Pengaruh Daya Tarik Iklan Susu Bear Brand Edisi Gong Xi Fat Chai Terhadap Minat Beli Warga Kelurahan Pademangan Timur

Jodie Wijaya

Abstract


Periklanan terus berkembang sehingga setiap perusahaan saling berlomba mengalahkan pesaingnya. Masyarakat Indonesia umumnya tertarik dengan iklan yang unik agar menjadi perhatian mereka. Penelitian ini membahas tentang pengaruh daya tarik iklan (variabel X) terhadap minat beli (variabel Y) warga Kelurahan Pademangan Timur. Penelitian ini dikaji dengan dimensi dari Daya Tarik Iklan yaitu Meaningful, Distinctive dan Believeable dan Minat Beli dengan dimensi Attention, Interest, Desire, Decision, dan Action. Metodologi dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan teknik purposive sampling. Studi dalam penelitian ini adalah warga Kelurahan  Pademangan Timur yang sudah pernah menyaksikan dan memahami iklan Bear Brand Edisi Gong Xi Fat Chai, dengan total sampel sebanyak 100 responden. Dari penelitian ini diperoleh hasil persamaan regresi linier Y = 1,006 + 1,276 X, serta nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara daya tarik iklan terhadap minat beli warga Pademangan Timur. Maka dapat disimpulkan daya tarik iklan Bear Brand berpengaruh terhadap terciptanya minat beli warga Pademangan Timur.


Keywords


Daya Tarik Ikln; Minat Beli; Bear Brand.

References


Aldaan, Faikar Annafik. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus pada Konsumen Yamaha SS Cabang Kedungmundu Semarang. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Dipenogoro Semarang.

Buchari , Alma . (2004) . Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa . Edisi Revisi . Bandung : CV . Alfabeta .

Effendy, Onong Uchjana. (2005) . Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek . Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Eka, Rita, dan AR Saliman. (2001) . “Periklanan Yang Efektif” . Jurnal Ekonomi Perusahaan, Juli, 2001.

Maholtra, Naresh K. (2002). Riset Pemasaran . Jakarta : PT. Indeks.

Morissan, M.A. (2007). Periklanan – Komunikasi Pemasaran Terpadu . Jakarta : Prenada Media Group.

Paramita, S. (2016). Communication Political Youth (Case Study Teman Ahok). Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara. Data terarsip di: http://works.bepress.com/sinta-paramita/4/.

Setiadi, Nugroho J. (2005). Perilaku Konsumen . Cetakan Kedua. Jakarta : Penerbit Prenada Media Indonesia.

Sugiyono. (2013). Statistik untuk Penelitian . Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2012) . Memahami Penelitian Kuantitatif . Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.