Analisa Semiotika Iklan Televisi Prudential Indonesia Versi Prulink Edu Protection

Roderick Angsastrawan, Suwarto Suwarto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya produk asuransi Prudential yang bernama Prulink Edu Protection ini khusus untuk pendidikan sang buah hati yang ditayangkan media massa televisi dan website. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna-makna apa yang terkandung dalam iklan Televisi Prudential Indonesia yang di rilis tahun 2016 serta alasan dan tujuan dibalik konsep dan pendekatan yang digunakan dalam iklan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisa semiotika Charles Sanders Peirce, penelitian ini hanya memperihatkan situasi tokoh dalam iklan yang berhubungan dengan semiotika sebagai acuan dalam penelitian ini melalui tanda, objek, dan interpretan yang memiliki nilai-nilai motivasi dalam iklan tersebut. Hasil penelitian menemukan nilai-nilai motivasi dalam iklan yang memiliki faktor psikologi emosional dalam menyemangati anak-anak yang memiliki impian untuk mengejarnya dan jangan pernah untuk menyerah. Sehingga penggunaan nilai-nilai motivasi dalam kehidupan seseorang dapat tertanam dalam benak yang dapat dituai kemudian hari. Dari segi iklan psikologi emosional yang digunakan dalam iklan Prulink Edu Protection untuk mempermudah penyampaian pesan pada masyarakat.


Keywords


Analisis Semiotika; Psikologi; Motivasi; Iklan Televisi

References


Ardianto, Elvinaro. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : Simbosa Rekatama Media.

Byrne, Rhonda. (2007). The Secret. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Guan, Lie Seng. (2013). Calling More Than Just A Dream: Meraih Kesuksesan dan Kebahagiaan Melalui Panggilan. Bandung: PT. Visi Anugrah Indonesia.

Rakhmat, Jalaluddin. (2009). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusdi, Farid. (2015, September 10-11). Jurnalisme Warga Dan Juwana.Net

(Media Komunikasi Dan Promosi Masyarakat Juwana). Retrieved Juni 17, 2017, from google scholar: http://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/kidFik/article/view/2139

Sandra, Moriarty. (2011). Advertising (Edisi 8). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sobur, Alex. (2009). Analisis teks media: suatu pengantar untuk analisis wacana, analisis, semiotik, dan analisis framing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Eko Harry. (2011). Remaja Digital UMS (Eko Harry Susanto). Retrieved Juni 17, 2017, from Karya Ilmiah Dosen Fikom: http://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/kidFik/article/viewFile/1246/1283

Vera, Nawiroh. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.