Anteseden dan Konsekuensi Interaksi Sosial dalam Keputusan Pembelian: Gen Z Tokopedia

Main Article Content

Calista Devana Suandi
Arifin Djakasaputra

Abstract

Sosial media telah memberikan dampak terhadap perilaku konsumen yang dimulai dari cara mendapatkan informasi hingga perilaku setelah melakukan pembelian seperti ulasan terhadap suatu produk ataupun jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh variabel content marketing, live streaming, online customer review, dan social interaction terhadap keputusan pembelian pada konsumen generasi Z dalam platform Tokopedia Live di Jakarta. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Populasi yang digunakan adalah seluruh konsumen generasi Z pada platform Tokopedia Live di Jakarta sebanyak 364 responden. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling sebagai metode pengambilan sampelnya, dengan menyebarkan kuesioner secara online yang kemudian diolah menggunakan Smart PLS 4. Data dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif. Hipotesis 1 menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif content marketing terhadap keputusan pembelian dengan social interaction sebagai variabel mediasi. Hipotesis 2 menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif live streamingterhadap keputusan pembelian dengan social interaction sebagai variabel mediasi. Hipotesis 3 menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif online customer review terhadap keputusan pembelian dengan social interaction sebagai variabel mediasi. Hipotesis 4 menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif content marketing terhadap keputusan pembelian. Hipotesis 5 menyatakan bahwa terdapat pengaruh negatif live streaming terhadap keputusan pembelian. Hipotesis 6 menyatakan bahwa terdapat pengaruh negatif online customer review terhadap keputusan pembelian, dan Hipotesis 7 menyatakan bahwa terdapat pengaruh negatif social interaction terhadap keputusan pembelian.
 

Social media had an impact on consumer behavior starting from how to get information to behavior after making a purchase such as reviews of a product or service. The aim of this research is to empirically test the influence of content marketing, live streaming, online customer reviews, social interaction variables on purchasing decisions among generation Z consumers on the Tokopedia Live platform in Jakarta. The conclusion of this research is that the population used was all generation Z consumers on the Tokopedia Live platform in Jakarta, totaling 364 respondents. This research uses a non-probability sampling method with a purposive sampling technique as the sampling method, by distributing questionnaires online which are processed using Smart PLS 4. Data is analyzed using quantitative methods. Hypothesis 1 states that there is a positive influence of content marketing on purchasing decisions with social interaction as a mediating variable. Hypothesis 2 states that there is a positive influence of live streaming on purchasing decisions with social interaction as a mediating variable. Hypothesis 3 states that there is a positive influence of online customer reviews on purchasing decisions with social interaction as a mediating variable. Hypothesis 4 states that there is a positive influence of content marketing on purchasing decisions. Hypothesis 5 states that there is a negative influence of live streaming on purchasing decisions. Hypothesis 6 states that there is a negative influence of online customer reviews on purchasing decisions, Hypothesis 7 states that there is a negative influence of social interaction on purchasing decisions.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Calista Devana Suandi, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Arifin Djakasaputra, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Canny. C. & Tunjungsari, H. K. (2021). Pengujian Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention Secondate. Jurnal Muara Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 395-404. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i2.13283

Chandra, S. & Andrew, R. (2018). Peran Media Sosial dalam Strategi Komunikasi Pemasaran di Sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta Barat. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 535-542. https://doi.org/10.24912/jmieb.v2i2.2980

Hidayat, M. S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Promosi, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop di Kota Gresik. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 6(4), 1 - 10.

Hutabarat, P. M. (2021). Podcast dan Personal Branding: Potensi Podcast sebagai Media untuk Membangun Personal Brand Pelaku UMKM dengan Pendekatan Content Marketing. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 4(1), 1-8.

Kamuri, K. J. (2021). Analisis Peran Digital Content Marketing bagi Wirausaha Milenial di Kota Kupang dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal of Management, 14(2), 225 - 238.

Latief, F., Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Sociolla. Jurnal Mirai Management, 6(1), 139 - 154.

Lu, B., Wu, D., Zhao, R. (2022). An Investigation into Factors Affecting Individuals' Gifting Intention in Live Streaming: A Streamer-Content Perspective. Journal of Electronic Business & Digital Economics, 1(1/2), 90 - 110.

Meijerink, J., Schoenmakers, E. (2021). Why are Online Reviews in the Sharing Economy Skewed toward Positive Ratings? Linking Customer Perceptions of Service Quality to Leaving a Review of an Airbnb Stay. Journal of Tourism Futures, 7(1), 5 - 19.

Men, J., Zheng, X., Davison, R. M. (2023). The Role of Vicarious Learning Strategies in Shaping Consumers' Uncertainty: The Case of Live-Streaming Shopping. European Journal of Marketing, 1066-2243.

Mokodompit, H. Y., Lapian, S. L. H. V. J., Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash On Delivery dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian di TikTok Shop (Studi pada Mahasiswa dan Alumni Equil Choir FEB UNSRAT). Jurnal EMBA, 10(3), 975 - 984.

Mulyati, Y., Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 9(2), 173 - 194.

Nabila, V. A., Habib, M. A. F. (2023). Pengaruh Content Marketing Aplikasi TikTok, Online Customer Review, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Masker Camille Beauty. Jurnal Mirai Management, 8(2), 590 - 601.

Pertiwi, D., Gusfa, H. (2018). Pengaruh Content Marketing terhadap Pembentukan Brand Awareness pada Kalbis Institute. Jurnal Media Kom, 8(2), 45 - 57.

Putra, A. P. Y et al. (2023). Pengaruh Siaran Langsung dan Konten Promosi terhadap Minat Beli Mahasiswa Bisnis Digital UPI di TikTok Shop. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 6(1), 1 - 21.

Rinaja, A. F., Udayana, I. B. N., Maharani, B. D. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Word of Mouth, and Price Consciousness terhadap Minat Beli di Shopee. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi, dan Pelayanan Publik, 9(3), 435 - 448.

Saputra, G. G., Fadhilah. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 442 - 452.

Saraswati, D. A., Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co dalam Mempertahankan Brand Engagement. Biokultur, 9(2), 114 - 128.

Suyani, Y. E., Secapremana, V. H. (2021). Pengaruh Service Quality dan Social Interaction terhadap Purchase Intention. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 25(2), 40-48.

Tan, K. L., Hii, I. S. H., Lim, X. J., Wong, C. Y. L. (2023). Enhancing Purchase Intentions among Young Consumers in a Live-Streaming Shopping Environment using Relational Bonds: Are there Differences between "Buyers" and "Non-Buyers"? Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 1355-5855.

Tian, P., Yang, Q. (2023). The Impact of Online Customer Reviews on Product Iterative Innovation. European Journal of Innovation Management, 1-22.

Willy., Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Kemasan Produk dan Rasa terhadap Minat Beli yang Berdampak pada Keputusan Pembelian Pelanggan Minuman Energi. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 65 - 74.

Yang, Q., Huo, J., Li, H., Xi, Y., Liu, Y. (2023). Can Social Interaction-Oriented Content Trigger Viewers' Purchasing and Gift-Giving Behaviors? Evidence from Live-Streaming Commerce. Journal of Services Marketing, 33(7), 46-71.

Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89-96.

Zhou, L., Jin, F., Wu, B., Wang, X., Wang, V. L., Chen, Z. (2022). Understanding the Role of Influencers on Live Streaming Platforms: When Tipping Makes the Difference . European Journal of Marketing, 56(10), 2677-2697.