Pengaruh Kreativitas Produk, Inovasi Produk, dan Kualitas Produk terhadap Kinerja UKM
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas produk, inovasi produk, dan kualitas produk terhadap kinerja UKM pada UKM pasar Jatinegara. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Penelitian ini dilakukan kepada 70 UKM pasar Jatinegara di bidang fashion. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah structural equation modeling dan dianalisis dengan menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas produk dan inovasi produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja UKM dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM.
The purpose of this study was to determine the effect of product creativity, product innovation, and product quality on the performance of SMEs in the Jatinegara market SMEs. The sampling method in this study used purposive sampling, with the instrument used a questionnaire. This research was conducted on 70 Jatinegara market SMEs in the fashion sector. The data analysis technique used in this study is structural equation modeling and analyzed using SmartPLS 4. The results of this study indicate that product creativity and product innovation have a positive and not significant effect on SME performance, and product quality has a positive and significant effect on SME performance.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.,/p>
References
Agung, W. K. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.
Andre. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis UMKM (Studi Kasus Pada Bakmi Alex Tss). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan.
Castillo Vergara, M., & García Pérez-De Lema, D. (2020). Product Innovation And Performance In SME’s: The Role Of The Creative Process And Risk Taking. Innovation. https://Doi.Org/10.1080/14479338.2020.1811097
Cemosa, C., & Soelaiman, L. (2020). Pengaruh Kreativitas, Proaktif Dan Otonomi Terhadap Kinerja Usaha Makanan Dan Minuman. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(4), 889-896. https://doi.org/10.24912.jmk.v2i4.9868
Fitriati, T. K., Purwana, D., & Buchdadi, A. D. (2020). The Role Of Innovation In Improving Small Medium Enterprise (SME) Performance. International Journal Of Innovation, Creativity And Change, 11(2).
Georgiou, H., Turney, A., Martruglio, E., Jones, P., Gardiner, P., & Groves, C. E. (2022). Creativity In Higher Education: A Qualitative Analysis of Experts’ Views In Three Disciplines. Educational Science, 12(3), 1-14. https://doi.org/10.3390/educsci12030154
Grecia, R. E., & Puspitowati, I. (2022). Pengaruh Fokus Pelanggan, Respon Pelanggan, Proaktif, Inovasi dan Pengambilan Resiko terhadap Kinerja UKM. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(3), 712-720. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19765
Indra, P. (2019). Pengaruh Inovasi Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Usaha Kecil Menengah Makanan Siap Saji D’besto. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 19(2), 97-104. https://dx.doi.org/10.33370/jpw.v19i2.129
Kalil, & Evant, A. A. (2020). Dampak Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Ukm Di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Humaniora.
Limanseto, H. (2021, May 05). Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Retrieved From Ekon.Go.Id: Https://Ekon.Go.Id/Publikasi/Detail/2969/UMKM-Menjadi-Pilar-Penting-Dalam-Perekonomian-Indonesia
Lorensa, E., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar Dan Media Sosial Terhadap Kinerja UMKM Fashion. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(3), 739-748. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19768
Muhammad, T., Rida, P., & Etty, G. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk Dan Penggunaan Sistem Akuntansi Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing.
Nasution, M. I., Muhammad Fahmi, J., Muslih, & Prayogi, M. A. (2020). The Quality Of Small And Medium Enterprises Performance Using The Structural Equation Model-Part Least Square (Sem-Pls). Journal Of Physics: Conference Series.
Nugroho, I. (2022, July). Youtube.Com. Retrieved from Youtube.Com: Https://Youtu.Be/S7p-Mpznouo.
Rukaiyah, S. (2020). Effect Of Product Quality and Product Value on Customer Loyalty: Empirical Study on Seaweed SME. Point Of View Research Management, 1(4), 144-153.
Waśniewski, P. (2017). A Performance Measurement System for Small Enterprises – A Case Study. Zeszyty Teoretyczne Rachunkowości.
Zabelina, L. D. (2018). Attention And Creativity. Cambridge: University of Cambridge.