Faktor Penentu Loyalitas Merek McDonald’s di Jakarta

Main Article Content

Raynaldo Kristiadi
Sanny Ekawati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek, kepercayaan merek, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek McDonald's di Jakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kausal dengan metode pengumpulan data cross sectional. Sampel diambil dengan tehnik purposive sampling yang merupakan data primer sebanyak 171 responden yang berdomisili di Jakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dalam bentuk google form. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek dan kepercayaan merek memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas merek, sedangkan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.
 

The purpose of this research is to determine the influence of brand image, brand trust, and customer satisfaction on McDonald's brand loyalty in Jakarta. This research uses a causal research design with a cross-sectional data collection method. The sample was taken using a purposive sampling technique which is primary data from 171 respondents who live in Jakarta. The research instrument used a questionnaire in Google form. Data analysis was carried out using Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The results of this research show that brand image and brand trust have a positive but not significant influence on brand loyalty, while customer satisfaction has a positive and significant influence on brand loyalty.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Raynaldo Kristiadi, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Sanny Ekawati, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Al-Zwainy, F. M. S. & Al-Marsomi, M. S. K. (2023). Structural Equation Modeling of Critical Success Factors in The Programs of Development Regional. Journal of Project Management, 8(2), 119-132. https://doi.org/10.5267/j.jpm.2022.11.002

Arief, M., Suyadi, I., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kepercayaan Merek dan Komitmen Merek terhadap Loyalitas Merek (Survei pada Warga Kelurahan Penanggungan Konsumen Produk Aqua di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 44(1), 144–153.

Cuong, D. T. (2020). The Effect of Brand Identification and Brand Trust on Brand Commitment and Brand Loyalty at Shopping Malls. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7), 695–706.

Cuong, D. T. (2020). The impact of customer satisfaction, brand image onbrand love and brand loyalty. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 3151–3159. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201280

Fackhrudin, A. (2016). Pengaruh performance quality, reputasi merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek. Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1), 65 - 82.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran produk dan merek: planning dan strategy. Penerbit Qiara Media.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep teknik dan aplikasi dengan program Smart PLS 3.0. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Hair, J. F., Hollingsworth, C. L., Randolph, A. B., & Chong, A. Y. L. (2017). An updated and expanded assessment of PLS-SEM in information systems research. Industrial Management and Data Systems, 117(3), 442–458. https://doi.org/10.1108/IMDS-04-2016-0130

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Khasanah, S. H., Ariani, N., & Argo, J. G. (2021). Analisis citra merek, kepercayaan merek, dan kepuasan merek terhadap loyalitas merek. Jurnal Ekonomi Manajemen, Vol. 2, 2, 394–411.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016): Marketing management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc

Laksono, A. W., & Suryadi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kepercayaan merek, dan kualitas merek terhadap loyalitas merek pada pelanggan Geprek Bensu di Kota Malang. Holistic Journal of Management Research, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.33019/hjmr.v3i1.1804

Lie, B. & Nawawi, M. T. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek Dimediasi oleh Persepsi Harga di PT Shopee International Indonesia. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(4), 875-881. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i4.26929

Ngabiso, F., Radji, D. L., & Kango, U. (2021). Pengaruh citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) pada produk air minum dalam kemasan merek Aqua (studi pada konsumen amdk merek Aqua di Kota Gorontalo). JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.37479/jimb.v4i1.10453

Pamungkas, R. D. (2019). Pengaruh citra merek, kepercayaan merek, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek sepatu Nike di Surabaya. Journal of Business and Banking, 9(1), 37. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i1.1950

Pradana, B. P., & Muwarti, S. (2023). Analisis pengaruh resonansi merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek pengguna produk sepatu Converse. Journal Of Social Science Research, 5 (3), 9308–9321.

Pratiwi, D. M., Saerang, D. P., & Tumewu, F. (2015). The influence of brand image, brand trust and customer satisfaction on brand loyalty (case of Samsung smartphone). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 377–385.

Shukla, M., Misra, R., & Singh, D. (2023). Exploring relationship among semiotic product packaging, brand experience dimensions, brand trust and purchase intentions in an Asian emerging market. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 35(2), 249–265. https://doi.org/10.1108/APJML-10-2021-0718

Suryani, T. (2013). Perilaku konsumen di era internet. Implikasinya pada strategi pemasaran. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta

Tamindael, M. & Ruslim, T. S. (2021). Pengaruh Komunikasi dan Citra Merek terhadap Loyalitas Merek dengan Kepercayaan sebagai Mediasi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(1), 236-244. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11317

Utami, G. R., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh social media marketing terhadap customer engagement dan loyalitas merek pada akun Instagram Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 185–198. http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB/article/view/388

Wijaya, I. P. S. A., & Nurcaya, I. N. (2017). Kepuasan pelanggan memediasi kualitas produk dan kewajaran harga terhadap loyalitas merek Mcdonalds di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 1534– 1563.

Top Brand Award. (31 Agustus 2023). Data penjualan restoran fast food topbrand award. Diakses pada 15 September 2023 dari: https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=3&id_kategori=6&id_subkategori=157&tahun_awal=2019&tahun_akhir=2023&brand1=KFC&brand2=Mc%20Donalds