Perngaruh Kinerja Keuangan Dan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Yang Terdaftar di BEI

Main Article Content

Nadya Variaty
Khairina Natsir

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of profitability, leverage, and intellectual capital on the value of the firm of the consumers goods sectors listed in indonesian stock exchange in the periode of 2014-2018. The proxy used to measure firm value is Tobin’s Q method, profitability is measured by ROA ratio, leverage is measured by DER ratio, and intellectual capital measured by VAHU ratio. The research method used causal research using quantitative data and purposive sampling techniques. The research sampel consisted of 11 companies with 55 observational data. Data analysis was performed using a panel regression model using E-Views 9.0 software. The results showed profitability, leverage, and intellectual capital significantly influence the value on the value of the firm in food and beverages companies in Indonesia stock exchange.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan pada perusahaan F&B yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2014-2018. Proksi yang digunakan untuk mengukur Nilai perusahaan adalah metode Tobin’s Q, profitabilitas diukur dengan ROA, leverage diukur dengan DER, intellectual capital diukur dengan VAHU. Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan data kuantitatif dan metode purposive sampling. Sampel penelitian adalah 11 perusahaan dengan 55 data observasi selama periode 2014- 2018. Data dianalisis dengan model regresi data panel menggunakan perangkat lunak EViews 9.0. Hasil penelitian ini menunjukan profitabilitas, leverage, dan intellectual capital secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014- 2018.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Nadya Variaty, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara, Jakarta

Khairina Natsir, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara, Jakarta

References

Ajzen, I., & Fishbein, M. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. MA: Addison-Wesley.

Aldin Ulum, I. (2020). Prediksi IHSG 2020. In katadata.co.id (p. 15 Februari 2020). https://katadata.co.id/berita/2020/02/15/anjlok-648-sejak-awal-tahun-beginiprediksi-ihsg-hingga-akhir-2020

Barney, J. (1991). Firm resources and sustained competitive advantage. Journal of management. Journal of Management, 17(1), 99–120. https://doi.org/0803973233

Bella, A. (2018). Sektor Food & Beverages menjadi contoh penerapan industri 4.0 di Indonesia. In Marketeers (p. 23 Maret 2018).

Besley, S. dan B. E. F. (2008). Essentials of Managerial Finance. USA, SouthWestern. Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan : Essetials Of Financial Management. In Salemba Empat. https://doi.org/10.1145/2505515.2507827

Christiani, L. dan V. H. (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Komite Audit, Leverage, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Moderasi. In Jurnal Magister Akuntansi Trisakti. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5824

Gitman, L. (2003). Principles of managerial finance (10th ed.). Boston, Addison wesley. Handayani, I. (2015). PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Indrie. E-Jurnal Katalogis, 3(9), 21–30. Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of Financial Economics, 3(4), 305–360. https://doi.org/10.1016/0304-405X(76)90026-X

Kweon, J. A. (2008). Manajemen Keuangan (Edisi 10). PT. Macanan Jaya Cemerlang, Jakarta.

Novari, P., & Lestari, P. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti Dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(9), 5671–5694.

Salvatore, D. (2005). Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global. Jakarta, PT Salemba Empat.

Sartono, A. (2010). Menejemen Keuangan Teori dan Aplikasi (Edisi 4). BPFE Yogyakarta.

Sayyidah, U., & Saifi, M. (2017). PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Property Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 46(1), 163–171.

Setyawan, N. P. (2015). PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA PERIODE TAHUN 2011-2015.

Utami Fatia, V. (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen, Profitabilitas,Leverage, dan size terhadap Nilai Perusahaan. Accounting Analysis Journal, 1, 43. www.idx.co.id