Peran Organisasi Pembelajaran terhadap Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi

Main Article Content

Daniel Mariana Christofer
Ronnie Resdianto Masman

Abstract

Penelitian ini membahas hubungan organisasi pembelajaran pada kinerja karyawan dengan mediasi komitmen organisasi pada PT Boom Juara Emas. Kemajuan yang pesat dalam industri game mendorong PT BOOM Juara Emas untuk membuat bisnis yang dikhususkan bagi penggemar game, dengan nama Boom Indonesia. PT Boom Juara Emas merupakan perusahaan e-sports yang bergerak dalam bidang games online. Nyatanya sektor aplikasi dan game berhasil menyumbang PDB sebesar Rp 31,25 triliun pada tahun 2021, pencapaian tersebut berdampak pada peningkatan lapangan pekerjaan, asosiasi game Indonesia bersama kementerian pariwisata, ekonomi kreatif dan informatika telah mengirimkan 8 developer game lokal ke ajang game connection America 2023.  kuesioner di isi oleh 48 karyawan PT Boom Juara Emas. Hasil kuesioner dioleh memakai Smart PLS 4.0. Penelitian memakai cross sectional dikarenakan peneliti mempelajari efek dan risiko dengan cara obeservarasi atau pengumpulan data sekaligus guna mengetahui adanya keterkaitan antara variabel. Penyebaran kuesioner dilaksanakan dari tanggal 9-12 November 2023, pengisian kuesioner melalui google form yang dapat di isi dimana saja dan kapan saja. Pada penelitian penulis organisasi pembelajaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan komitmen organisasi, komitmen organisasi juga memiliki pengaruh positif dan signifikan pada kinerja karyawan dan komitmen organisasi dapat memediasi hubungan organisasi pembelajaran dan kinerja karyawan pada PT Boom Juara Emas.
 

This research examines the relationship between learning organizations and employee performance mediated by organizational commitment at PT Boom Juara Emas. The rapid growth in the gaming industry,has encouraged PT BOOM Juara Emas to create a business specifically for those who like the world of gaming, by the name Boom Indonesia. In fact, the application and game sector succeeded in contributing a GDP of IDR 31.25 trillion in 2021, this achievement has an impact on increasing the number of jobs. The Indonesian game association together with the ministry of tourism, creative economy and information technology have sent 8 selected local game developers to the American game connection event. 2023 (Tourism & creative economy, 2022). The questionnaire was filled in by 48 employees of PT Boom Juara Emas. Questionnaire results were obtained using Smart PLS 4.0. The research uses cross sectional because researchers study the effects and risks by observing or collecting data at the same time to determine whether there is a relationship between variables. Distribution of questionnaires will be carried out from 9-12 November 2023, filling in the questionnaire via Google form. In the author's research, learning organizations have a positive and significant influence on employee performance and organizational commitment, organizational commitment also has a positive and significant influence on employee performance and organizational commitment can mediate the relationship between organizational learning and employee performance at PT Boom Juara Emas.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Daniel Mariana Christofer, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Ronnie Resdianto Masman, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Cooper, D. R. & Schindler, P. S. (2017). Metode Penelitian Bisnis, edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Dwiputri, A. C., Widjaja, O. H., Cahyadi, H., & Wijaya, H. (2023). The Effect of Employee Empowerment and Work Environment on Organizational Commitment and Their Impact on Employee Performance. International Journal of Application on Economics and Business, 1(1), 260–266. https://doi.org/10.24912/ijaeb.11.260-266

Ghozali, I. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariete. Semarang: Universitas Diponegoro

Handayani, Ririn (2020) Metodologi Penelitian Sosial, Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Hendri, M. I. (2019a). The mediation effect of job satisfaction and organizational commitment on the organizational learning effect of the employee performance. International Journal of Productivity and Performance Management, 68(7), 1208–1234. https://doi.org/10.1108/ijppm-05-2018-0174

Herlianti, P., & Rachman, A. N. (2022). Analisis determinasi Terhadap Kinerja karyawan coffee shop di kota surakarta. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(5), 509–520. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i5.1681

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2022). Perkembangan Industri Gim di Indonesia, Raih Penghargaan internasional. https://kemenparekraf.go.id/destinasi-super-prioritas/perkembangan-industri-gim-di-indonesia-raih-penghargaan-internasional

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.

Rukajat, A. (2018) Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.

Sekaran, Uma., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th Ed). United Kingdom: Wiley

Smith, M., Sharpe, B., Arumuham, A., & Birch, P. (2022). Examining the predictors of mental ill health in Esport competitors. Healthcare, 10(4), 626.

Sugiarto, E. C. (2019). Pembangunan sumber Daya Manusia (SDM) Menuju indonesia unggul. Sekretariat Negara. https://www.setneg.go.id/baca/index/pembangunan_sumber_daya_manusia_sdm_menuju_indonesia_unggul

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tech in Asia. (2023). 8 Developer Gim Lokal Berangkat ke Game Connection America 2023. Tech in Asia Indonesia - Menghubungkan Ekosistem startup Indonesia. https://id.techinasia.com/developer-game-indonesia-menuju-gca

Wangsa, A. & Edalmen, E. (2022). Pengaruh Beban, Stres, dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(2), 279-288. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18203