Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Generasi Y Dan Z Pada Produk Makanan Ketucky Fried Chicken

Main Article Content

Selvi Selvi
Carunia Mulya Firdausy

Abstract

The brand value of KFC occupy number three in the world and number two in Indonesia. It means that KFC is quite popular among Indonesian people. This research aims to test whether brand image variable, E-WOM, and social media usage of Instagram have a positive relationship towards purchase intention in generation Y and Z on KFC food products at Citra Garden 6, West Jakarta. This study used 100 samples with a convenience sampling method. Data retrieval techniques are performed using questionnaires and analyzed using PLS-SEM. The results showed indicate brand image variable and social media usage had a positive relationship with purchase intention, whereas E-WOM variable had no positive relationship towards purchase intention.



Nilai merek KFC menempati posisi nomor tiga di dunia dan nomor dua di Indonesia. Hal ini berarti bahwa KFC cukup popular di kalangan masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah variabel citra merek, E-WOM, dan penggunaan media sosial Instagram memiliki hubungan positif terhadap minat beli konsumen generasi Y dan Z pada produk makanan KFC di Citra Garden 6, Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan 100 sampel dengan metode convenience sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel citra merek dan penggunaan media sosial memiliki hubungan positif dengan minat beli, sedangkan variabel E-WOM tidak memiliki hubungan positif terhadap minat beli.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Selvi Selvi, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara, Jakarta

Carunia Mulya Firdausy, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara, Jakarta

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32

Jalilvand, M. R., & Samiei, N. (2012). The Effect Of Electronic Word Of Mouth On Brand Image And purchase Intention. Marketing Intelligence & Planning.

Putra, Y. S. (2017). Theoritical review: Teori perbedaan generasi. Among Makarti, 9(18).

Rifai, H. A., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Perluasan Merek Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Terhadap Minat Beli (Survei Pada Pengguna Produk Induk Merek Lifebuoy Pada Mahasiswa S1 Dan D3 Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 35(1), 120-126.

See-To, E. W., & Ho, K. K. (2014). Value Co-Creation And Purchase Intention In Social Network Sites: The Role Of Electronic Word-Of-Mouth And Trust–A Theoretical Analysis. Computers in Human Behavior, 31, 182-189.

Setiawati, M., & Aida, W. (2017). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi, 2(2).

Setiawaty, N. A. (2017). Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Samsung Galaxy Series (Studi Kasus Mahasiswa/I Universitas Gunadarma, Depok). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 22(1).

Widjaja, A. T. (2016). Pengaruh Word Of Mouth Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention: Sebuah Studi Kasus Mengenai Perilaku Konsumen Terhadap Jasa Ojek Online Gojek. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 53(12).