Pengaruh Kreativitas Produk, Inovasi Produk, dan Kualitas Produk terhadap Kinerja UKM

Main Article Content

Juven Anderson
Nur Hidayah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas produk, inovasi produk, dan kualitas produk terhadap kinerja UKM pada UKM pasar Jatinegara. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Penelitian ini dilakukan kepada 70 UKM pasar Jatinegara di bidang fashion. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah structural equation modeling dan dianalisis dengan menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas produk dan inovasi produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja UKM dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM.


 


The purpose of this study was to determine the effect of product creativity, product innovation, and product quality on the performance of SMEs in the Jatinegara market SMEs. The sampling method in this study used purposive sampling, with the instrument used a questionnaire. This research was conducted on 70 Jatinegara market SMEs in the fashion sector. The data analysis technique used in this study is structural equation modeling and analyzed using SmartPLS 4. The results of this study indicate that product creativity and product innovation have a positive and not significant effect on SME performance, and product quality has a positive and significant effect on SME performance.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Juven Anderson, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Nur Hidayah, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Agung, W. K. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Andre. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis UMKM (Studi Kasus Pada Bakmi Alex Tss). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan.

Castillo Vergara, M., & García Pérez-De Lema, D. (2020). Product Innovation And Performance In SME’s: The Role Of The Creative Process And Risk Taking. Innovation. https://Doi.Org/10.1080/14479338.2020.1811097

Cemosa, C., & Soelaiman, L. (2020). Pengaruh Kreativitas, Proaktif Dan Otonomi Terhadap Kinerja Usaha Makanan Dan Minuman. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(4), 889-896. https://doi.org/10.24912.jmk.v2i4.9868

Fitriati, T. K., Purwana, D., & Buchdadi, A. D. (2020). The Role Of Innovation In Improving Small Medium Enterprise (SME) Performance. International Journal Of Innovation, Creativity And Change, 11(2).

Georgiou, H., Turney, A., Martruglio, E., Jones, P., Gardiner, P., & Groves, C. E. (2022). Creativity In Higher Education: A Qualitative Analysis of Experts’ Views In Three Disciplines. Educational Science, 12(3), 1-14. https://doi.org/10.3390/educsci12030154

Grecia, R. E., & Puspitowati, I. (2022). Pengaruh Fokus Pelanggan, Respon Pelanggan, Proaktif, Inovasi dan Pengambilan Resiko terhadap Kinerja UKM. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(3), 712-720. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19765

Indra, P. (2019). Pengaruh Inovasi Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Usaha Kecil Menengah Makanan Siap Saji D’besto. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 19(2), 97-104. https://dx.doi.org/10.33370/jpw.v19i2.129

Kalil, & Evant, A. A. (2020). Dampak Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Ukm Di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Humaniora.

Limanseto, H. (2021, May 05). Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Retrieved From Ekon.Go.Id: Https://Ekon.Go.Id/Publikasi/Detail/2969/UMKM-Menjadi-Pilar-Penting-Dalam-Perekonomian-Indonesia

Lorensa, E., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar Dan Media Sosial Terhadap Kinerja UMKM Fashion. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(3), 739-748. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19768

Muhammad, T., Rida, P., & Etty, G. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk Dan Penggunaan Sistem Akuntansi Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing.

Nasution, M. I., Muhammad Fahmi, J., Muslih, & Prayogi, M. A. (2020). The Quality Of Small And Medium Enterprises Performance Using The Structural Equation Model-Part Least Square (Sem-Pls). Journal Of Physics: Conference Series.

Nugroho, I. (2022, July). Youtube.Com. Retrieved from Youtube.Com: Https://Youtu.Be/S7p-Mpznouo.

Rukaiyah, S. (2020). Effect Of Product Quality and Product Value on Customer Loyalty: Empirical Study on Seaweed SME. Point Of View Research Management, 1(4), 144-153.

Waśniewski, P. (2017). A Performance Measurement System for Small Enterprises – A Case Study. Zeszyty Teoretyczne Rachunkowości.

Zabelina, L. D. (2018). Attention And Creativity. Cambridge: University of Cambridge.