Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja UMKM dengan Dimediasi Keunggulan Kompetitif

Main Article Content

Suzan Sefanya
Mei Ie

Abstract

Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dan kehadirannya mempunyai keterikatan terhadap perkembangan ekonomi Indonesia. Fungsi penting dari UMKM terlihat pada beberapa bidang, yaitu dapat memperluas lapangan kerja, menyeimbangkan pendapatan, memperlambat laju urbanisasi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi pedesaan yang adil.
Sektor UMKM juga dapat dengan mudah beradaptasi di berbagai kondisi pasar, termasuk di tengah krisis ekonomi. Akan tetapi, beberapa UMKM masih menghadapi berbagai masalah atau hambatan, yaitu hambatan eksternal dan internal. Terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi seberapa baik kinerja suatu usaha, seperti orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan keunggulan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja UMKM serta efek mediasi keunggulan kompetitif. Pada penelitian ini kuesioner digunakan sebagai alat penelitian dengan penyebaran dilakukan secara online kepada 45 pemilik ataupun pengelola UMKM yang berlokasi di Jakarta Barat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan metode non-probability sampling. Metode analisis data menggunakan metode PLS-SEM dengan softwareSmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukan orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, orientasi pasar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, dan keunggulan kompetitif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM. Sedangkan, orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM dengan dimediasi keunggulan kompetitif berpengaruh negatif dan tidak signifikan serta orientasi pasar terhadap kinerja UMKM dengan dimediasi keunggulan kompetitif berpengaruh negatif dan tidak signifikan.
 

The micro, small, and medium enterprises (MSME) sector has an important role and is attached to Indonesia's economic development. The important functions of MSMEs can be seen in several areas, namely expanding employment, balancing income, slowing down the rate of urbanization, and promoting equitable rural economic growth. The MSME sector can also easily adapt to various market conditions, including amid an economic crisis. However, some MSMEs still face various problems or obstacles, namely external and internal obstacles. Some factors can affect how well a business performs, such as entrepreneurial orientation, market orientation, and competitive advantage. This study aims to determine the contribution of entrepreneurial orientation and market orientation to MSME performance and the mediating effect of competitive advantage. In this study, a questionnaire was used as a research tool with online distribution to 45 owners or managers of MSMEs located in West Jakarta. The sampling technique in this study used purposive sampling with a non-probability sampling method. The data analysis method uses the PLS-SEM method with SmartPLS 4 software. The results of this study show that entrepreneurial orientation has a positive and significant effect on MSME performance, market orientation has a positive and significant effect on MSME performance, and competitive advantage has a positive and significant effect on MSME performance. Meanwhile, entrepreneurial orientation on MSME performance mediated by competitive advantage has a negative and insignificant effect, and market orientation on MSME performance mediated by competitive advantage has a negative and insignificant effect.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Suzan Sefanya, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Mei Ie, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Abbas, D. (2018). Pengaruh Modal Usaha, Orientasi Pasar, dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja UKM Kota Makassar. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi, 5(1), 95–111. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4991

Abshar, D. & Septrizola, W. (2023). The Influence of Entrepreneurial Orientation and Market Orientation on SME Business Performance. Marketing Management Studies, 3(1), 90–99. https://doi.org/10.24036/mms.v3i1.348

Ahmatang, & Sari, N. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Usaha Dimediasi Keunggulan Bersaing pada UMKM di Pulau Sebatik. Inovasi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen, 18(3), 492–500. https://doi.org/10.30872/jinv.v18i3.11581

Anggraini, P., Aditi, B., & Tamba, M. (2022). Peran keunggulan bersaing dalam memediasi orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan pada kinerja UKM di masa pandemi Covid-19. JEBIDI: Jurnal Ekonomi Bisnis Digital, 1(3), 398-410. https://doi.org/10.59663/jebidi.v1i3.105

Ardiyani, K., Syafnita, & Aadilla, L. (2021). Peningkatan kinerja UMKM ditinjau dari model pengelolaan keuangan, sumber daya manusia, strategi pemasaran, dukungan pemerintah dan umur usaha. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 24(02), 103–111.

Arifuddin, M. (2018). Pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja perusahaan dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi. Seminar Nasional dan The 5th Call for Syariah Paper.

Arini, R. E. (2022). The effect of entrepreneurship orientation and market orientation on MSME performance in Bandung City in West Java. The Es Economics and Entrepreneurship, 1(01), 23–29. https://esj.eastasouth-institute.com/index.php/esee/article/view/5

Danny, F. G. & Utama, L. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Kapasitas Inovasi terhadap Kesuksesan Proyek pada Bidang Fashion. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(3), 690–690. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i3.9581

Dedy, N. M. & Soelaiman, L. (2023). Pengaruh Orientasi Pasar dan Bauran Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Olahan Pala di Kota Ternate. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 7(4), 1496-1506. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.04.26

Dita & Soelaiman, L. (2021). Pengaruh Pengambilan Resiko, Inovasi, Proaktif, Competitive Aggessiveness dan Otonomi terhadap Kinerja Usaha Konveksi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(1), 186–195. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11304

Elvina. (2020). Pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja UMKM. JSHP (Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan), 4(1). 46–55.

Eunike, K. & Utama, L. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja UMKM Bidang Kuliner pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(3), 771–781. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i3.13209

Fahmi, M. Z. R. (2020). Orientasi kewirausahaan, karakteristik wiwausahawan, kecepatan inovasi dan dampaknya terhadap kinerja usaha. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6483

Fakhrunnisa, E., Puspaningrum, A., & Kurniawati, D. T. (2023). The influence of knowledge management and entrepreneurial orientation on business performance mediated by competitive advantage. JRSSEM: Journal Research of Social Science, Economics, and Management, 03(04), 854-869. https://doi.org/10.59141/jrssem.v3i03.584

Feranita, N. V., & Setiawan, H. A. (2018). Peran keunggulan bersaing dalam memediasi dampak orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 18(1), 54–70. https://doi.org/10.37849/midi.v18i1.110

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Hamel, C. & Wijaya, A. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Usaha UKM di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(4), 863-863. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9865

Hidranto, F. (2022, December 6). Porsi Kredit Diperbesar, Sektor UMKM Segera Naik Kelas. Indonesia.go.id. https://indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/6721/porsi-kredit-diperbesar-sektor-umkm-segera-naik-kelas?lang=1

Limanseto, H. (2022, October 1). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Ekon.go.id. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah

Mamengko, D. G., Tawas, H. N., & Raintung, M. C. (2023). Pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening. Jurnal EMBA, 11(1), 486–499. https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.45937

Medhika, N. G. A. J., Giantari, I. G. A. K., & Yasa, N. N. K. (2018). Peran keunggulan bersaing dalam memediasi orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan dengan kinerja UKM. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(2), 183–195. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i2.29

Philip, K. & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. 17th Edition. Cincinnati: Pearson Higher Education.

Puspaningrum, A. (2020). Market orientation, competitive advantage and marketing performance of Small Medium Enterprises (SMEs). Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 23(1), 19–27. https://doi.org/10.14414/jebav.v23i1.1847

Rahmawati, S., Darsono, & Setyowati, N. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah pangan olahan di Kota Surakarta. JEPA (Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis), 3(2), 325–335. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.02.9

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tirtayasa, S. (2022). The influence of entrepreneurship orientation and market orientation on the performance of Small and Medium Enterprises mediated by competitive advantage. Enrichment: Journal of Management, 12(2), 1825–1839. https://doi.org/10.35335/enrichment.v12i2.495

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Utama, L. & Hartono, M. V. A. (2018). Pengaruh Sumber Daya Pemilik Waralaba terhadap Kinerja Penerima Waralaba dengan Orientasi Kewirausahaan sebagai Mediasi. Dalam Conference On Management and Behavioral Studies.

Yaskun, M., Sudarmiatin, Hermawan, A., & Rahayu, W. P. (2023). The effect of market orientation, entrepreneurial orientation, innovation and competitive advantage on business performance of Indonesian MSMEs. International Journal of Professional Business Review, 8(4), 01–21. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i4.1563

Yuliana, R., & Pujiastuti, Y. (2018). Orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan strategi bisnis terhadap kinerja bisnis. Tirtayasa Ekonomika, 13(2), 320–329. http://dx.doi.org/10.35448/jte.v13i2.4318