Pengaruh Mediasi Kompetensi Jaringan dalam Kompetensi Kewirausahaan pada Pertumbuhan UMKM di Tanah Abang

Main Article Content

Ronaldo Ronaldo
Louis Utama

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji secara empiris “Pengaruh mediasi kompetensi jaringan dalam kompetensi kewirausahaan pada pertumbuhan UMKM busana muslim di Tanah Abang Jakarta Pusat”. Responden dalam penelitian berjumlah 120 orang yang merupakan UMKM busana muslim di Tanah Abang Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling dalam memperoleh data primer untuk diolah dengan software Smart Partial Least Square (SmartPLS). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalahkompetensi strategis, etis dan jaringan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan UMKM, Dan kompetensi jaringan memediasi kompetensistrategis dan etis terhadap pertumbuhan UMKM.
 

This research was conducted with the aim of empirically testing "The effect of network competence mediation on entrepreneurial competence in the growth of Muslim fashion MSMEs in Tanah Abang, Central Jakarta." The respondents in this study were 120 individuals who owned Muslim fashion MSMEs in Tanah Abang, Central Jakarta. This study used a non-probability sampling technique with purposive sampling to obtain primary data,which were processed using SmartPLS software. This study indicate that strategic competence, ethical competence, and network competence have a significant influence on MSMEs' growth. Additionally, network competence mediates the effects of strategic competence and ethical competence onMSMEs' growth.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ronaldo Ronaldo, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Louis Utama, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi. Jurnal analisis isi, 3. Bank Indonesia. (2022, May 18). Retrieved from www.bi.go.id/id/:

Bank Indonesia. (2022). Tak Hanya Keren, Pakai Produk UMKM juga Dapat Membantu Perekonomian. https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/cerita-bi/Pages/Tak-Hanya-Keren,-Pakai-Produk-UMKM-juga-Dapat-Membantu-Perekonomian.aspx

Barney, J. (1991). Firm resources and sustained competitive advantage. Journal of Management, 99-120.

Chow, V. & Utama, L. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Kinerja UMKM Kain Ulos. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(2), 519-528. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i2.23423

Darmawangsa, R., & Astalini. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Atas terhadap Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar.

Djakasaputra, A., & Wijaya, O. Y. (2021). Empirical Study of Indonesian SMEs Sales Performance in Digital Era: The Role of Quality Service and Digital Marketing. International Journal of Data and Network Science, 5(3), 303-310. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.6.003

Hair, J., & Anderson, R. (2011). Multivariate Data Analysis. Fifth Edition. New Jersey: PrenticeHall, Inc.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021). Retrieved from ekon.go.id/: https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam- perekonomian-indonesia

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah Vol. 6, No. 1, 33-39.

Meiryani. (2021a). Memahami r square (koefisien determinasi) dalam penelitian ilmiah. Retrieved from binus.ac.id: https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-r-square- koefisien-determinasi-dalam-penelitian-ilmiah/

Meiryani. (2021b). Memahami predictive relevance (q2) dalam smart pls dalam penelitian ilmiah. Retrieved from https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-predictive- relevance-q2-dalam-smart-pls-dalam-penelitian-ilmiah/

Tehseen, S., & Ahmed, F. U. (2019). Entrepreneurial competencies and SMEs’ growth: the mediating role of network competence. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 6-7.

Twin, A. (2022, September). Business Ethics: Definition, Principles, Why They're Important. Retrieved from investopedia: https://www.investopedia.com/terms/b/business-ethics.asp

Utama, L., & Masman, R. R., Siswanto, H. P., & Allessandra, A. (2023). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan terhadap Pertumbuhan Bisnis Pakaian di Tanah Abang Era Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 21(1), 58-70. https://doi.org/10.31253/pe.v21i1.1740

Venia, V. & Slamet, F. (2020). Pengaruh Kompetensi Strategi dan Kompetensi Etika terhadap Pertumbuhan Usaha yang Dimediasi oleh Kompetensi Jaringan. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(2), 406-416. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i2.7934

Wilson, C., & Ahmad, N. H. (2009). Is entrepreneurial competency and business success relationship contingent upon business environment? A study of Malaysian SMEs.