Pengaruh Penggunaan Aplikasi E-Commerce dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja UMKM

Main Article Content

Wilson Wijaya
Oey Hannes Widjaja

Abstract

Pertumbuhan jumlah UMKM di Indonesia selalu bertambah tiap tahunnya. Semakin banyaknya jumlah UMKM akan membuat semakin banyaknya persaingan sehingga wirausahawan perlu untuk terus berinovasi dalam menghadapi persaingan bisnis. Penggunaan aplikasi E-commerce menjadi salah satu inovasi yang berkembang di lingkungan masyarakat dan telah menjadi faktor yang sangat penting bagi usaha untuk dapat memperluaskan wilayah usaha, meningkatkan produktivitas usaha dan menciptakan strategi baru dalam kegiatan marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi E-commerce dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM dibidang kuliner. Sampel UMKM dibidang kuliner yang digunakan adalah sebanyak 75 sampel yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Data pada sampel diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disebar. Data diolah dengan menggunakan analisis outer model analysis dan inner model analysis pada software SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi E-commerce berpengaruh secara positif terhadap kinerja UMKM dan orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh secara positif terhadap kinerja UMKM.


 


The growth in the number of SMEs in Indonesia is always increasing every year. The increasing number of SMEs will create more competition so that entrepreneurs need to continue to innovate to facing business competition. The use of E-commerce applications has become one of the innovations that have developed in society and has become a very important factor for businesses to be able to expand business areas, increase business productivity and create new strategies in marketing activities. This study aims to determine the effect of using E-commerce applications and entrepreneurial orientation on the performance of SMEs in the culinary field. The SME sample in the culinary field used was 75 samples selected using the purposive sampling method. Data on the sample was obtained using a distributed questionnaire. The data is processed using outer model analysis and inner model analysis in SmartPLS 3 software. The results of this study indicate that the use of E-commerce applications has a positive effect on SME performance and entrepreneurial orientation does not have a positive effect on SME performance.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Wilson Wijaya, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Oey Hannes Widjaja, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Alkassim, R. S., & Tran, X. (2015). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 1-4.

Darwis, H., & Utama, L. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM Di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 542-552. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i2.7948

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: Concepts, Techniques and Applications using SmartPLS 3. Semarang: Diponegoro University.

Gupta, V. K., & Batra, S. (2016). Entrepreneurial orientation and firm performance in Indian SMEs: Universal and contingency perspectives. International Small Business Journal: Researching Entrepreneurship, 660-682.

Ha, V. D. (2020). Enhancing the e-commerce application in SMEs. Management Science Letters , 2821-2828.

Haider, S. H., Asad, M., & Fatima, M. (2017). Entrepreneurial Orientation and Business Performance of Manufacturing Sector Small and Medium Scale Enterprises of Punjab Pakistan. European Business & Management, 3(2), 21-28.

Hanum, A. N., & Sinarasri, A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Umkm (Studi Kasus Umkm Di Wilayah Kota Semarang). Maksimum Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang , 1-15.

Herlinawati, E., Suryana, Ahman, E., & Machmud, A. (2019). The Effect Of Entrepreneurial. Journal of Entrepreneurship Education, 22(5), 1-15.

Hindarwati, E. N., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2021). Orientasi Kewirausahaan dalam Kinerja UMKM di Jember. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 9(1), 42-54.

Hussain, A., Akbar, M., Shahzad, A., Poulova, P., Akbar, A., & Hassan, R. (2022). E-Commerce and SME Performance: The Moderating Influence of Entrepreneurial Competencies. Administrative Sciences, 12(1), 1-16.

Hutahayan, B. (2019). Factors affecting the performance of Indonesian special food SMEs in entrepreneurial orientation in East Java. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, 13(2), 231-246.

Kevin, & Puspitowati, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Orientasi Kewirausahaan. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, II(3), 612-620. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i3.9573

Meekaewkunchorn, N., Woszczyna, K. S., Muangmee, C., Kassakorn, N., & Khalid, B. (2021). Entrepreneurial Orientation And Sme Performance: The Mediating Role Of Learning Orientation. Interdisciplinary Approach To Economics And Sociology, 14(2), 294-312.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (2020). Jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, 2014-2019. Retrieved from Beritagar Merawat Indonesia : lokadata: https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/jumlah-usaha-menengah-kecil-dan-mikro-2014-2019-1586254692

Nelipatel.com. (2020). Sektor yang tumbuh saat pandemi, 2020. Retrieved from Beritagar Merawat Indonesia : lokadata: https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/sektor-yang-tumbuh-saat-pandemi-2020-1599011576

Ningtyas, P. K., Sunarko, B., & Jaryono. (2015). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Umkm. Performance, Business & Management Journal, 95-107.

Octavia, A., Indrawijaya, S., Sriayudha, Y., Heriberta, Hasbullah, H., & Asrini. (2020). Impact on E-Commerce Adoption on Entrepreneurial Orientation and Market Orientation in Business Performance of SMEs. Asian Economic and Financial Review, 516–525.

Prasetyo, A., & Wijaya, A. (2019). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja UMKM Pada Bidang Kuliner Di Pasar Lama Tangerang. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 383-393. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9865

Pratama, M. I., Sunarya, E., & Saori, S. (2022). Analisis Orientasi Kewirausahaan dan Adopsi E-Commerce Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(3), 1450-1459.

Putri, M. A. (2022). UMKM Gulung Tikar! Digitalisasi Bisnis Melalu E-Commerce Menjadi Batu Loncatan Bangkitnya UMKM. Retrieved 8 13, 2022, from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/mariaassumptafputri1474/62f7287c3555e44b5c282cc2/umkm-gulung-tikar-digitalisasi-bisnis-melalui-e-commerce-menjadi-batu-loncatan-bangkitnya-umkm

Ranto, D. W. (2016). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM Bidang Kuliner di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 1-11.

Sarastyarini, N. M., & Yadnyana, I. K. (2018). Pengaruh E-Commerce dan Efektivitas Kerja Pengguna Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Usaha Kecil dan Menengah di Denpasar. E-Jurnal Akuntansi, 1880-1907.

Sedighi, A., & Sirang, B. (2018). The Effect of E-Commerce on SME Performance. International Journal of Applied Research in Management and Economics, 13(2), 71-81.

Setiawati, E., Diana, N., & Mawardi, M. C. (2020). Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Akuntansi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Umkm Di Kota Malang. Jurnal Sosial UHB, 37-46.

Sirang, A. S. (2018). The Effect of E-Commerce on SME Performance. International Journal of Applied Research in Management and Economics, I(2), 71-81.

Sondra, T. C., & Widjaja, O. H. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Terhadap Kinerja Usaha Ukm Bidang Konveksi Di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, III(2), 500-508. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11897

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendah, R., & Brigita, M. A. (2020). TQM, Entrepreneurial Orientation, Innovation, and Organizational Performance in Indonesian Palm-Oil Industry. Advances in Economics, Business and Management Research, 174.

Syed Hussain Haider, M. A. (2017). Entrepreneurial Orientation and Business Performance of Manufacturing Sector Small and Medium Scale Enterprises of Punjab Pakistan. European Business & Management, 3(2), 21-28.

Utama, L., & Hartono, M. V. (2018). Pengaruh Sumber Daya Pemilik Waralaba Terhadap Kinerja Penerima. Conference On Management and Behavioral Studies.