Efikasi Diri sebagai Mediator Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kecerdasan Adversitas terhadap Intensi Berwirausaha

Main Article Content

Margaret Laurent
Ida Puspitowati

Abstract

Kegiatan berwirausaha memiliki peran yang penting dalam kemajuan perekonomian suatu daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah pendidikan kewirausahaan dan kecerdasan adversitas memiliki dampak terhadap intensi berwirausaha, dengan efikasi diri berperan sebagai variabel mediasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disusun berdasarkan indikator masing-masing variabel. Kuesioner disebarkan secara online melalui Google Forms dan berhasil mengumpulkan respons dari 210 partisipan. Metode pengambilan sampel yang diterapkan adalah metode non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dan kecerdasan adversitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri. Pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri memiliki dampak positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha. Sementara itu, kecerdasan adversitas memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap intensi berwirausaha. Efikasi diri terbukti memediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan dan kecerdasan adversitas terhadap intensi berwirausaha. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian serupa di masa depan dan memberikan kontribusi pada pengembangan program-program intensi berwirausaha yang lebih efektif.
 

Entrepreneurial activities have an important role in the economic progress of a region. This study aims to assess whether entrepreneurship education and adversity intelligence have an impact on entrepreneurial intention, with self-efficacy acting as a mediating variable. The research instrument used is a questionnaire prepared based on indicators of each variable. The questionnaire was distributed online through Google Forms and successfully collected responses from 210 participants. The sampling method applied was non-probability sampling method using purposive sampling technique. Data processing was carried out using SmartPLS software version 4.0. The results showed that entrepreneurship education and adversity intelligence have a positive and significant influence on self-efficacy. Entrepreneurship education and self-efficacy have a positive and significant impact on entrepreneurial intention. Meanwhile, adversity intelligence has a positive but insignificant effect on entrepreneurial intention. Self-efficacy is proven to mediate the effect of entrepreneurship education and adversity intelligence on entrepreneurial intention. Thus, this study is expected to be a reference for similar research in the future and contribute to the development of more effective entrepreneurial intention programs.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Margaret Laurent, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Ida Puspitowati, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Ambarriyah, S. B. & Fachrurrozie. (2019). Efek Efikasi Diri pada Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kecerdasan Adversitas terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1045–1060. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35720

Astri, W. & Latifah, L. (2018). Pengaruh Personal Attributes, Adversity Quotient dengan Mediasi Self Efficacy terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 737-751.

Azizah, S. N. & Hasanah, U. (2021). The Influence of Personal Attributes, Adversity Quotient with Self Efficacy as a Mediation Variable on Entrepreneurial Intention. Majalah Ilmiah Manajemen & Bisnis (MIMB), 18(2), 55-64.

Firmansyah, A., Djatmika, E.T., & Hermawan, A. (2016). The Effect of Adversity Quotient and Entrepreneurial Self-Efficacy on Entrepreneurial Intention Through Entrepreneurial Attitude. IOSR Journal of Business and Management, 45-55.

Fradani, Ayis. (2014). Pengaruh Kecerdasan Adversitas, Pendidikan Kewirausahaan Dalam Keluarga, Dukungan Keluarga, dan Efikasi Diri pada Intensi Berwirausaha Siswa SMK Negeri 2 Nganjuk. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 2, 157-170. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p157-170

Hasanah, F. A., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dengan Kreativitas Sebagai Variabel Mediator. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 162-174.

Hoang, G., Le, T. T. T., Tran, A. K. T., & Du, T. (2021). Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Intentions of University Students in Vietnam: The Mediating Roles of Self-Efficacy and Learning Orientation. Education + Training, 63(1), 115-133. https://doi.org/10.1108/ET-05-2020-0142

Kardila, K. & Puspitowati, I. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Pola Pikir Kewirausahaan, Kreativitas terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(4), 1026-1034. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i4.20566

Metty, P. F. & Slamet, F. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas Swasta di Jakarta Barat: Efikasi Diri dan Motivasi sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(3), 697-707. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i3.25410

Naiborhu, I. K. & Susanti, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Marketplace, Kecerdasan Adversitas Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNESA Melalui Efikasi Diri. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(2), 107–124. https://doi.org/10.26740/Jepk.V9n2.P107-124

Noventri, I. M., Pakpahan, J. P., Pane, J. W., & Hutabarat, L. (2021). Peran Kewirausahaan Berbasis Digital Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran. Journal of Millennial Community, 68-74.

Padmalia, M. (2021). Niat Berwirausaha Mahasiswa dan Keterhubungannya Dengan Kecerdasan Hadapi Rintangan. Journal of Business & Applied Management, 21-36.

Putra, A. P. & Sakti, N. C. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Adversity Intelligence, dan Kreativitas Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNESA. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1), 122–137. http://doi.org/10.23887/jjpe.v15i 1.64258

Rohmah, S. & Widya, M. A. S. (2020). Analisis Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Kecerdasan Adversitas terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 10 (2), 169-182. https://doi.org/10.24036/011094710

Sekaran, U. & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach Seventh Edition. United Kingdom: Wiley

Sellas, A., Rakib, M., Syam, A., Marhawati, & Mustari. (2021). Pengaruh Kecerdasan Adversitas dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Peserta Didik di SMK Negeri 1 Makassar. Journal of Social Sciences and Humanities, 59-67.

Subagya, H. & Mahmud, A. (2022). Pengaruh Kecerdasaan Emosional, Adversity Quotient, Terhadap Minat Young Entrepreneur melalui Self Efficacy. Business and Accounting Education Journal, 3(1), 50-60. https://doi.org/10.15294/baej.v3i1.59268

Wang, X. & Cheng, Z. (2020). Cross-Sectional Studies Strengths, Weaknesses, and Recommendations. CHEST, 158(1S), S65-S71.

Wang, X. H., You, X., Wang, H. P., Wang, B., Ya Lai, W., & Su, N. (2023). The Effect of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention: Mediation of Entrepreneurial Self-Efficacy and Moderating Model of Psychological Capital. Sustainability, 15, 2562. https://doi.org/10.3390/su15032562

Wardana, L. W., Narmaditya, B. S., Wibowo, A., Mahendra, A. M., Wibowo, N. A., Harwida, G., & Rohman, A. N. (2020). The Impact of Entrepreneurship Education and Students’ Entrepreneurial Mindset: The Mediating Role of Attitude and Self-Efficacy. Heliyon, 6(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04922

Wu, L., Jiang, S., Wang, X., Yu, L., Wang, Y., & Pan H. (2022). Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Intentions of College Students: The Mediating Role of Entrepreneurial Self-Efficacy and the Moderating Role of Entrepreneurial Competition Experience. Front Psychol, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.727826

Yousaf, U., Ali, S. A., Ahmed, M., Usman, B., & Sameer, I. (2021). From Entrepreneurial Education to Entrepreneurial Intention: A Sequential Mediation of Self-Efficacy and Entrepreneurial Attitude. International Journal of Innovation Science, 13(3), 364-380. https://doi.org/10.1108/IJIS-09-2020-0133

Yulia, Y. A., Khristiana, Y., & Octaviani, A. (2021). Niat Berwirausaha Start Up Pada Mahasiswa: Menggunakan Theory Of Planned Behavior Model. Jurnal Ekonomi dan Perbankan, 129-135.

Yuniasanti & Esterlita. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha.