Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek Dimediasi oleh Persepsi Harga di PT Shopee International Indonesia

Main Article Content

Brayn Lie
M. Tony Nawawi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap persepsi harga dan loyalitas merek serta menguji persepsi harga sebagai mediasi antara citra merek dan kepercayaan merek dengan loyalitas merek. Populasi penelitian ini adalah 130 responden dari pengguna dan konsumen dari PT Shopee International Indonesia. Metode purposive sampling digunakan dengan menyebarkan kuesioner online melalui Google Form secara online yang kemudian diolah menggunakan aplikasi Smart PLS. Hasil dari penelitian ini adalah citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap persepsi harga, citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas merek, loyalitas merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap persepsi harga, citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas merek melalui mediasi persepsi harga.
 

The purpose of this study was to examine the effect of brand image and brand trust on price perception and brand loyalty and to examine price perception as a mediation between brand image and brand trust and brand loyalty. The population of this study were 130 respondents from users and consumers from PT Shopee International Indonesia. The purposive sampling method was used by distributing online questionnaires through online Google Forms which were then processed using the Smart PLS application. The results of this study are brand image and brand trust have a significant and positive effect on price perception, brand image and brand trust have a significant and positive effect on brand loyalty, brand loyalty has a significant and positive effect on price perception, brand image and brand trust have a significant and positive effect on brand loyalty through the mediation of price perceptions.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Brayn Lie, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

M. Tony Nawawi, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Aaker, David. A. 1996. Building Strong Brands. New York: The Free Press.

Aritonang, L. R. (2007). Riset Pemasaran, Teori dan Praktik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Bao, H., Li, B., Shen, J., & Hou, F. (2016). Roles of Interactivity, Trust and Perceived Effectiveness of E-Commerce Institutional Mechanisms. Repurchase Intention in the Chinese E-Marketplace, 1759.

Clow, K. E., & Baack, D. (2018). Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communications. London: Pearson.

Durianto, D., & Sugiarto, T. S. (2001). Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Febriany, D., Tjipto, J. D., Immanuel, S., Buana, S. A. M., Emerald, S., & Keni, K. (2022). Formation of Consumer Impulsive Buying in MSMEs through Online Shopping Activities. Jurnal Komunikasi, 14(2), 507-521. https://doi.org/10.24912/jk.v14i2.20271

Ferdian, F., Maulina, I. & Rosidah. (2012). Analisis Permintaan Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus) Konsumsi di Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu.

Haerulah, E., & Ismiyatih, S. (2017). Aplikasi E-Commerce Penjualan Souvenir Pernikahan Pada Toko “XYZ”. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 4(1).

Hair, J. F. Jr., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis. Pearson Education Limited.

Lau, G. T. dan Lee, S. H. 1999. “Consumers’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty,” Journal of Market Focused Management, 4:341-370.

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2014). Management Information Systems: Managing the Digital Firm. Essex. England: Pearson Education Limited.

Nasution, R. (2003). Teknik Sampling. Universitas Sumatera Utara, 1-7.

Nawawi, M. T. & Delvin, D. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek Dan Loyalitas Merek Terhadap Niat Beli Produk X di Jakarta. Seri Seminar Nasional IV Universitas Tarumanagara, 405-414. https://doi.org/10.24912/pserina.v2i1.18557

Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Noor, J. (2014). Analisis Data Penelitian Ekonomi & Manajemen. Jakarta: PT. Grasindo.

Nurhayati. (2008). Studi Perbandingan Metode Sampling Antara Simple Random Stratified Random. Jurnal Basis Data, ICT Research Center UNAS, 3(1), 18-32.

Rahmatina, D. (2010). Prosedur Menggunakan Stratified Random Sampling Method Dalam Mengestimasi Parameter Populasi. JEMI, 1(1), 77-86.

Serfiani, C. Y., Purnomo, S. D., & Hariyani, I. (2013). Buku pintar bisnis online dan transaksi elektronik. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Wilayah Kontenporer. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Sulistian, O. (2011). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Gudang Garam Filter. Kuningan: Fakultas konomi Universitas Kuningan.

Supranto & Limakrisna, N. (2011). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Surachman. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Merek. Malang: Bayumedia Publishing.

Tjiptono, F & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F & Chandra, G. (2008). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publishing.

Tjiptono, F & Chandra, G. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Fandy, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Penerbit Andi.

Yohanna, Y. & Ruslim, T. S. (2022). Pengaruh Brand Love, Brand Satisfaction, Brand Trust terhadap Purchase Intention Produk Gucci. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(2), 569-579. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11903