Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Bisnis Pelaku Usaha yang Menggunakan Jasa Impor ocistok.com

Main Article Content

Alberd Gunawan Gandawijaya
Lydiawati Soelaiman

Abstract

Di tengah persaingan global yang semakin intens, pelaku usaha harus merancang strategi yang inovatif, proaktif, dan berani mengambil risiko untuk mempertahankan eksistensi di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang diberikan oleh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan keunggulan bersaing terhadap keberhasilan bisnis pada pelaku usaha yang menggunakan jasa impor OCISTOK.COM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pemilihan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara online, yakni google form. Berdasarkan 60 data yang diperoleh, data kemudian diolah menggunakan SmartPLS 3. Hasil analisa outer loadingsdiketahui bahwa seluruh variabel memenuhi kriteria uji validitas dan reliabilitas. Melalui uji inner model dapat diketahui bahwa orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan keunggulan bersaing memberikan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keberhasilan bisnis pada pelaku usaha yang memanfaatkan jasa impor OCISTOK.COM.
 

In the midst of increasingly intense global competition, business actors must design innovative, proactive strategies and dare to take risks to maintain their existence in the market. This research aims to determine whether there is an influence that entrepreneurial orientation, market orientation, and competitive advantage have on business success for business actors who use OCISTOK.COM import services. This research uses a quantitative approach with sample selection using a non-probability sampling method with purposive sampling technique. Data was collected by distributing questionnaires online, namely google form. Based on the 60 data collected, the data was then processed using SmartPLS 3rd. The results of the outer loadings analysis show that all variables are declared to meet the validity and reliability test criteria. Through the inner model test, it can be seen that entrepreneurial orientation, market orientation and competitive advantage have a positive and significant influence on business success for business actors who utilize OCISTOK.COM import services.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Alberd Gunawan Gandawijaya, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Lydiawati Soelaiman, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Alwi, T., & Handayani, E. (2018). Keunggulan bersaing UKM yang dipengaruhi oleh orientasi pasar dan inovasi produk. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 193–202. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.256

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (6th ed.). Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. (2023). Data ekspor dan impor terbaru adalah data bulan Juni 2023. Bps.Go.Id. https://www.bps.go.id/exim/

Bamfo, B. A., & Kraa, J. J. (2019). Market orientation and performance of small and medium enterprises in Ghana: The mediating role of innovation. Cogent Business & Management, 6(1), 16. https://doi.org/10.1080/23311975.2019.1605703

CNBC Indonesia. (2022). Ternyata ini penyebab harga barang “Made in China” bisa murah. Cnbcindonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/market/20220918161008-17-373026/ternyata-ini-penyebab-harga-barang-made-in-china-bisa-murah

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2014). Business research methods (12th ed.). McGraw-Hill.

Dedy, N. M. & Soelaiman, L. (2023). Pengaruh Orientasi Pasar dan Bauran Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Olahan Pala di Kota Ternate. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 7(4), 1496–1506. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.04.26

Frans, A., Dahmiri, D., & Indrawijaya, S. (2020). Pengaruh orientasi kewirausahaan dan keunggulan bersaing terhadap keberhasilan usaha pada rumah makan dendeng batokok di provinsi Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 9(3), 172–182. https://doi.org/10.22437/jmk.v9i03.12199

González‐Benito, Ó., González‐Benito, J., & Muñoz‐Gallego, P. A. (2009). Role of entrepreneurship and market orientation in firms’ success. European Journal of Marketing, 43(3/4), 500–522. https://doi.org/10.1108/03090560910935550

Hair, J. F., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2017). Partial least squares structural equation modeling. In C. Homburg, M. Klarmann, & A. Vomberg (Eds.), Handbook of Market Research (pp. 1–40). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8_15-1

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sinkovics, R. R. (2009). The use of partial least squares path modeling in international marketing. In Advances in International Marketing (1st ed., pp. 277–319). Emerald Group Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/S1474-7979(2009)0000020014

Liputan6. (2023). Ternyata ini alasan barang china di sosial commerce dijual lebih murah. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5409932/ternyata-ini-alasan-barang-china-di-sosial-commerce-dijual-lebih-murah?page=3

Malhotra, N. K. (2009). Review of Marketing Research. In Review of Marketing Research (1st ed., pp. 9–16). Emerald Group Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/S1548-6435(2008)0000005004

Margaretha, C. & Soelaiman, L. (2022). Entrepreneurial Orientation, Market Orientation, and Organizational Culture on Business Performance. Dalam Proceedings of the Tenth International Conference on Entrepreneurship and Business Management 2021 (ICEBM 2021), 387–393. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220501.058

Merline, M., & Widjaja, O. H. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Orientasi Kewirausahaan, dan Inovasi terhadap Keberhasilan UKM Alumni dan Mahasiswa Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(2), 435–443. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18243

Ranto, D. W. P. (2016). Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM bidang kuliner di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(2), 1–11.

Riany, A. I., & Dahmiri, D. (2020). Pengaruh kreativitas dan inovasi terhadap keunggulan bersaing (Studi kasus wedding organizer hastina puspita decoration kota Jambi). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 9(2), 94–104. https://doi.org/10.22437/jmk.v9i2.12038

Risnawati, & Noermijati. (2011). Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja organisasi koperasi: Orientasi pasar sebagai variabel intervening (Studi pada koperasi primer di kota Palu, Sulawesi Tengah). JAM: Jurnal Aplikasi Manajamen, 9(3), 172–182.

Rohmah, E. N., & Ciptono, W. S. (2022). Orientasi kewirausahaan dan integrasi pengetahuan terhadap keberhasilan usaha waralaba pada sektor makanan dan minuman di Indonesia: Ikatan dan pembelajaran eksploratif sebagai variabel moderasi [Universitas Gadjah Mada].

Saiman, L. (2014). Kewirausahaan: Teori, praktik, dan kasus-kasus (2nd ed.). Salemba Empat.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed.). Wiley & Sons.

Setiawan, L. R. & Soelaiman, L. (2021). Pengaruh Kolaborasi, Kecerdasan Budaya, dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja UKM Kota Sibolga. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(2), 388–397. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11885

Sholihin, M., & Ratmono, D. (2013). Analisis SEM-PLS dengan WarPLS 3.0: Untuk hubungan nonlinier dalam penelitian sosial dan bisnis (1st ed.). Andi Offset.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yusuf, A. & Soelaiman, L. (2022). Pengaruh Keterampilan, Orientasi Pasar, dan Jaringan Usaha terhadap Kinerja UMKM Melalui Kompetensi Wirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(1), 22-30. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i1.17120