Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda di Cengkareng

Main Article Content

Kevin Matthew
Herlina Budiono

Abstract

Pada zaman sekarang, transportasi di Indonesia khususnya di Jakarta sudah semakin padat yang disebabkan oleh banyaknya jumlah penduduk di Indonesia yang sudah semakin banyak dan SDM meningkat serta banyaknya masyarakat Indonesia yang dapat membeli kendaraan pribadi dengan mudah, sehingga untuk mengatasi kemacetan tersebut tentunya sepeda motor salah satu cara cepat agar sampai di tujuan. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepercayaan merek, kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian motor Honda di Cengkareng. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah Theory of Reasoned Action (TRA) dan Theory of Planned Behaviour (TPB). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Adapun sampel penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang berada di Cengkareng dengan menggunakan kuesioner dan disebarkan menggunakan google form di sekitar dealer motor Honda yang ada di Cengkareng menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Kepercayaan merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian motor Honda di Cengkareng. Hasil temuan yang kedua yaitu kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian motor Honda. Hasil temuan ketiga yaitu harga tidak berpengaruh signifikan namun berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian motor Honda. Terakhir untuk hasil keempat menyatakan bahwa promosi berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian motor Honda.
 

Nowadays, transportation in Indonesia, especially in Jakarta, has become increasingly congested due to the increasing number of people in Indonesia and increasing human resources and the large number of Indonesian people who can buy private vehicles easily, so to deal with traffic jams, of course, motorbikes are one of the fastest ways to arrive at their destination. The purpose of this research is to examine the effect of brand trust, product quality, price, and promotion on purchasing decisions for Honda motorcycles in Cengkareng. In this study, the theory used is Theory of Reasoned Action (TRA) and Theory of Planned Behavior (TPB). This research uses a quantitative approach with descriptive research methods. The sample for this study was 100 respondents who were in Cengkareng using a questionnaire and distributed using a Google form around Honda motorbike dealers in Cengkareng using a non-probability sampling method with purposive sampling technique. Brand trust has a significant and positive effect on purchasing decisions for Honda motorcycles in Cengkareng. The second finding is that product quality has a significant and positive effect on purchasing decisions for Honda motorbikes. The third finding is that price does not have a significant but positive effect on purchasing decisions for Honda motorbikes. Finally, the fourth result states that promotion has a significant and positive effect on purchasing decisions for Honda motorbikes.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Kevin Matthew, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Herlina Budiono, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

AISI. (2023). Penjualan Sepeda Motor Domestik Meningkat pada Awal 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/10/aisi-penjualan-sepeda-motor-domestik-meningkat-pada-awal-2023

Ajzen, I. & Fishbein, M. (1970). The prediction of behavior from attudinal and normative variables. Journal of Experimental Social Psychology, 6(4), 466–487.

Alvina Rahma Anggraeni, Euis Soliha. (2020). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al-Tijarah, Vol 6(3), (96-107). https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5612

Atulkar, S. (2020). Brand trust and brand loyalty in mall shoppers. Marketing Intelligence & Planning, 38(5), 559-572. https://doi.org/10.1108/mip-02-2019-0095

Ghozali, Imam (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 26, Edisi 10, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hendri, H. & Budiono, H. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, EWOM terhadap Purchase Intention pada produk H&M pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(2), 371-379. http://dx.doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11881

Irawan, R., Niken Tari, A.I., Handayani, C.B. (2021). Pemanfaatan Susu pecah Menjadi Produk Olahan Kerupuk Susu: Uji Sifat Kimia-Fisika Dan Organoleptik. JITIPARI (Jurnal Ilmiah Teknologi dan Industri Pangan UNISRI). 6(1), 49–56. https://doi.org/10.33061/jitipari.v6i1.2132

Marlina, S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario (Studi Pada Pengguna Motor Honda Vario Di Kecamatan Muara Bulian).” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 18 (1): 116. https://doi.org/10.33087/jiubj.v18i1. 439

Nisa, K. (2022). Kepribadian Introvert Pada Remaja. Jurnal Pendidikan, 1(2), 606-613. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.79

Oscar, Y. & Keni, K. (2019). Pengaruh Brand Image, Persepi Harga, dan Service Quality terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 20-28. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3300

Praestuti, C. (2020). Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen pada Mama Penjual Noken di Oyehe Kabupaten Nabire. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 10(1), 21–24. https://doi.org/10.35797/jab.10.1.2020.28825.21-24

Presisi (2023). AHM Hadirkan Suguhan Kelas Dunia di IIMS 2023. https://presisi.co/read/2023/02/17/7647/ahm-hadirkan-suguhan-kelas-dunia-di-iims-2023

Putra & Talumantak (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Kopi Kenangan Kota Kasablanka. Jurnal Ilmiah Nasional, 4(3), 26-39. https://doi.org/10.54783/jin.v4i3.590

Rodrigo, P., Khan, H. & Ekinci, Y. (2019), “The determinants of foreign product preference amongst elite consumers in an emerging market”, Journal of Retailing and Consumer Services, Vol. 46, pp. 139-148.

Singh, G., Slack, N., Sharma, S., Mudaliar, K., Narayan, S., Kaur, R., & Sharma, K. U. (2021). Antecedents involved in developing fast-food restaurant customer loyalty. The TQM Journal, 33(8), 1753-1769. https://doi.org/10.1108/tqm-07-2020-0163

Syamsidar, Rizky dan Euis Soliha. (2019). Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Merek dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pemeblian (Studi Pada Banaran 9 Coffe and Tea di Gemawang, Kabupaten Semarang). Jurnal Bisnis dan Ekonomi. 26(2), 146-154. https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1484

Vikar, K. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa di Surakarta. Agrista, 9(4), 52-64 https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.901

Wibowo, A.E., Silitonga., F. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Intention to Use Jasa Transportasi PT Batam Fast Ferry di Kota Batam. Cafetaria, 1(2), 23– 32. https://doi.org/10.51742/akuntansi.v1i2.145

Yuliana, S., & Maskur, A. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (studi pada pelanggan Sinestesa Coffeeshop pati). Journal Of Managemnt & Business, 5(c), 559–573. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1772