Tanggung Jawab Sosial dan Virus Corona terhadap Keberlanjutan Perusahaan Makanan di Indonesia

Main Article Content

Ignatius Shivas Tjong
Nuryasman MN

Abstract

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mencari tahu pengaruh dari COVID-19 dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap keberlanjutan
perusahaan makanan di Indonesia. Variabel Bebas yang digunakan terdiri dari COVID-19 dan tanggung jawab sosial perusahaan, sementara Variabel terikat penelitian ini adalah keberlanjutan. Data penelitian yang akan digunakan terdiri dari Kasus COVID-19 yang melanda Indonesia dari tahun 2020 hingga tahun 2021, dan Laporan Keuangan dari 10 perusahaan makanan terbesar di Indonesia dari tahun 2019 hingga tahun 2021. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Uji Analisis Regresi Data Panel, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Robust Least Square, dan Uji Hipotesis. Alat analisis data menggunakan program Eviews12. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini adalah bahwa COVID-19 dan CSR memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keberlanjutan perusahaan makanan Indonesia.
 

The purpose of this journal is to find out the impact of COVID-19 and CSR on the sustainability of food companies in Indonesia. The independent variables used consisted of COVID-19 and CSR, while the dependent variable for this study was Sustainability. The research data that will be used consists of COVID-19 cases that hit Indonesia from 2020 to 2021, and financial reports from the 10 largest food companies in Indonesia from 2019 to 2021. The analytical method used in this study consists of a Regression Analysis Test Panel Data, Classical Assumption Test, Robust Least Square Regression Test, and Hypothesis Test. The data analysis tool uses the eviews12 program. The results found from this study are that COVID-19 and CSR have a positive and significant influence on the sustainability of Indonesian food companies.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ignatius Shivas Tjong, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Nuryasman MN, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Ahmad F & Soepriyanto G (2022). Analisis sustainability performance pada perusahaan di bursa efek indonesia sebelum dan selama Covid-19. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(11).

Curtis K & Slocum S (2021). Rural Winery Resilience and Sustainability Through the COVID-19 Pandemic. MDPI, 13(18).

Dermawan E (2010). Renovasi Pola Pikir Implementasi CSR menuju Metamorfosis Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi, 15(2).

Dimas. (2020). Cara Regresi Robust Least Square atau Regression Data Time Series di Eviews 9. Dimaschannel. https://www.dimaschannel.com/2020/05/cara-regresi-robust-least-square-atau.html.

Dyllick, T & Hockerts, K (2002). Beyond The Business Case for Corporate Sustainability. Business Strategy and the Environment, 11(2).

Hart, S, Milstein, M, & Caggiano, J (2003). Creating Sustainable Value. Academy of Management Executive, 17(2).

Kumar, B. (2020). Strategies and Guidance to Combat Novel Corona Virus (Covid-19) Disease. Open Access Journal of Pharmaceutical Research, 4(3).

Kurnia, A., Shaura, A., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019). Sustainable Development dan CSR.

Lela Nurlela W. (2019). Model Corporate Social Responsibility (CSR). Jawa Timur: Myria Publisher.

Lopez B, Rangel C, & Fernandez M (2022). The impact of corporate social responsibility strategy on the management and governance axis for sustainable growth. Journal of Business Research, 150.

Lozano, R., & Barreiro-Gen, M. (2021). Corporate Sustainability and COVID-19: Analyzing the Impacts of the Outbreak. IEEE Engineering Management Review, 49(1), 72–80.

Muslim, A & Puspa, I (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Keuangan. JRKA, 5(4).

Narain, S, Singh, M, & Nath, D (2020). Corona Virus Outbreak. Journal of Medical Science and Clinical Research. 8(4).

Rusmana, Agus et al. 2019. The Future of Organizational Communication In The Industrial Era 4.0 : Book Chapter Komunikasi Organisasi. Bandung: Media Akselerasi.

Saptoyo, R. D. A. (2022). Mengenal Virus Corona: Sejarah, Jenis, dan Macam Penyakit yang Disebabkannya... Kompas. https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/02/16/133122482/mengenal-virus-corona-sejarah-jenis-dan-macam-penyakit-yang?page=all.

Seabra C & Bhatt K (2022). Tourism Sustainability and COVID-19 Pandemic: is there a positive side ?. MDPI, 14(14).

Sugandi A & Nuryasman MN (2022). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Penerbangan di BEI. Jurnal manajerial dan kewirausahaan, 4(3).

Swat A, Lindawati L, & Puspita M (2015). Corporate Social Responsibility: Implikasi Stakeholder dan Legitimacy Gap Dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(1).

Triyawan A & Fendayanti Z (2021). Dampak pandemi covid-19 terhadap keberlangsungan perusahaan jasa konstruksi. Forum Ekonomi, 23(2).