadi, E. R. (2022). Strategi Adaptasi UMKM Kuliner pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Rumah Makan Haji Masduki, Pekalongan). Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 8(2), 458-469. https://doi.org/10.17358/jabm.8.2.458

Asbara, I. W. (2023). Hubungan Karakteristik Wirausaha dengan Kompetensi Kewirausahaan Peternak Sapi Potong di Kabupaten Bulukumba. Jurnal Ilmiah Bisnis & Kewirausahaan, 12(2), 177-188. https://doi.org/10.37476/jbk.v12i2.3806

Fakhrurozi, M. (2023). Peranan pemerintah dan strategi pemasaran terhadap penjualan UMKM ecoprint yasmin wiwid Lampung. Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1676-1686. http://doi.org/10.33395/remik.v7i3.12923

Fatoki, O. (2018). The impact of entrepreneurial resilience on the success of small and medium enterprises in South Africa. Sustainbility, 10(7), 2-12. https://doi.org/10.3390/su10072527

Hair, J. F., Ringle, C. M, Gudergan, S. P., Fischer, A., Nitzl, C. & Menictas, C. (2019). Partial least squares structural equation modeling-based discrete choice modeling: an illustration in modeling retailer choice, 12, 115-142.

Hidayat, M., Latief, F., Bahasoan, S., Widiawati, A., & Nianty, D. A. (2020). Factors influencing resilience of micro small and medium entrepreneur (MSME) during COVID 19 outbreak in South Sulawesi Province Indonesia, TEST Engineering & Management, 83, 26707–26721. https://doi.org/10.31219/osf.io/cme2j

Liantifa, M. (2023). Karakteristik wirausaha, modal usaha dan strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(3), 740-753. https://doi.org/10.36312/jcm.v4i3.1901

Masruroh, I., Andrean, R & Arifah, F. (2021). Peran pemerintah dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19 bagi UMKM di Indonesia. Journal of Innovation and Knowledge, 1(1), 41-48. https://doi.org/10.53625/jirk.v1i1.38

Moelrine, A. F. & Syarif, R. (2023). Pengaruh kewirausahaan, karakteristik kewirausahaan dan kompetensi kewirausahaan terhadap keberhasilan UMKM Desa Bojong Kulur. Jurnal Ikraith-Ekonomika, 6(1), 127-137. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i1.2475

Muragu, M. M., Nyadera, I. N. & Mbugua, C. W. (2021), “Gearing up for the new normal: Kenya’s tourism sector before and after the COVID-19 pandemic”, Journal of Policy Research in Tourism, Leisure and Events, 15(1), 88-105. https://doi.org/10.1080/19407963.2021.1903020

Omoush, K. A., Lassala, C., & Navarrete, S. R. (2023). The role of digital business transformation in frugal innovation and SMEs’ resilience in emerging markets. International Journal of Emerging Markets.1746-8809. https://doi.org/10.1108/IJOEM-12-2022-1937

Paramitha, P. S. & Suhartini, D. Business resilience pada UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Economics and Business, 6(2), 405-409. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.546

Ratten, V. (2020). Coronavirus (Covid-19) and entrepreneurship: cultural, lifestyle and societal changes. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 13(4), 747-761. https://doi.org/10.1108/JEEE-06-2020-0163

Sahrul, E. A. & Nuringsih, K. (2023). Peran E-Commerce, Media Sosial dan Digital Transformation untuk Peningkatan Kinerja Bisnis UMKM. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 286-299. https://doi.org/10.24912/jmieb.v7i2.23293

Telagawathi, N. L. W. S., Suci. N. M. & Heryanda, K. K. (2022). Strategi transformasi digital UMKM kerajinan tangan pada masa pandemi COVID-19 di Kabupaten Gianyar, Bali. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora. 11(2). 204-212. https://doi.org/10.23887/jish.v11i2.39734

Thekkoote, R. (2023). Factor Influencing small and medium-sized enterprise (SME) resilience during the COVID-19 outbreak. The TQM Journal. 1754-2731. https://doi.org/10.1108/TQM-08-2022-0266

Tonnisen, U. K. & Ie, M. (2020). Pengaruh Kompensasi dan Resiliensi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 4(1), 156-163. https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i1.7715

Urbach, N., Ahlemann, F., Beohmann, T., Drews, P., Brenner, W., Schaudel, F. & Schutte, R. (2019). The impact of digitalization on the IT department. Business and Information Systems Engineering, 61(1), 123-131. https://doi.org/10.1007/s12599-018-0570-0