Determinan Kreativitas Berwirausaha Generasi Z

Main Article Content

Carlysia Chiara Arifin
Kartika Nuringsih

Abstract

UMKM memberikan dampak signifikan terhadap PDB yang meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2020 kontribusi UMKM pada produkdomestik bruto (PDB) adalah sebesar 61%. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, pada tahun 2019, terdapat 65,4 juta UMKM. Hal ini membuktikan bahwa dampak dan kontribusi UMKM yang sangat besar terhadap pengurangan tingkat kemiskinan di Indonesia. Untuk mendukung upaya pembangunan berkelanjutan, maka dari itu diperlukan pendekatan kewirausahaan. Berwirausaha dapat membantu pemerintah untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru serta mengurangi jumlah penurunan. Generasi yang menjadi target bagi pengembangan kewirausahaan di indonesia adalah Gen-Z karena dinilai sebagai generasi yang peduli dengan isu-isu sosial dan lingkungan, serta memiliki pandangan global dan terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Pendidikan Dan Inovasi Terhadap Kreativitas Berwirausaha Bagi Generasi Z. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 127 responden Generasi-Z dengan pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis SEM dengan software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan Pengetahuan Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kreativitas Berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kreativitas Berwirausaha dan Inovasi Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kreativitas Berwirausaha.
 

MSMEs have a significant impact on GDP which increases from year to year. In 2020, the contribution of MSMEs to gross domestic product (GDP) was 61%. Based on data from the Ministry of Cooperatives and SMEs, in 2019, there were 65.4 million MSMEs. This proves that the impact and contribution of MSMEs is very large in reducing poverty levels in Indonesia. To support sustainable development efforts, an entrepreneurial approach is needed. Entrepreneurship can help the government to create new jobs and reduce the number of declines. The generation that is the target for entrepreneurship development in Indonesia is Gen-Z because it is considered a generation that cares about social and environmental issues, and has a global and open view. This research aims to analyze the influence of Entrepreneurship Knowledge, Education and Innovation on EntrepreneurialCreativity for Generation Z. This type of research is quantitative descriptive, the sample used in the research was 127 Generation-Z respondents using purposive sampling. The data analysis technique uses SEM analysis with SmartPLS 4 software. The research results show that EntrepreneurshipKnowledge has a positive and significant effect on Entrepreneurial Creativity, Entrepreneurship Education has a positive and significant effect on Entrepreneurial Creativity and Entrepreneurship Innovation has a positive and significant effect on Entrepreneurial Creativity.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Carlysia Chiara Arifin, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Kartika Nuringsih, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Aryanti, A. N., Rahmi, P. P., Suryana., Hendrayati, H., & Rahayu, A. (2023). Industri Kreatif Unggul Melalui Strategi Inovasi dan Pentahelix Collaboration: Langkah Pemulihan Bisnis di Covid19. INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen.

Flores Pérez, J.J. & Guevara, R. (2023), "Mediating effect of entrepreneurial passion in the relationship between entrepreneurial orientation and innovative work behavior", Measuring Business Excellence, Vol.27 No. 3, pp. 483-500. https://doi.org/10.1108 /MBE-10-2022-0126

Hasan, M., Shofa, N., Thaief, I., Ahmad, M. I.S. & Tahir, T. (2021). Bagaimana Pengetahuan Kewirausahaan Mempengaruhi Minat Berwirausaha Generasi Z melalui Efikasi Diri?. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 9, No. 2.

Jonathan, J. & Nuringsih, K. (2022). Pengaruh Inovasi dan Keproaktifan dalam Mendorong Kinerja Usaha Secara Berkelanjutan. Jurnal Muara Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 461-472. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.20611

Linnes, C., & Metcalf, B. (2017). iGeneration and Their Acceptance of Technology. International Journal of Management & Information System. Vol. 21. No. 2, pp. 11- 26

Marizar, E. S., Widjaja, I., & Mutiara, M. W. (2022). Creative Management Strategy In Creativepreneurship. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 288-298. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.18682

Nasrudin, N., Harahap, I. M., Berutu, E. P. Agustina, I. & Sinaga, R. (2023). Pengaruh Pengetahuan kewirausahaan dan Inovasi terhadap Keberlangsungan Usaha Percetakan di Kota Medan. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 11, No. 2

Nur, S. K. & Bakir, A. H. (2021). novasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2. NO. 2. Agustus 2021.

Octaviana, D. R. & Ramadhani, R. A. (2021). Hakikat Manusia: Pengetahuan (Knowledge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama. Jurnal Tawadu. Vol. 5 no. 2

Olivia, M. & Nuringsih, K. (2022). Peran Pengetahuan Kewirausahaan dan Media Sosial dalam Pengembangan Kreativitas Berwirausaha. Jurnal Muara Ekonomi dan Bisnis, 69(1), 203-212. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i1.13360

Olivia, G., Fasa, M. I. & Suharto, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Kecil (Small Business) Di Kalangan Gen Z Berdasarkan Nilai – Nilai Ekonomi Syariah. Jurnal Riset Akuntansi Politala. Vol. 4 No.2

Rizky, F. A., Sentosa, E. & Nursina, N. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Kualitas Produk, Dan Keterampilan Wirausaha Terhadap Keberhasilan Pedagang Cabai PD Jaya Pasar Induk Kramatjati Jakarta Timur. Jurnal Ikrath-Ekonomika. Vol. 6, No. 2

Rosmaladewi, Azis, M., Rauf, A., & Sari, P. (2022). Peningkatan Motivasi Berwirausaha Melalui Intensi Kewirausahaan terhadap Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Makassar. Dalam Seminar Nasional Dies Natalis UNM ke-61, 101-105.

Soelaiman, L., Keni Keni, & Puspitowati, I. (2024). Empowering Entrepreneurial Intentions: Educational Support and Self-Efficacy In MBKM Context. Jurnal Manajemen, 28(1), 23-44. https://doi.org/10.24912/jm.v28i1.1760

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Wahyudi, S. (2019). Teori Inovasi: Sebuah Tinjauan Pustaka. Jurnal Valuta. Vol. 5 No.2

Yodchai, N., Ly, P.T.M., & Tran, L.T.T. (2022), "How the creative mindset affects entrepreneurial success in the tourism sector: the mediating role of innovation capability", International Journal of Contemporary Hospitality Management, Vol. 34 No. 1, pp. 279-298. https://doi.org/10.1108/IJCHM-06-2021-0695

Zulkifli & Meifiani, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah. Universitas Islam Riau. Jurnal Tabarru. Vol. 4 No.1