Gambaran Pengetahuan Gizi pada Mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Authors

  • Meta Angelia Buntardi Program Studi Sarjana Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Idawati Karjadidjaja Bagian Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta

Keywords:

Pengetahuan Gizi, Mahasiswa Kedokteran, Masalah Kesehatan

Abstract

ABSTRAK

Pengetahuan gizi secara luas mengarah pada pengetahuan tentang konsep dan proses-proses yang berhubungan dengan gizi seperti pola dan sumber asupan nutrisi dan termasuk juga masalah kesehatan. Pengetahuan gizi penting untuk diketahui oleh semua orang terutama mahasiswa/i kedokteran dan bidang kesehatan lainnya. Pengetahuan gizi dapat memengaruhi bagaimana seseorang akan bertindak dalam memilih asupan nutrisi yang baik dan buruk serta menjaga kesehatannya. Kurangnya pengetahuan gizi berdampak pada buruknya pemilihan asupan nutrisi dan dapat juga mengarah pada buruknya kesehatan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menunjukkan gambaran pengetahuan gizi pada mahasiswa/i kedokteran. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian dengan desain observasional deskriptif dan menggunakan pendekatan survei. Penelitian dilakukan terhadap 117 responden yang merupakan mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Pemilihan responden didapatkan dengan cara simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan cara responden melakukan pengisian kuesioner pengetahuan gizi yang terdiri dari 20 pertanyaan. Hasil dari pengisian kuesioner akan dikelompokkan menjadi pengetahuan gizi baik dan kurang. Data akan dianalisis dan diolah dengan uji analisis univariat. Hasil analisis data menunjukkan karakteristik responden yang terbagi dua kelompok berdasarkan jenis kelamin dan terbagi tujuh berdasarkan kelompok umur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 117 responden, 61 (52,1%) responden memiliki pengetahuan gizi yang kurang, sedangkan 56 (47,9%) responden memiliki pengetahuan gizi yang baik.

ABSTRACT

Nutritional knowledge broadly leads to knowledge of concepts and processes related to nutrition such as patterns and sources of nutrient intake and includes health problems. Nutritional knowledge is important for everyone, especially medical students and students of other health fields. Nutritional knowledge influences how a person will act in choosing good or bad nutritional intake and maintaining health. Lack of nutritional knowledge has an impact on poor food selection and also leads to poor health. This study aims to identify and describe nutritional knowledge of medical students. This is a descriptive observational study and was conducted on 117 respondents who are the students of faculty of medicine, Tarumanagara university. Respondents were selected and obtained by simple random sampling. Data are collected by filling out a nutritional knowledge questionnaire consisting of 20 questions. The results of the questionnaire will be grouped into good and poor nutritional knowledge. The data was analyzed by a univariate analysis test. The results showed that characteristics of the respondents who were divided into two groups based on gender and divided into seven groups based on age. The results showed that out of 117 respondents, 61 (52,1%) respondents had poor nutritional knowledge, while 56 (47,8%) respondents had good nutritional knowledge.

Published

2023-06-28

How to Cite

Buntardi, M. A., & Karjadidjaja, I. (2023). Gambaran Pengetahuan Gizi pada Mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran Tarumanagara, 2(1), 44–47. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/JKKT/article/view/23923