Peran Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Wirausaha dan Karakteristik Wirausaha terhadap Keberhasilan Berwirausaha

Main Article Content

Hermawan Heriyanto
Mei Ie

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang cepat di Indonesia menghadirkan tantangan serius di era globalisasi dan industrialisasi, yang salah satunya adalah kurangnya lapangan kerja. Dalam menghadapi situasi ini, peran wirausaha menjadi krusial untuk merangsang pertumbuhan ekonomi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, terutama di Jakarta Pusat, menjadi fokus pembangunan ekonomi, memberikan dampak positif dengan menyerap tenaga kerja dan meningkatkan daya saing. Namun, tantangan masih ada, terutama di sektor UMKM kuliner di Jakarta Pusat, yang menghadapi kesulitan dalam menjalankan usaha karena kurangnya persiapan, pendidikan, dan pengalaman manajemen. Oleh karena itu, pengetahuan dan sifat kewirausahaan menjadi kunci sukses bagi para pemilik usaha di Jakarta Pusat untuk mengatasi hambatan dan membangun usaha yang berkelanjutan di lingkungan yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motivasi wirausaha, dan karakteristik wirausaha terhadap keberhasilan berwirausaha. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk skala likert melalui google form kepada 80 pemilik UMKM kuliner di Jakarta Pusat. Analisis data menggunakan metode PLS-SEM yang diolah menggunakan software SmartPLS versi 3. Penelitian ini menunjjukkan bawha pengetahuan kewirausahaan dan motivasi wirausaha berpengaruh secara positif signifikan terhadap keberhasilan berwirausaha UMKM kuliner Jakarta Pusat. Karakteristik kewirausahaan berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap keberhasilan berwirausaha UMKM kuliner Jakarta.
 

Rapid population growth in Indonesia presents serious challenges in the era of globalization and industrialization, one of which is the lack of jobs. In the face of this situation, the role of entrepreneurs becomes crucial to stimulate economic growth. Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia, especially in Central Jakarta, are the focus of economic development, providing a positive impact by absorbing labor and increasing competitiveness. However, challenges still exist, especially in the culinary MSME sector in Central Jakarta, which faces difficulties in running a business due to lack of preparation, education, and management experience. Therefore, knowledge and entrepreneurial nature are the key to success for business owners in Central Jakarta to overcome obstacles and build sustainable businesses in a competitive environment. This study aims to determine the effect of entrepreneurial knowledge, entrepreneurial motivation, and entrepreneurial characteristics on the success of entrepreneurship. Sampling technique using non probability sampling method with purposive sampling approach. Data collection using likert scale questionnaire through google form to 80 culinary MSME owners in Central Jakarta. Data analysis using PLS - SEM method processed using SmartPLS software version 3. This research shows that entrepreneurial knowledge and entrepreneurial motivation have a significant positive effect on the success of culinary MSME entrepreneurship in Central Jakarta. Entrepreneurship characteristics have a positive but insignificant effect on the success of culinary Jakarta MSME entrepreneurship.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Hermawan Heriyanto, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Mei Ie, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Adriani, D., & Trimo, L. (2020). Faktor–Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Minuman Tradisional. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 4(2), 323-334.

Agung, P. D. (2020). Dasar-dasar Kewirausahaan (A. Rikki (Ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Agusmiati, D., & Wahyudin, A. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, dan Motivasi, terhadap Minat Berwirausaha dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Analisis Pendidikan Ekonomi, 7(3), 878-893. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28317

Agustin, I. S., & Gultom, N. D. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Modernitas terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Niagawan, Vol.: 8 No.: 2, Hal: 1-7.

Alifia, I. F., & Dwiridotjahjono, J. (2019). Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Dusun Beton Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan). Jurnal Bisnis Indonesia, 10(02).

Ardiyanti, D. A., & Mora, Z. (2019). Pengaruh Minat Usaha dan Motivasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha Wirausaha Muda di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 168–178. https://doi.org/10.33059/jseb.v10i02.1413

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi COVID-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233-247.

Christina, M., & Merisa, M. (2020). Peranan Inovasi Sebagai Mediator Terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah Asesoris Gawai di Roxy Mas Jakarta. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 4(1), 66–78. https://doi.org/10.30813/jpk.v4i1.2082

Ependi, A., & Winarso, B. S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Karakteristik Kewirausahaan terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Menengah (umkm) di Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Jurnal Publikasi Universitas Ahmad Dahlan, 1-12.

Hariyanto, M. & Ie, M. (2023). Pengaruh Kreativitas, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Media Sosial terhadap Keberhasilan Usaha UMKM. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(2), 511–518. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i2.23422

Irwanto, A. & Ie, M. (2023). Pengaruh Efikasi Diri, Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Kewirausahaan terhadap Keberhasilan Usaha UMKM F&B di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(4), 867–874. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i4.26927

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Penerbit. Alfabeta, Bandung.

Torres, A., Javier, F., Torres, L., Schiuma, G. C., & Giovanni. (2019). Menghubungkan Orientasi Kewirausahaan dengan Kinerja UKM: Implikasinya bagi Perguruan Tinggi Kewirausahaan. Keputusan Manajemen, 57(12), 3364–3386. https://doi.org/10.1108/md-11-2018-1234

Wijaya, W. R. & Handoyo, S. E. (2023). Pengaruh Media Sosial, Kreativitas, Motivasi terhadap Keberhasilan Usaha UMKM Kuliner Jakarta Utara. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(3), 797–804. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i3.25449