Intensi Berwirausaha Dilihat dari Aspek Kepribadian Proksimal pada Mahasiswa FEB Universitas Tarumanagara

Main Article Content

Lady Gan
Andi Wijaya

Abstract

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di Indonesia, dapat diketahui bahwa tingkat pengangguran di negara ini tergolong tinggi dan perlu diatasi. Salah satu cara untuk mengatasinya yakni dengan menciptakan sebuah usaha, dimana hal ini secara tidak langsung akan membuka banyak lapangan pekerjaan. Terdapat banyak pihak dari berbagai kalangan yang memiliki ketertarikan untuk berwirausaha dan dapat mempelopori berdirinya sebuah usaha, salah satu diantaranya adalah mahasiswa. Namun sebagai seorang pribadi yang memiliki kebebasan,mahasiswa juga tentunya memiliki banyak pertimbangan yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, dan salah satu unsur penting yang berpengaruhadalah unsur kepribadian. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh unsur kepribadian diantaranyapengambilan risiko, efikasi diri, proaktif, kreativitas, dan kewaspadaan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa dengan pengambilanrisiko, kreativitas, dan efikasi diri sebagai variabel mediasi. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner terhadap 235 responden yang secarakeseluruhan terdiri dari mahasiswa disalah satu universitas di Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode purposive sampling ataupengambilan sampel. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS4. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengambilan risiko, efikasi diri, proaktif, kreativitas, dan kewaspadaan kewirausahaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa dengan variabel pengambilan risiko, kreativitas, dan efikasi diri sebagai mediasi.
 

Based on a survey conducted by the Central Statistics Agency (BPS) in Indonesia, it can be seen that the unemployment rate in this country is relatively high and needs to be addressed. One way to overcome this is by creating a business, which will indirectly open up many job opportunities. Many parties from various circles are interested in entrepreneurship and can pioneer the establishment of a business, one of which is students. However, as individuals who have freedom, students also have many considerations that are influenced by their surrounding environment, andone of the important influencing elements is the element of personality. Therefore, this research aims to determine the influence of personality elements including risk- taking, self-efficacy, proactiveness, creativity, and entrepreneurial alertness on students' entrepreneurial intentions with risk-taking, creativity, and self-efficacy as mediating variables. Data was collected using a questionnaire from 235 respondents, all of whom consisted of students at one of the universities in Jakarta. Data collection was carried out using a purposive sampling method. The data processing technique used isStructural Equation Modeling (SEM) analysis using SmartPLS4 software. The results of the research that has been conducted show that risk-taking, self-efficacy, proactiveness, creativity, and entrepreneurial alertness have a positive and significant influence on students' entrepreneurial intentions with risk-taking, creativity, and self- efficacy variables as mediation.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Lady Gan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Andi Wijaya, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Databoks. (2023, November 1). Awal 2023, Ada 7,9 Juta Pengangguran di Indonesia. Retrieved from: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/05/awal-2023-ada-79-juta-pengangguran-di-indonesia

Hsieh, H. H. & Huang, J. T. (2014). The Effects of Socioeconomic Status and Proactive Personality on Career Decision Self-Efficacy. The Career Development Quarterly, 62(1), 29–43. https://doi.org/10.1002/j.2161-0045.2014.00068.x

Jefry, J. & Soelaiman, L. (2023). Faktor yang Memengaruhi Minat Berwirausaha Generasi Z di Jakarta. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(4), 971-978. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i4.26966

Junça-Silva, A., Duarte, H., & Santos, S. C. (2023). Personal initiative, risk-taking, creativity and opportunity discovery among students. Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy. https://doi.org/10.1108/JEC-10-2022-0150

Liu, W., van der Linden, D., & Bakker, A. B. (2022). Strengths use and work-related flow: An experience sampling study on implications for risk taking and attentional behaviors. Journal of Managerial Psychology, 37(1), 47-60. https://doi.org/10.1108/JMP-07- 2020-0403

Llados-Masllorens, J., & Ruiz-Dotras, E. (2021). Are women's entrepreneurial intentions and motivations influenced by financial skills?. International Journal of Gender and Entrepreneurship, 14(1), 69-94. https://doi.org/10.1108/IJGE-01-2021- 0017

Martínez-Martínez, S. L. (2022). Entrepreneurship as a multidisciplinary phenomenon: culture and individual perceptions in business creation. Academia Revista Latinoamericana de Administración, 35(4), 537-565. https://doi.org/10.1108/ARLA-02-2021-0041

Muldoon, J., Lucy, C., & Lidzy, S. (2019). The impact of social dominance orientation on female entrepreneurial intention. New England Journal of Entrepreneurship, 22(2), 109-125. https://doi.org/10.1108/NEJE-05-2019-0025

Nikou, S., Brännback, M., Carsrud, A. L., & Brush, C. G. (2019). Entrepreneurial intentions and gender: pathways to start-up. International Journal of Gender and Entrepreneurship, 11(3), 348-372. https://doi.org/10.1108/IJGE-04-2019-0088

Obschonka, M., & Stuetzer, M. (2017). Integrating psychological approaches to entrepreneurship: the Entrepreneurial Personality System (EPS). Small Business Economics, 49, 203-231. https://doi.org/10.1007/s11187-016-9821-y

Olivia, J., Nurfebiaraning, S. (2019). Pengaruh Video Advertising Tokopedia Versi “Jadikan Ramadan Kesempatan Terbaik” Terhadap Respon Afektif Khalayak. Jurnal Lontar, 7(1). https://doi.org/10.30656/lontar.v7i1.1564

Pangestu, J. & Wijaya, A. (2020). Pengaruh Modal Sosial terhadap Penciptaan Usaha Baru yang Dimediasi oleh Efikasi Diri pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(2), 510-519. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i2.7945

Rocha, A. K. L. D., Moraes, G. H. S. M. D., & Fischer, B. (2022). The role of university environment in promoting entrepreneurial behavior: evidence from heterogeneous regions in Brazil. Innovation & Management Review, 19(1), 39-61. https://doi.org/10.1108/INMR08-2020-0112

Rummel, S., Akkermans, J., Blokker, R., & Van Gelderen, M. (2021). Shocks and entrepreneurship: A study of career shocks among newly graduated entrepreneurs. Career Development International, 26(4), 562-581. https://doi.org/10.1108/CDI-11-2018-0296

Seibert, S.E.; Sargent, L.D.; Kraimer, M.L.; Kiazad, K. (2017). Linking Developmental Experiences to Leader Effectiveness and Promotability: The Mediating Role of Leadership Self-Efficacy and Mentor Network. Pers. Psychol, 70, 357–397.

Waruwu, K. K., & Sahir, S. H. (2022). Pengaruh E-Service Quality dan Brand Image Terhadap E- Loyalty pada Pengguna Aplikasi Shopee. Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(3), 335-341. https://doi.org/10.47065/jbe.v3i3.2298

Wijaya, A., Ekadjaja, A., & Geovanny, C. (2021). Pengaruh Openness dan Entrepreneurial Self Efficacy terhadap Entrepreneurial Intention Dimoderasi Entrepreneurship Education dan Gender. Jurnal Management Ultima, 13(1), 62-73. https://doi.org/10.31937/ manajemen.v13i1.1942

Yu, C., Ye, B., & Ma, S. (2021). Creating for others: Linking prosocial motivation and social entrepreneurship intentions. Management Decision, 59(11), 2755-2773. https://doi.org/10.1108/MD-06-2019-0815