Faktor-Faktor Konsumen dalam Mencapai Keputusan Pembelian Produk Brand Fashion X di Jakarta

Main Article Content

Joshua Steven Angriawan
Rodhiah Rodhiah

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, persaingan di industri fashion menjadi lebih ketat dan luas. Kemajuan teknologi juga turut berkontribusi pada perkembangan yang saat ini sedang terjadi di industri fashion dengan dimungkinkannya pemasaran melalui media sosial. Namun, hal tersebut juga perlu diiringi dengan penataan toko yang baik untuk memberikan suasana toko yang nyaman dan penawaran harga yang menarik perhatian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh social media marketing, store environment, dan sales promotion terhadap keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen brand fashion x yang berada di Jakarta. Dalam penelitian ini telah dikumpulkan sebanyak 110 responden yang merupakan konsumen produk brand fashion x di Jakarta. Metode pengumpulan sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik pendekatan convenience sampling. Responden mengisi kuesioner secara online yang disebarkan melalui Google Form. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik SEM (Structural Equation Modeling) dengan menggunakan software SmartPLS versi 4. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing, store environment, dan sales promotion berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pada penelitian ini dapat digunakan oleh brand fashion x sebagai masukan untuk mempertahankan dan meningkatkan social media marketing, store environment, dan sales promotion yang ada karena dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian.


 


As time goes by, competition in the fashion industry becomes tighter and wider. Technological advances have also contributed to developments currently occurring in the fashion industry with the possibility of marketing via social media. However, this also needs to be accompanied by a good store layout to provide a comfortable store atmosphere and price offers that attract consumers' attention. The purpose of this research is to determine the influence of social media marketing, store environment, and sales promotion on purchasing decisions. The population in this research is all consumers of fashion brand x in Jakarta. In this research, 110 respondents were collected who were consumers of fashion brand x products in Jakarta. The sample collection method used in this research is non-probability sampling with a convenience sampling approach technique. Respondents filled out a questionnaire online which was distributed via Google Form. The data in this study were analysed using the SEM (Structural Equation Modelling) technique using SmartPLS version 4 software. The results of this study show that social media marketing, store environment, and sales promotion have a positive and significant influence on purchasing decisions. The results of this research can be used by fashion brand x as input to maintain and improve existing social media marketing, store environment and sales promotions because they can influence consumers' decisions to make purchases.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Joshua Steven Angriawan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Rodhiah Rodhiah, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Gorji, M., Siami, S. (2020). How Sales Promotion Display Affects Customer Shopping Intentions in Retails. International Journal of Retail & Distribution Management, Vol. 48 No.12, 19.

Hanasysha, R, J. (2018). An Examination of the Factors Affecting Consumer’s Purchase Decision in the Malaysian Retail Market. PSU Research Review, Vol.2 No.1, 17.

Hussain, R., Ali, M., Bhutto, S, Z, A. (2015). Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Intention. International Journal of Marketing Studies, Vol. 7, No. 2, 9.

Julianto, A., Rodhiah. (2023). The Effect of Item Based Loyalty Program, Social Media Marketing and Sales Promotion On Purchase Decision On E-Commerce Users. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), Vol.7 No.1, 10.

Monoarfa, H., Julianan, J., Setiawan, R., Karim, A, R. (2023). The Influences of Islamic Retail Mix Approach on Purchase Decisions. Journal of Islamic Marketing, Vol. 14 No. 1, 14.

Nanda, V, D., Keni. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Makanan Kecil di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, Vol. 6, No.5, 5.

Sun, Y., Wang, S. (2020). Understanding Consumers’ Intentions to Purchase Green Products in the Social Media Marketing Context. Asia Pacific Journal of Marketing and logistics Vol. 32 No. 4, 19.

Yaputra, P. (2020). Pengaruh Social Media Marketing, Store Environment, Sales Promotion, dan Perceived Value Terhadap Purchase Decision Konsumen SOGO Department Store Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, Vol 4 No.1, 6.