Pengaruh Penghargaan dan Iklim Organisasi terhadap Motivasi Kerja Generasi Z di Jakarta

Main Article Content

Antonia Caesarly Santosa
I Gede Adiputra

Abstract

Pada zaman sekarang, dimana sebagian besar karyawan yang sekarang bekerja di suatu perusahaan atau organisasi merupakan orang-orang yang termasuk dalam generasi Z. Perlu diperhatikan juga hal-hal seperti apa yang dapat memotivasi kerja generasi Z di Jakarta melalui penghargaan dan iklim organisasi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penghargaan dan iklim organisasi terhadap motivasi kerja generasi Z di Jakarta. Penelitian ini juga dilakukan dengan mengambil data primer dengan cara menyebar kuesioner kepada karyawan yang termasuk generasi Z di Kota Jakarta. Sampel yang diambil adalah sebanyak 180 responden yang memenuhi syarat dan kriteria dengan teknik purposive sampling dan data dianalisis dengan metode SEM atau Structural Equation Modeling dengan pendekatan kuantitatif. Data diolah dengan menggunakan software SmartPLS versi 3.2.9. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa variabel independen yaitu penghargaan dan iklim organisasi memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap motivasi kerja generasi Z di Jakarta. Hasil dari penelitian ini juga dihimbau dapat memberikan saran kepada seluruh organisasi atau perusahaan di daerah Jakarta dalam menghadapi karyawan yang termasuk generasi Z dalam memberikan motivasi kerja dengan penghargaan dan iklim organisasi.


 


In this day where most of the employees currently working in a company or organization are people who belong to generation Z. It is also necessary to pay attention to things such as what can motivate generation Z to work in Jakarta through rewards and organizational climate. The purpose of this research was to determine the effect of rewards and organizational climate on the work motivation of Generation Z in Jakarta. This research was also conducted by taking primary data by distributing questionnaires to employees belonging to generation Z in the city of Jakarta. The samples taken were 180 respondents who met the requirements and criteria with a purposive sampling technique and the data were analyzed using the SEM or Structural Equation Modeling method with a quantitative approach. Data is processed using SmartPLS software version 3.2.9. The results obtained in this study are that the independent variables, namely rewards and organizational climate, have a significant and positive influence on the work motivation of Generation Z in Jakarta. The results of this study are also encouraged to provide advice to all organizations or companies in the Jakarta area in dealing with employees who belong to generation Z in providing work motivation with rewards and organizational climate.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Antonia Caesarly Santosa, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

I Gede Adiputra, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Ali, R., & Ahmed, M. S. (2009). The impact of reward and recognition programs on employee’s motivation and satisfaction: an empirical study. International review of business research papers, 5(4), 270-279

BudiKho. (2019). Pengertian Motivasi dan Teori-teori Motivasi. Ilmumanajemenindustri.Com. https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-motivasi-dan-teori-teori-motivasi/

Danish, R. Q., & Usman, A. (2010). Impact of reward and recognition on job satisfaction and motivation: An empirical study from Pakistan. International journal of business and management, 5(2), 159.

Dosensosiologi.com. (2020). Pengertian Instrumen Penelitian, Jenis, dan Contohnya. 18 Desember. https://dosensosiologi.com/5-instrumen-penelitian-pengertian-jenis-dan-contoh-lengkap/

Gomes, F. C. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Hafiza, N. S., Shah, S. S., Jamsheed, H., & Zaman, K. (2011). Relationship between rewards and employee’s motivation in the non-profit organizations of Pakistan. Business intelligence journal, 4(2), 327-334.

Hasibuan, M. S. P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Bumi Aksa.

Hayati, R. (2015). Memotivasi Karyawan Menurut Maslow. https://www.blj.co.id/2015/04/01/memotivasi-karyawan-menurut-maslow/

Ilham, M. (2020). Pengertian Sampel Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Www.Materibelajar.Co.Id. https://materibelajar.co.id/pengertian-sampel-menurut-para-ahli/

Intifada, K. Y. (2013). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Iklim Organisasi terhadap Peningkatan Kinerja Guru melalui Kepuasan Kerja Guru pada SMA Negeri 3 Jember.

Juliawanti, L. (2022). Pengertian Reward, Manfaat, Jenis, dan Syarat Pemberiannya . Lifepal. https://lifepal.co.id/media/reward-adalah/

Melati, B. A., Moeins, A., & Tukiran, M. (2021). The relationship between organizational climate and work motivation to organizational commitment in Pt. Citra Abadi Abadi. International Journal of social, Policy and Law, 2(2), 22-36.

Pasaribu, E. K. & Indrawati, A. D. (2016). Pengaruh Iklim Organisasi dan Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Sosial Provinsi Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(12), 7785-7809.

Putra, Y. S. (2016). Theoretical Review: Teori Perbedaan Generasi. Journal of Economics & Business, 9(2), 123-134. http://dx.doi.org/10.52353/ama.v9i2.142

Rachmawati, D. (2019). Welcoming Gen Z in Job Wolrd ( Selamat Datang Generasi Z di dunia kerja). Proceeding Indonesia Career Center Network, IV, 21–24. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/ICCN/article/view/2721

Riadi, M. (2018). Pengertian, Dimensi, Faktor dan Pengukuran Iklim Organisasi. https://www.kajianpustaka.com/2018/01/pengertian-dimensi-faktor-dan-pengukuran-iklim-organisasi.html

Rimbayana, K., Andreas, T., Erari, A., & Aisyah, S. (2022). The influence of competence, cooperation and organizational climate on employee performance with work motivation as a mediation variable (Study on the food and agriculture office clump of Merauke Regency). Technium Soc. Sci. J., 27, 556.

Robbin, S. P. & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior Edition 15. New Jersey: Pearson Education.

Sinaga, L. R. R., & Rahardjo, M. (2020). Peran Kepemimpinan, Soft Competency, dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(4), 127–132. https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i4.8674

Suprastini & Firdausy, C. M. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Marketing Sales Pt Xyz. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2). https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i2.4958

Shirzadi, R., Shad, J. R., Nasiri, M., Abdi, H., & Khani, S. (2013). The relation of organizational climate and job motivation with organizational commitment of new employed teachers of physical education of educations and training administration in Kermanshah Province. Advances in Environmental Biology, 4084-4089.