Pengaruh Iklan TVC AQUA Versi #AdaAQUA Episode “Ada Apa Dengan Cinta? 2” Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Pelita Harapan

Kevin Kevin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari iklan TVC yang dibuat oleh perusahaan AQUA terhadap keputusan pembelian mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan. Penelitian ini menggunakan teori iklan TVC (variabel X) yang dikaji dengan dimensi elemen-elemen iklan TVC yaitu Voice, Music, Seen Words, Pictures, Colour, dan Movement, dan teori keputusan pembelian (variabel Y) yang dikaji menggunakan dimensi keputusan pembelian model AIDA yaitu attention, interest, desire, dan action. Metodologi dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner kepada 86 responden. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Studi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Universitas Pelita Harapan. Dari penelitian ini diperoleh hasil persamaan regresi linier Y=13.759+0.361X, serta nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang  antara iklan TVC terhadap keputusan pembelian produk bermerek AQUA. Variabel iklan TVC  memberikan konstribusi sebesar 14,6% dan sisanya dipengaruhi variabel lain.


Keywords


Iklan TVC; Keputusan Pembelian; AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) AQUA

References


Bungin, Burhan. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Prenada Media.

Jefkins, Frank. (2006). Periklanan. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid I dan II, Jakarta: PT. Indeks

Nifsiannoor, Muhammad (2013). Pendekatan Statistika Modern aplikasi dengan software SPSS dan Eviews. Jakarta : Penerbit Universitas Trisakti.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Vardiansyah, Dani, (2005). Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Indeks kelompok Gramedia

http://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/kidFik/article/viewFile/1240/1278


Refbacks

  • There are currently no refbacks.