Pengaruh Efikasi Diri, Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Kewirausahaan terhadap Keberhasilan Usaha UMKM F&B di Jakarta Barat

Main Article Content

Anthony Irwanto
Mei Ie

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh efikasi diri, pengetahuan kewirausahaan, dan motivasi kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha UMKM F&B di Jakarta Barat. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh UMKM di bidang F&B di Jakarta Barat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak lima puluh orang pemilik UMKM. Metode sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik purposive. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan kemudian data diolah dengan SmartPLS versi 4.0. Hasil dari penelitian ini adalah variabel efikasi diri, pengetahuan kewirausahaan, dan motivasi kewirausahaan berpengaruf positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha UMKM F&B di Jakarta Barat.


 


The purpose of this study is to test the influence of self-efficacy, entrepreneurial knowledge, and entrepreneurial motivation on the success of F&B MSME businesses in West Jakarta. The population of this study is all MSMEs in the F&B field in West Jakarta. The sample in this study was fifty MSME owners. The sampling method used is non probability sampling with purposive techniques. The data collection method uses a questionnaire and then the data is processed with SmartPLS version 4.0. The results of this study are variables of self-efficacy, entrepreneurial knowledge, and entrepreneurial motivation with a positive and significant impact on the success of the F&B MSME business in West Jakarta.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Anthony Irwanto, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Mei Ie, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Aini, N., & Widyarfhendi. (2019). Pengaruh efikasi diri dan motivasi terhadap keberhasilan usaha. Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia, 2, 184-195.

Ernawatiningsih, N. P., & Arizona, I. P. (2022). Analisis keberhasilan usaha mikro kecil menengah (studi kasus UMKM di kecamatan Denpasar Utara). Journal of Applied Management and Accounting Science, 3, 128-138.

Garaika, H., & Margahana, H. (2019). Self efficacy, self personality and self confidence on entrepreneurial intention: Study on young enterprises. Journal of Entrepreneurship Education, 22, 1-12.

Hartman, E., & Herb, S. (2015). Interconnectedness of actor bonds in service triads - a social capital perspective. Industrial Marketing Management, 44, 154-65. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2014.10.012

Kurnia, D., Kusnendi, & Furqon, C. (2018). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap minat wirausaha. https://ejournal.upi.edu/index.php/fineteach/article/view/48140

Muzaki. (2016). Pengaruh karakteristik, minat, dan motivasi wirausaha terhadap keberhasilan usaha pada UMKM. Skripsi Universitas Kediri. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2016/11.1.02.02.0115.pdf

Olivia, M., & Nuringsih, K. (2022). Peran pengetahuan kewirausahaan dan media sosial dalam pengembangan kreativitas berwirausahaa. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(1), 203-212. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i1.13360

Santoso, S., & Oetomo, B. S. (2018). Influence of motivation and self-efficacy on entrepreneurial intention to run a business. Expert Journal of Marketing, 6, 14-21. https://marketing.expertjournals.com/ark:/16759/EJM_603santoso14-21.pdf

Setiawan, J., & Soelaiman, L. (2022). Pengaruh faktor psikologis dan keterampilan terhadap keberhasilan wirausaha wanita. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(1), 85-94. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i1.15974

Srimulyani, V. A., & Hermanto, Y. B. (2021). Impact of entrepreneurial self-efficacy and entrepreneurial motivation on micro and small business success for food and beverage sector in East Java, Indonesia. Economies, 10, 10. https://doi.org/10.3390/economies10010010