Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Kewirausahaan, dan Kreativitas dapat Memengaruhi Minat Berwirausaha

Main Article Content

Antony Wijaya
Kartika Nuringsih

Abstract

Kewirausahaan merupakan fenomena sosial, ekonomi dan budaya yang telah diterima secara luas di kalangan pemerintah, akademisi, dan pelajar. Kewirausahaan dapat mengatasi banyak tantangan ekonomi dan sosial di seluruh dunia untuk mengurangi pengangguran, mendorong inovasi dan mendukung pembangunan sosial dan ekonomi. Penelitian juga menunjukkan bahwa motivasi pribadi dapat memengaruhi keputusan wirausahawan untuk mengatur usaha baru dan pengetahuan tentang kewirausahaan jelas merupakan sebuah kunci untuk menjadi seorang wirausahawan. Faktor utama yang dapat meningkatkan minat berwirausaha adalah pengetahuan kewirausahaan. Pendekatan yang ingin dipakai untuk mengumpulkan data adalah dengan pendekatan kuantitatif karena peneliti menggunakan metode survei dengan membagikan kuesioner secara online pada mahasiswa Universitas Tarumanagara. 1. Pengetahuan kewirausahaan dapat memprediksi secara negatif dan tidak signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas Tarumanagara. 2. Motivasi kewirausahaan dapat memprediksi secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas Tarumanagara. 3. Kreativitas dapat memprediksi secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas Tarumanagara.
 

Entrepreneurship is a social, economic and cultural phenomenon that has been widely accepted among governments, academics and students. Entrepreneurship can address many economic and social challenges around the world to reduce unemployment, encourage innovation and support social and economic development. Research also shows that personal motivation can influence an entrepreneur's decision to organize a new venture and knowledge about entrepreneurship is clearly a key to becoming an entrepreneur. The main factor that can increase interest in entrepreneurship is entrepreneurial knowledge. The approach used to collect data is a quantitative approach because the researcher used a survey method by distributing questionnaires online to Tarumanagara University students.1. Entrepreneurial knowledge can negatively and insignificantly predict interest in entrepreneurship among Tarumanagara University students. 2. Entrepreneurial motivation can positively and significantly predict interest in entrepreneurship among Tarumanagara University students. 3. Creativity can positively and significantly predict interest in entrepreneurship among Tarumanagara University students.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Antony Wijaya, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Kartika Nuringsih, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Altinay, L., Kromidha, E., Nurmagambetova, A., Alrawadieh, Z., & Madanoglu, G. K. (2022). A Social Cognition Perspective on Entrepreneurial Personality Traits and Intentions to Start a Business: Does Creativity Matter? Management Decision, 60(6), 1606-1625.

Cabrera, A. M. G., Casademunt, A. M. L., Angulo, L. P. (2020). Immigrant's Entrepreneurial Motivation in Europe: Liabilities and Assets. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 26(8), 1707-1737.

Chen, M. H., Chang, Y. Y., Pan, J. Y. (2018). Typology of Creative Entrepreneurs and Entrepreneurial Success. Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy, 12(5), 632-656.

Darmawan, I. (2021). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa melalui Pendidikan Kewirausahaan berbasis Caring Economics. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 18(1), 9-16.

Donova, A. & Widjaja, O. H. (2023). Pengaruh Kepemimpinan dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Business Performance. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(4), 829-837. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i4.26923

Farani, A.Y., Karimi, S., Motaghed, M. (2017). The Role of Entrepreneurial Knowledge as a Competence in Shaping Iranian Students’ Career Intentions to Start a New Digital Business. European Journal of Training and Development, 41(1), 83-100.

Gimmon, E., Felzensztein, C. (2021). The Emergence of Family Entrepreneurship in the Transition Economy of Cuba. International Journal of Emerging Markets, 1746-8809.

Irwanto, A. & Ie, M. (2023). Pengaruh Efikasi Diri, Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Kewirausahaan terhadap Keberhasilan Usaha UMKM F&B di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(4), 867-874. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i1.22674

Kurnia, D., Kusnendi., Furqon, C. (2018). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri terhadap Minat Wirausaha. Jurnal Promosi, 6(2), 48-56.

Lingappa, A.K., Rodrigues, L.L.R., Shetty, D.K. (2023). Women Entrepreneurial Motivation and Business Performance : The Role of Learning Motivation and Female Entrepreneurial Competencies. Industrial and Commercial Training, 55(2), 269-283.

Mardikaningsih, R., Putra, A.R. (2021). Minat Berwirausaha Mahasiswa Ditinjau dari Konsep Diri. Jurnal Ideas, 7(3), 173-178.

Media Indonesia. (2018). Untar Genjot Cetak Mahasiswa Menjadi Wirausaha. https://mediaindonesia.com/humaniora/161729/untar-genjot-cetak-mahasiswa-menjadi-wirausaha, diakses pada tanggal 25 November 2023.

Mehmood, M.S., Jian, Z., Akram, U., Akram, Z., Tanveer, Y. (2022). Entrepreneurial Leadership and Team Creativity: The Roles of Team Psychological Safety and Knowledge Sharing. Emerald Insight, 51(9), 2404-2425.

Prasetio, T. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Motivasi Intrinsik, dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 18(1), 35-46.

Rajabi, R., Alejandro, T.B., Chelariu, C. (2018). Entrepreneurial Motivation as a Key Salesperson Competence: Trait Antecedents and Performance Consequences. Journal of Business & Industrial Marketing, 33(4), 405-416.

Raya, A. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Latar Belakang Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di Tengah Situasi Pandemi (Sukabumi). Economic Education and Entrepreneurship Journal, 4(1), 48-60.

Silva, A.J., Duarte, H., Santos, S.C. (2023). Personal Initiative, Risk-Taking, Creativity and Opportunity Discovery among Students. Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy, 1750-6204.

Soelaiman, L., Keni Keni, & Puspitowati, I. (2024). Empowering Entrepreneurial Intentions: Educational Support and Self-Efficacy in MBKM Context. Jurnal Manajemen, 28(1), 23–44. https://doi.org/10.24912/jm.v28i1.1760

Yadewanil, D., Wijaya, R. (2017). Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Resti, 1(1), 64-69.

Zhao, Y., Thompson, P. (2023). Time Effect and Shifted Motivations in Deprived Areas: an Overall Perspective of Entrepreneurial Process. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research.