Faktor-Faktor yang Memengaruhi Intensi Berwirausaha Mahasiswa Universitas Swasta di Tangerang

Main Article Content

Venesia Audrey Rusli
Frangky Slamet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha dan juga menguji apakah efikasi diri dan motivasi memediasi hubungan antara pendidikan kewirausahaan dan intensi berwirausaha. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner google form. Sampel yang terdapat dalam penelitian ini adalah 155 mahasiswa universitas swasta di Tangerang yang telah/sedang mendapatkan pendidikan kewirausahaan dari universitas. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability, purposive sampling. Data diolah dengan menggunakan PLS-SEM. Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap intensi berwirausaha, pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri, pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi, efikasi diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha, motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha, efikasi diri memediasi hubungan antara pendidikan kewirausahaan dan intensi berwirausaha, dan motivasi memediasi hubungan antara pendidikan kewirausahaan dan intensi berwirausaha.
 

This study aims to examine the effect of entrepreneurship education on entrepreneurial intention and also test whether self-efficacy and motivation mediate the relationship between entrepreneurship education and entrepreneurial intention. Data were collected through a google form questionnaire. The sample contained in this study were 155 students in Tangerang who have / are getting entrepreneurship education from the university. The sampling technique used non-probability, purposive sampling. Data were processed using PLS-SEM. The results of this study are entrepreneurship education has a positive but insignificant effect on entrepreneurial intention, entrepreneurship education has a positive and significant effect on self-efficacy, entrepreneurship education has a positive and significant effect on motivation, self-efficacy has a positive and significant effect on entrepreneurial intention, motivation has a positive and significant effect on entrepreneurial intention, self-efficacy mediates the relationship between entrepreneurship education and entrepreneurial intention, and motivation mediates the relationship between entrepreneurship education and entrepreneurial intention.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Venesia Audrey Rusli, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Frangky Slamet, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Aini, S. N., Purwana, D. E. S., & Saptono, A. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Efikasi Diri terhadap Motivasi Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 22-50. https://doi.org/10.21009/JPEB.003.1.2

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179-211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Badan Pusat Statistik. (2022). Agustus 2022: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sebesar 5,86 Persen dan Rata-rata Upah Buruh Sebesar 3,07 Juta Rupiah per Bulan. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2022/11/07/1916/agustus-2022-tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-86-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-3-07-juta-rupiah-per-bulan.html

Badan Pusat Stastik Provinsi Banten. (2022). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Menurut Kabupaten/ Kota di Provinsi Banten (Persen). https://banten.bps.go.id/indicator/6/157/1/tingkat-pengangguran-terbuka-tpt-menurut-kabupaten-kota.html

Borah, M. (2021). Motivation in learning. Journal of Critical Reviews, 8(2), 550-552.

Dao, T. K., Bui, A. T., Doan, T. T. T., Dao, N. T., Le, H. H., & Le, T. T. H. (2021). Impact of academic majors on entrepreneurial intentions of Vietnamese students: An extension of the theory of planned behavior. Heliyon, 7(3).

Fernanda, R., & Ibrahim, R. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha Yang Di Mediasi Oleh Motivasi Dan Sikap Pada Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Syiah Kuala Angkatan 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 7(1), 218-240.

Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16-37.

Gerba, D.T. (2012). Impact of entrepreneurship education on entrepreneurial intentions of business and engineering students inEthiopia. African Journal of Economic and Management Studies, 3 (2): 258-277.

Hapuk, M. S. K., Suwatno, S., & Machmud, A. (2020). Efikasi diri dan motivasi: sebagai mediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(2), 59-69.

Hassan, A., Anwar, I., Saleem, I., Islam, K. B., & Hussain, S. A. (2021). Individual entrepreneurial orientation, entrepreneurship education and entrepreneurial intention: The mediating role of entrepreneurial motivations. Industry and Higher Education, 35(4), 403-418.

Ie, M. & Tunjungsari, H. K. (2021). Pengembangan Kurikulum Kewirausahaan. Dalam Seri Seminar Nasional ke-III Universitas Tarumanagara Tahun 2021, 1909-1914. https://doi.org/10.24912/pserina.v1i1.17716

Ilhami, S. D., & Tahwin, M. (2023). Peran Efikasi Diri Dalam Menumbuhkan Intensi Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 8(1), 59-68.

Isaacs, E., Visser, K., Friedrich, C., & Brijlal, P. (2007). Entrepreneurship education and training at the Further Education and Training (FET) level in South Africa. South African journal of education, 27(4), 613-629.

Jiatong, W., Murad, M., Bajun, F., Tufail, M. S., Mirza, F., & Rafiq, M. (2021). Impact of entrepreneurial education, mindset, and creativity on entrepreneurial intention: mediating role of entrepreneurial self-efficacy. Frontiers in Psychology, 12, 724440.

Kata Data Media Network. (2022). Mayoritas Pengangguran Indonesia Berusia Muda pada Agustus 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/12/mayoritas pengangguran-indonesia-berusia-muda-pada-agustus-2022

Kong, F., Zhao, L., & Tsai, C. H. (2020). The relationship between entrepreneurial intention and action: the effects of fear of failure and role model. Frontiers in Psychology, 11, 229.

Kristiani, N., & Nurmalasari, A. (2021). The Impact of Entrepreneurship Education and Family Environment on Entrepreneurship Motivation of College Students. Equilibrium Jurnal Bisnis & Akuntansi, 15(1), 1-8.

Liu, X., Lin, C., Zhao, G., & Zhao, D. (2019). Research on the Effects of Entrepreneurial Education and Entrepreneurial Self Efficacy on College Student’s Entrepreneurial Intention. Journal Frontiers in Pyschology, 10, 1-9.

Mahbubah, S., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha Dengan 94 Efikasi Diri Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 8(1), 13-24.

Mahendra, A. M., Djatmika, E. T., & Hermawan, A. (2017). The Effect of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention Mediated by Motivation and Attitude among Management Students, State University of Malang, Indonesia. International Education Studies, 10(9), 61-69.

Oktaviana, V. D., & Umami, N. (2018). Pengaruh efikasi diri dan kreativitas terhadap intensi berwirausaha pada siswa kelas xi smk negeri pogalan tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 80-88.

Paliwal, M., Rajak, B. K., Kumar, V., & Singh, S. (2022). Assessing the role of creativity and motivation to measure entrepreneurial education and entrepreneurial intention. International Journal of Educational Management, 36(5), 854-874.

Puni, A., Anlesinya, A., & Korsorku, P. D. A. (2018). Entrepreneurial education, self-efficacy and intentions in Sub-Saharan Africa. African Journal of Economic and Management Studies, 9(4), 492-511.

Putry, N. A. C., Wardani, D. K., & Jati, D. P. (2020). Pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha melalui motivasi sebagai variabel intervening. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 6(1), 14-24.

Santos, S. C., dan Liguori, E. W. (2020). Entrepreneurial self-efficacy and intentions: Outcome expectations as mediator and subjective norms as moderator. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 26(3), 400–415.

Saoula, O., Shamim, A., Ahmad, M. J., & Abid, M. F. (2023). Do entrepreneurial self-efficacy, entrepreneurial motivation, and family support enhance entrepreneurial intention? The mediating role of entrepreneurial education. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, (ahead-of-print).

Setiawan, G. T., & Lestari, E. D. (2021). The effect of entrepreneurship education to student’s entrepreneurial intention with self-efficacy as mediating variable. DoReMa (Development of Research Management), 16(2), 158-178.

Soelaiman, L., Puspitowati, I., & Selamat, F. (2022). Peran Model Panutan terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Melalui Penerapan Teori Perilaku Terencana. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 320-329. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.20387

Wu, L., Jiang, S., Wang, X., Yu, L., Wang, Y., & Pan, H. (2022). Entrepreneurship education and entrepreneurial intentions of college students: The mediating role of entrepreneurial self-efficacy and the moderating role of entrepreneurial competition experience. Frontiers in psychology, 12, 727826.

Yousaf, U., Ali, S. A., Ahmed, M., Usman, B., & Sameer, I. (2020). From entrepreneurial education to entrepreneurial intention: a sequential mediation of self-efficacy and entrepreneurial attitude. International Journal of Innovation Science, 13(3), 364-380.